umum

Serba Serbi Jurusan Biologi yang Belum Kamu Tahu

Jurusan biologi adalah sebuah jurusan yang belajar tentang makhluk hidup. mulai dari manusia, hewan, dan tumbuhan. Kamu akan mempelajari tentang struktur dan anatomi organisme, genetika, dan sel molekul yang ada di setiap makhluk hidup. ilmu biologi merupaka ilmu yang menarik loh. kamu jadi bisa tau sel apa saja yang ada di setiap makhluk hidup. Dan dengan biologi, kamu bisa terbebas dari hitung – hitungan.

Bagaimana dengan prospek lulusan jurusan biologi? Kamu bisa menjadi peneliti, dosen atau guru, peneliti lapangan, hingga menjadi ahli hewan atau tumbuhan liar. Dengan biologi pun kamu bisa keliling dunia loh. kamu bisa menjadi peneliti dunia yang jalan – jalan keliling dunia merupakan bagian dari pekerjaannya.

Kelebihan dari jurusan ilmu biologi

Kelebihan yang kamu dapatkan jika memilih juruan biologi ialah ilmu ini bisa membantu kamu ketika kamu sedang berpetualang di alam liar. Kamu jadi tidak perlu takut ketika bertemu dengan ular karena kamu tau kalau ular tersebut tidak berbisa. Kamu juga bisa menggunakan ilmu ini sebagai penolong hidup kamu ketika di alam liar loh. seperti menemukan tumbuhan yang bisa dimakan, atau bahan – bahan obat tradisional.

Jurusan ini juga bisa menjadi alasan kamu untuk lebih sering pergi keluar dan berjalan – jalan. Dengan kamu masuk ke jurusan ini, kamu akan jadi lebih sering melakukan penelitian ke suatu daerah dan bisa sambil jalan – jalan menyegarkan pikiran. Asyik bukan?

Tidak hanya itu, dengan jurusan biologi kamu akan menjadi pribadi yang lebih sehat. Kamu akan belajar makanan – makanan mana saja yang sehat dan baik untuk tubuh kamu. jurusan ini sangat berkaitan dengan kehidupan sehari – hari dan sangat bermanfaat ketika kamu menjadi ibu dan menjaga buah hati kecilmu dari makanan tidak sehat.

Cara masuk ke jurusan biologi

Biologi adalah cabang ilmu alam yang mempelajari tentang mahkluk hidup dan lingkungan. Nah untuk bisa masuk ke jurusan ini, kamu harus rajin baca buku karena kebanyakan sumber ilmu ini adalah dari buku. Akan banyak sekali buku yang harus kamu baca, makanya jangan malas membaca yaa.

Masuk ke jurusan biologi juga mengharuskan kamu untuk menghilangkan rasa jijikmu terhadap makhluk hidup. karena dalam ilmu biologi, kamu akan sering membedah makhluk hidup untuk diteliti. Ingat ya, tidak semua makhluk hidup yang akan kamu bedah atau lihat merupakan hewan seperti kucing yang menggemaskan. Banyak sekali makhluk hidup yang terlihat menjijikan tapi harus kamu bedah untuk pembelajaran.

Baca Juga: Sri Prakash Lohia: Kisah Hidup yang Inspiratif

Selain harus menghilangkan rasa jijik, kamu harus menjadi seseorang yang teliti. Kamu akan sering melakukan pengamatan menggunakan mikroskop. Kamu akan melihat bentuk sel yang ada dan kamu harus menggambarnya dengan teliti. Selain itu, dengan ketelitian ini kamu jadi bisa membedakan makhluk hidup yang satu family. Terkadang makhluk hidup memiliki perbedaan yang sulit untuk di lihat.

Nah, itu dia informasi seputar jurusan biologi. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapat ketika kamu mendalami ilmu biologi loh. kamu bisa menjadi peneliti hebat dan siapa tau bisa menciptakan hewan hybrid yang cantik dan tidak berbahaya.

Baca Juga : Apa Itu Pengertian Biotik : Komponen, Macam dan Faktor

Namun jika memang passionmu tidak di ilmu biologi, jangan khawatir. Kamu bisa sukses lewat jalan lain kok. Yang penting kamu harus tetap semangat dan gigih dalam mencapai cita – citamu. Dan jangan lupa untuk selalu meminta restu ke orang tua atas jalan yang kamu pilih.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close