Pemasaran Onlinedigital marketingInternet MarketingUang Internet

Strategi Marketing Bisnis Online

Novriadi.comStrategi Marketing Bisnis Online – Strategi bisnis adalah cara sebuah bisnis melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Cara tersebut tergantung pada tujuan apa yang ingin dicapai untuk mencapai target pasar. Di Indonesia banyak perusahaan bisnis online menggunakan strategi social media merketing, community development, social influencer, dan membership untuk mencapai target pasarnya. Berikut penjelasan tentang strategi yang sering dilakukan dalam mencapai target pasar online di Indonesia.

Strategi Marketing Bisnis Online

Sosial media marketing

Social media marketing adalah sebuah strategi yang dilakukan untuk mencapai target pasar pengguna sosial media yang ada di Indonesia. Strategi ini dipilih karena banyaknya pengguna social media sehingga dijadikan target pasar oleh perusahaan bisnis online. Dengan menguasai pasar social media maka dipastikan akan menguasai hampir seluruh pasar potensial di Indonesia. Karena pengguna social media di Indonesia adalah yang terbanyak nomor empat di dunia.

Community Development

Strategi Marketing Bisnis Online

Community development atau pengembangan komunitas adalah salah satu strategi yang digunakan perusahaan bisnis online untuk mempertahankan konsumen loyal. Selain untuk mempertahankan konsumen loyal, community development juga digunakan untuk meningkatkan status konsumen agar menjadi loyal dan fanatik terhadap sebuah brand atau produk.

Artikel Menarik Lainnya :

Indonesia merupakan salah satu negara dengan konsumen fanatik terbanyak di dunia. Prilaku konsumen di Indonesia rata-rata tidak mudah berubah. Jika mereka sudah menyukai sebuah produk atau brand maka brand tersebut akan menjadi brand idola dan selalu ditunggu produk-produk terbarunya. Apalagi untuk produk-produk kelas menengah ke atas yang memang memiliki pasar yang cukup besar di Indonesia. Prilaku pasar inilah yang dimanfaatkan pengusaha online untuk membangun basis komunitas sebagai strategi yang terus ditingkatkan.

Social Influencer

Social influencer adalah sesorang yang memiliki pengaruh sosial bagi masayarakat luas. Di indonesia social influencer sering dihubungkan dengan selebriti, selebgram, tokoh-tokoh masyarakat, dan figur publik lainnya. Social influencer pada dasarnya adalah jasa yang diberikan oleh seorang publik figur yang bisa datang dari kalangan dan mana saja kepada perusahaan bisnis online untuk mempengaruhi masyarakat agar membeli sebuah produk atau jasa. Biasanya social inflencer ini digunakan oleh persusahaan bisnis online untuk masuk kedalam target pasar tertentu.

Baca juga : Bisnis Kekinian

Strategi social influencer tidak selalu harus menggunakan selebriti atau figur publik yang sudah dikenal. Bagi perusahaan online yang masih baru atau tidak memiliki modal yang besar untuk mengendorse selebriti, mereka dapat menggunakan masyarakat biasa sebagai social influencer. Masyarakat yang digunakan biasanya pada rentang usia tertentu sesuai dengan target pasar. Jika produk yang diluncurkan untuk usia 25-40 tahun, maka perusahaan menggunakan social influencer pada rentang rentang usia tersebut.

Membership

Strategi membership digunakan untuk mempertahankan konsumen agar tetap loyal dengan sebuah produk atau jasa. Selain untuk mempertahankan konsumen, membership juga strategi yang digunakan untuk mendapatkan kontak identitas konsumen baik nama, alamat, nomor telepon dan email. Data-data ini dibutuhkan untuk melakukan pendekatan lebih intim   dengan konsumen melalui email marketing.

Email marketing dbertujuan untuk melakukan edukasi produk atau jasa kepada konsumen dan calon konsumen baru. Email marketing sangat ampuh untuk menjangkau calon konsumen agar menggunakan sebuah produk. Untuk itu perusahaan sangat gencar melakukan email marketing kepada calon konsumennya.

Baca juga : Content Marketing

Demikian beberapa strategi marketing bisnis online yang sering digunakan perusahaan dalam mencapai target pasar di Indonesia. Jika anda memiliki bisnis online, mulailah membidik pasar yang jelas dan terapkan strategi menjangkau target pasar bisnis anda. Strategi bisnis perusahaan yang jelas akan berdampak pada peningkatan penjualan dan keuntungan perusahaan.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close