Siapkan Ini Sebagai Syarat Berlibur Saat PSBB

Meskipun sejak adanya pandemi covid-19 semua kegiatan menjadi terhambat, namun dengan memenuhi syarat berlibur saat PSBB kamu akan tetap bisa pergi liburan ke luar kota. Berikut ini kami berikan informasi mengenai syarat apa saja yang harus kamu siapkan sebelum bernagkat liburan.

Syarat Naik Pesawat Saat Pandemi

Selama pandemi, terlebih di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat di Jakarta, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika bepergian menggunakan pesawat.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengimbau para calon penumpang yang akan berangkat maupun tiba di Bandara Soekarno-Hatta agar memperhatikan lima hal berikut ini :

Syarat Berlibur Saat PSBB Wajib Bawa Surat Rapid Test Atau Swab Test PCR

Penumpang pesawat rute domestik yang ingin terbang berlibur wajib membawa surat rapid test dengan hasil non-reaktif atau tes PCR dengan hasil negatif. Masing-masing surat tersebut berlaku selama 14 hari pada saat keberangkatan.

Wajib Melalui Enam Rute Pemeriksaan

syarat berlibur saat PSBB

Semua penumpang diwajibkan melalui enam rute pemeriksaan yakni pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermal scanner. Kemudian, pemeriksaan surat hasil test Covid-19. Lalu security check point untuk pemeriksaan barang bawaan, meja check in untuk penerbitan boarding pass, dan pemeriksaan surat hasil tes Covid-19.

Baca Juga : Uang Gratis Di Telegram Adalah Bot Penghasil Uang

Selanjutnya, penumpang melalui pemeriksaan boarding pass untuk naik pesawat. Terakhir, ada pemeriksaan e-HAC atau HAC bagi penumpang yang baru mendarat. Penumpang juga wajib menaati protokol kesehatan, seperti mengenakan masker selama di bandara dan pesawat, membawa hand sanitizer, dan jaga jarak fisik.

Syarat Berlibur Saat PSBB Naik Kereta Api Saat Pandemi

syarat berlibur saat PSBB

Vice President Public Relations PT KAI mengatakan syarat naik kereta api jarak jauh (KAJJ) adalah membawa surat keterangan bebas Covid-19 dari hasil PCR atau Rapid Test.

Namun, ada sejumlah hal lainnya yang harus diperhatikan untuk naik KAJJ di masa pandemi berikut ini berkas yang harus dibawa :

  • Salah satu syarat utamanya yaitu membawa berkas sesuai SE Gugus Tugas Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020.
  • Adapun, surat keterangan bebas gejala seperti influenza atau influenza-like illness yang dikeluarkan dokter rumah sakit atau puskesmas ditujukan bagi penumpang yang di daerahnya tidak terdapat fasilitas rapid test atau PCR.

Wajib Terapkan Ketentuan Umum Penumpang

Semua penumpang KAJJ wajib mematuhi ketentuan umum sebelum, selama, dan sesudah perjalanan KA. Ketentuan umumnya yaitu memakai masker, mematuhi batas antre di stasiun dan kereta untuk menjaga jarak, rutin mencuci tangan, dan menggunakan jaket atau kaus berlengan panjang.

Selain itu, syarat berlibur saat PSBB mengunakan kereta api yaitu penumpang juga wajib bersuhu tidak lebih dari 37,3 derajat celsius ketika diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas. Penumpang juga harus dalam kondisi sehat saat melakukan perjalanan dengan kereta api. Kondisi sehat yang dimaksud adalah tidak sedang flu, pilek, batuk, dan sesak napas.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bug Vektor FF Paling Ampuh

Para penumpang kereta api jarak jauh juga wajib menggunakan alat pelindung diri selain masker, yaitu face shield selama perjalanan KA.

Syarat Naik Kapal Saat Pandemi

Sama halnya transportasi udara dan darat, transportasi laut juga memiliki aturan pada era adaptasi kebiasaan baru. Para penumpang wajib membawa surat keterangan bebas Covid-19, yaitu hasil rapid test non-reaktif atau swab test PCR negatif dan berlaku 14 hari.

Berkas lain adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau ID sah lainnya. Selain itu, para penumpang tetap diwajibkan memakai masker dan menjaga jarak selama berada di kapal.

Nah itulah syarat berlibur saat PSBB yang harus kamu penuhi untuk bisa pergi liburan di tengah pandemi ini. Jangan lupa juga untuk tetap mengikuti protokol kesehatan selama berlibur. Semoga artikel ini dapat membantu!