StartUPTeknologiumum

Sejarah Singkat Blog Dan Blogging

Anda pasti sudah tidak asing dan sering mendengar mengenai istilah blog?. Namun, apa sebetulnya arti mengenai ‘apa itu blog’?, berikut ini artikel yang akan membahas mengenai informasi seputar blog. Termasuk apa yang bisa disebut blogger, mengapa sebaiknya membuat blog, perbedaan blog dan website, dan sebagainya.

Pengertian dari “Weblog” atau blog yaitu sebuah website atau jurnal online yang memuat ragam informasi juga dapat menampilkan postingan terbaru pada bagian atas halaman. Sebuah konten atau postingan blog dapat diperbarui secara berkala, dan dikelola oleh satu atau sekelompok kecil user. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai artikel blog, simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga : Sejarah Youtube

Sejarah Singkat Blog Dan Blogging

Sejarah Blog dan Blogging

Sejarah Singkat Blog Dan Blogging
Sejarah Blog

Berbicara mengenai blog pasti tidaklah bisa lepas dari istilah weblog. ‘Weblog’ sendiri adalah istilah yang diciptakan oleh Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997. Beberapa tahun kemudian, sebutan ‘blog’ semakin sering terdengar. Konsepnya sendiri masih berumur lebih dari dua dekade, kalau diukur secara internet bisa dianggap jutaan tahun lamanya. Blogging berawal mulai muncul pada awal milenia kedua.

Baca juga : Sejarah Googleplay

Tahun selanjutnya situs WordPress muncul, dengan fasilitasnya menawarkan banyak kemudahan bagi setiap orang yang tertarik untuk membuat blog. Website blogging kemudian menjadi sangat terkenal dan banyak menarik perhatian para warga pengguna internet. Pemilik situs blog yaitu, seperti ProBlogger.net dan JohnChow.com, menjadikan blognya sebagai mesin pencetak uang untuk meraup keuntungan sebanyak – banyaknya. Dua situs blog tersebut menjadi contoh untuk bisa memperoleh penghasilan dengan memanfaatkan sebuah blogging. Dah tidak lepas dari sejarah jika Google yang akhirnya membeli blogger.com. Selanjutnya ketahui apa perbedaan blog dan website?

Kegunaan dan Fungsi Dari Blog

Blog
Blog

Banyak mengapa orang atau perusahaan sering menggunakan blog. Bagi seorang pebisnis dan ingin menawarkan banyak produk yang dimiliki dengan menuliskannya pada blog untuk meningkatkan awareness dari audience yang lebih besar. Selain itu juga dengan blog Anda bisa memperoleh penghasilan lebih. Sama seperti penggunaan website atau jurnal, blog juga memiliki bentuk yang tidak kaku. Hal ini dikarenakan blog menawarkan berbagai macam desain dan bentuk, dengan update secara berkala. Banyak hal menarik yang bisa dimanfaatkan melalui blog selain untuk bisnis, menulis artikel dengan keuntungan, ataukah sebagai pemberitaan atau informasi update.

Baca juga : Internet Bangking Bank Mega

Perbedaan Antara Blog dan Website

Apa itu blog dan website ?
Apa itu blog dan website ?

Bagi orang awam yang belum tahu perbedaan antara blog dan website sudah pasti dua hal yang hampir sama. Sepertinya agak susah membedakan kedua platform tersebut, namun sebenarnya ada poin khusus yang menjadikan antara blog dan website berbeda.

Blog, sendiri memiliki konten yang secara terus-menerus dapat diperbarui dan dikelola. Bisa menggunakan desain yang menarik untuk mencuri perhatian audience dan memaksimalkan keunggulan yang dimiliki. Contohnya yaitu dengan mengaktifkannya kolom komentar agar pengunjung situs bisa menuliskan pikiran atau kritikannya. Sedangkan Website, cenderung ‘statis’ dan tidak harus selalu update. Ketika Anda masuk ke sebuah blog, Anda akan melihat bahwa kontennya selalu baru. Tentu saja ini berbeda saat Anda mengunjungi sebuah website, Anda hanya akan melihat hampir semuanya sama dan tidak ada perubahan dalam bentuk apapun.

Baca juga : Contoh Bisnis Yang Menguntungkan

Selain konten yang terus diperbarui, cara lain untuk melihat perbedaan blog dan website yaitu:

  •  Blog memiliki tanggal publishing, referensi author, kategori, dan juga tag dalam byline.
  • Sedangkan untuk website tidak memilikinya sama sekali.

