Teknologi

Samsung Galaxy A80, Usung Pop-up Rotating Camera Pertama di Dunia

Usai diperkenalkan pada sebuah event yang digelar di Impact Arena, Bangkok, Thailand pada 10 April 2019, Samsung Galaxy A80 akhirnya resmi masuk ke pasar Indonesia pada 17 Juli 2019. Sebagaimana Galaxy serie A sebelumnya, kaum millenial menjadi target utama dari smarphone ini.

Namun demikian, spesifikasi Samsung Galaxy A80 dan juga harganya, lebih mendekati ke arah ponsel flagship, karena dijual dengan harga Rp.9,5 juta dengan spesifikasi yang tidak kalah dari ponsel premiumnya Samsung yang masuk dalam jajaran Galaxy serie S.

Baca juga : Google Go

Target pasar kalangan muda dapat dilihat dari modelnya yang stylish, ukuran layar yang luas, kamera terbaik dan baterai berkapasitas besar. Selain itu ponsel ini memenuhi kebutuhan anak-anak muda yang senang membuat tayangan live lewat media sosial.

Samsung Galaxy A80, Usung Pop-up Rotating Camera

Samsung Galaxy A80, Usung Pop-up Rotating Camera
Samsung Galaxy A80, Usung Pop-up Rotating Camera ilustrasi gambar detik.com

Sedang keunggulan dari spesifikasi Samsung Galaxy A80 dibandingkan dengan ponsel buatan Samsung yang lain termasuk juga ponsel-ponsel yang dibuat oleh pabrikan lain, salah satunya terdapat pada sektor fotografi. Karena kamera depan yang dimilikinya mengusung konsep triple pop-up rotating camera yang tidak dimiliki oleh ponsel manapun di dunia ini, termasuk juga dari Galaxy S series terbaru seperti Galaxy S10, S10e dan S10 Plus.

Baca Juga : Download Youtube

Modul pop-up rotating camera adalah kamera belakang yang juga berfungsi sebagai kamera depan karena saat mode selfie diaktifkan, kamera yang tersembunyi di dalam body ponsel akan terangkat ke atas dan berputar ke arah depan untuk selanjutnya digunakan berswafoto atau melakukan video call.

Karena unit kamera yang digunakan untuk kamera utama sama dengan kamera depan, maka kualitas foto maupun video yang dihasilkan oleh kamera utama dan kamera depanpun otomatis sama persis.

samsung a80
samsung a80

Terdapat 3 kamera yang ditanamkan pada ponsel ini, yaitu kamera inti dengan  resolusi 48 megapiksel dilengkapi aperture f/2.0, 26mm (wide) dan kamera ultra wide angle dengan resolusi 8 megapiksel yang memiliki bukaan f/2.2, serta kamera TOF 3D untuk memberikan efek kedalaman dengan aperture f/1.2, 30mm.

Tidak hanya itu saja kelebihan spesifikasi Samsung Galaxy A80 dari triple kamera yang dimilikinya, tapi juga adanya fitur Live Focus Video yang memungkinkan pengguna untuk membuat video dengan efek bokeh atau membuat background terlihat blur yang selama ini hanya dapat dilakukan pada foto.

Baca juga : Aplikasi Simontox

Efek Live Focus Video hanya bisa dilakukan oleh lini fotografi Galaxy A80 karena ponsel ini memiliki kamera ToF (Time of Flight) khusus yang dapat mengukur jarak subjek dengan kamera ponsel. Selain itu, perekaman video akan memberikan hasil yang sempurna dengan ditanamkannya mode Super Steady yang dapat meredam guncangan saat pengambilan gambar.

Spesifikasi Samsung Galaxy A80

Spesifikasi Samsung Galaxy A80
Spesifikasi Samsung Galaxy A80

Selain lini fotografi yang istimewa baik dari sisi desain maupun dari foto dan video yang dihasilkan, spesifikasi Samsung Galaxy A80 pada sektor yang lain juga cukup menggiurkan.  Layar yang digunakan salah satunya, terkesan glamour dengan bentang yang luas karena tidak memiliki lubang kamera depan serta notch atau poni yang mengurangi sudut pandang layar.

Soal kualitas tidak perlu diragukan, karena phablet ini menggunakan layar Super AMOLED dengan resolusi full HD+ 1080 x 2400 piksel seluas 6.7 inch dengan tingkat kerapatan ~393 ppi density berlapis Corning Gorilla Glass 3 sebagai pelindung layar. Keberadaan layar ini semakin mempercantik tampilan karena dikeliligi bezel tipis dengan screen to body ratio 85,8%.

Baca juga : Samsung Galaxy Note 10+

Bagian dalam layar dilengkapi dengan fingerprint under display dan face unlock sebagaimana yang terdapat pada banyak ponsel yang ada sat ini. Bedanya, Galaxy A80 menambahkan fitur Samsung Knox yang memungkinkan pengguna terkoneksi dengan smartphone lain dengan aman serta dapat digunakan sebagai Samsung Pass untuk mengakses berbagai aplikasi dan berbagai situs lewat otentikasi biometrik.

Pada sektor dapur pacu, spesifikasi Samsung Galaxy A80 tidak kalah dari Galaxy Generasi S karena telah menggunakan chipset Snapdragon 730 versi gaming yang dapat mendongkrak kinerja ponsel untuk berbagai macam aktifitas. Chipset tersebut ditandemkan dengan prossesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold dan 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver) serta RAM berkapasitas 6GB dan ROM 128GB. Untuk sektor grafis disematkan GPU Adreno 618. Itulah spesifikasi Samsung Galaxy A80 yang membuat smartphone ini memiliki daya tarik tersendiri meski dijual dengan harga yang tidak murah.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close