Perbedaan Antara Blog Post dan Halaman Website

Lalu perbedaan blog post dan halaman website?. Blog post ditulis sesuai dengan urutan postingan terbaru ke postingan paling awal pada saat dibuat. Anda bisa melihat postingan terbaru yang diterbitkan. Jika Anda ingin tampilan yang lebih rapi dan terorganisir dengan baik cukup melalui bar navigasi, maka Anda bisa gunakan halaman statis atau yang biasa disebut halaman website.

Contohnya yaitu toko online. Ingin membuat halaman website yang memuat semua informasi penting dan relevan. Namun, metode ini tidak bisa diterapkan dengan blog post karena semua postingan yang ada akan ditimpa dengan data dari postingan baru. Pengunjung situs akan mengalami kesulitan apabila ingin mencari item yang dibutuhkan.

Alasan Orang Membuat Blog?

Mulanya blog menjadi sebuah media bagi para penggunanya untuk mengekspresikan pendapat atau perasaan pribadi. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan fungsinya blog semakin berkembang dan merambah dalam berbagai cabang. Banyak perusahaan yang juga memanfaatkan blog guna memberikan informasi yang up-to-date untuk klien mereka.

Baca juga : Ide Bisnis Kreatif

Sebuah interaksi menjadi salah satu hal utama yang berpengaruh pada kesuksesan blog. Orang bisa berinteraksi dengan perusahaan dan juga brand yang diciptakan, selanjutnya feedback-nya akan positif. Banyak orang juga yang mulai melirik blog sebagai salah satu sumber penghasilan baik untuk paruh juga penuh waktu.

Cara mendapatkan uang dari blog yaitu dengan memanfaatkan layanan iklan yang ditawarkan oleh pihak ketiga. Dengan menampilkan ads pihak ketiga biasanya dalam bentuk banner yang lalu bisa dilihat oleh para pengunjung blog. Jika iklan tersebut di klik oleh pengunjung, maka Anda akan mendapatkan penghasilan yang terbilang cukup.

Apakah Blogger Mendapatkan Uang dari Blog yang Dikelolanya?

Jawabannya adalah ya, blogger bisa mendapatkan uang dari blognya. Ada lebih dari 10 situs blog terbaik yang bisa membawa penghasilan mulai dari $175,000 sampai pada angka $14,000,000 setiap bulannya. Namun, sudah tentu butuh waktu bertahun – tahun untuk membangun brand dan image tersebut. Anda yang sering menggunakan fasilitas blog bisa memanfaatkannya dalam hal mencari tambahan penghasilan dengan langkah yang jitu dan tepat.

Pengertian Dari Blogging

Blogging
Blogging

Blogging juga merupakan sebuah aktivitas menulis dan mengelola blog dengan memanfaatkan tool digital yang ada agar sang blogger dapat menulis, membagikan, juga menautkan kontennya dengan mudah. Aktivitas blogging mulai dikenal pada awal tahun 2000an yang sebelumnya hanya bermuatan politik. Namun beberapa saat setelahnya mulai muncul blog yang bertemakan how-to dan tutorial.

Mulai dari kemunculannya sampai saat ini, blogging menjadi begitu sangat populer. Awalnya blogging merupakan sebuah platform yang mainstream hanya untuk berita dan informasi. Update informasi yang dilakukan secara continue dan blogger bisa mengikuti blog yang sesuai dengan minat dan hobinya menjadi dua dari sekian alasan mengapa orang banyak melakukan blogging. Kebangkitan blog memberikan kesempatan pada setiap orang yang ingin menciptakan sesuatu yang baru.

Apa Itu Blogger

Blogger
Blogger

Blogger yaitu orang yang membuat dan juga yang mengelola blog, membagikan pandangan juga perspektif pada audience secara online entah itu untuk tujuan pribadi ataupun tujuan bisnis. Topik yang diberikan pun beragam, mulai dari yang ringan sampai serius. Banyak dari kalangan blogger menjadi terkenal bahkan untuk dunia online dan juga offline. Sebagian orang banyak menjadikan blogging sebagai profesi sampingan, dan memandang blogging sebagai karier utama untuk meraih gaji tambahan. Ataukah hanya sekedar menulis blog untuk menyalurkan hobi atau bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Menjadi blogger juga menjadi sebuah profesi yang cukup menyenangkan, karena tidak harus berdiam diri dalam satu tempat jika ingin menulis konten. Semenjak internet sudah bisa diakses dengan mudah dari mana saja, saat itulah siapa pun bisa menjadi seorang blogger. Dengan cara dan mengerjakannya yang mudah dan fleksibel.

Demikianlah, penjelasan singkat mengenai apa itu blog dan sebagainya. Semoga menjadi pengetahuan untuk Anda yang bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close