Teknologi

Inilah Langkah Strategis Indonesia dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0 Indonesia adalah sebuah keniscayaan dan persiapan untuk menyongsongnya tidak bisa ditawar karena dunia industri terus bergerak mengikuti laju perkembangan teknologi yang begitu pesat.

Industri 4.0 sendiri secara sederhana dapat diartikan sebagai trend dunia industri yang memadukan teknologi cyber dengan teknologi otomatisasi yang mengubah kehidupan manusia di berbagai bidang, seperti dunia kerja, ekonomi, gaya hidup serta yang lain. Lewat industri 4.0 kehidupan manusia di berbagai bidang dapat terhubung satu dengan yang lain melalui pemanfaatan teknologi cerdas.

Untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0 Indonesia, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto menyampaikan bahwa pemerintah sudah menyiapkan setidaknya empat langkah strategis agar dapat mengimplementasikannya dalam dunia perindustrian di Indonesia. Berikut empat langkah strategis yang diambil pemerintah.

  • Mendorong Angkatan Kerja untuk Belajar dalam Memanfaatkan Internet

Dalam beberapa tahun terakhir, pemanfaatan internet berkembang dengan sangat signifikan, salah satu diantaranya adalah IoT (Internet of Things) yaitu teknologi yang mengintegrasikan lini produksi atau peralatan produksi yang digunakan dalam dunia industri dengan internet. Karena terhubung dengan internet, IoT akan membuat peralatan atau lini produksi menjadi lebih effektif dan efisien serta aksesibilitasnya meningkat.

Untuk itulah dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 Indonesia, pemerintah mendorong angkatan kerja agar meningkatkan ketrampilannya dan terus belajar dalam memanfaatkan internet.

Revolusi Industri 4.0 Indonesia
Revolusi Industri 4.0 Indonesia
  • Program E-Smart IKM

Langkah kedua dalam mempersiapkan Revolusi Industri 4.0 Indonesia, adalah melalui program e-smart IKM (Industri Kecil dan Menengah), yaitu mendorong industri-industri kecil dan menengah  agar meningkatkan produktifitas dan daya saingnya dengan memanfaatkan teknologi digital.

Baca ini juga :

  1. Perkembangan teknologi informasi
  2. Kecerdasan buatan
  3. Manfaat teknologi digital

Melalui program ini, IKM diharapkan dapat ikut berbicara pada pasar ekspor karena kontribusi IKM pada produk domestik bruto mencapai 61,41 persen.

  • Penggunaan Teknologi Digital pada Industri Nasional

Revolusi Industri 4.0 Indonesia juga dipersiapkan dengan menata industri nasional agar semuanya menggunakan teknologi digital seperti Cloud, Autonomous Robots, Big Data, Cyber Security serta Augmented Reality.

Penggunaan Teknologi digital tersebut diyakini akan dapat mendongkrak hasil industri sekaligus meningkatkan efisiensi dan memangkas biaya industri sampai dengan 12 – 15 persen.

  • Inovasi Teknologi Lewat Pengembangan Startup

Startup akan terus dipacu pengembangannya lewat inovasi teknologi dengan memfasilitasi berdirinya tempat inkubasi bisnis, seperti pendirian technopark yang ada di Semarang, Bandung, Denpasar, Makasar dan Batam.

Didirikannya technopark-technopark tersebut merupakan langkah strategis karena dapat mendorong munculnya startup-startup yang benar-benar siap dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 Indonesia

Langkah-langkah yang akan dan telah dipersiapkan oleh pemerintah melalui Kementrian Perindustrian tersebut merupakan langkah strategis yang diharapkan dapat membawa perubahan paradigma, baik pada sisi ketrampilan manusia, konsumsi, cara bekerja sampai dengan proses manufaktur.

Namun, langkah strategis tersebut hanya menjadi harapan belaka apabila tidak didukung oleh masyarakat utamanya kalangan industri yang terkena dampak langsung Revolusi Industri 4.0 Indonesia. Itu sebabnya kolaborasi antara pemerintah dengan kalangan industri menjadi sangat penting untuk dilakukan.

Tidak hanya itu, guna menghadapi Revolusi Industri 4.0 Indonesia dalam jangka panjang, dibutuhkan berbagai inovasi pada sektor pendidikan, mulai dari tingkat dasar hingga tingkat tinggi. Inovasi tersebut berupa penyesuaian kurikulum yang ditata sedemikian rupa agar dapat menyesuaikan dengan arah Revolusi Industri 4.0. Peran sektor pendidikan ini menjadi sangat penting, karena yang menjadi ujung tombak dari Revolusi Industri 4.0 Indonesia adalah sumber daya manusia yang membekali diri lewat ilmu, pengetahuan dan ketrampilan yang diberikan di sekolah-sekolah. Jika kurikulum pendidikan tidak berpihak dan tidak berorientasi pada Revolusi Industri 4.0, besar kemungkinan Indonesia akan digilas dan jadi korban Revolusi Industri 4.0.

Revolusi Industri 4.0 Indonesia

Kesimpulanya, indonesia merupakan negara berkembang yang akan terus merangkak maju, dan menyiapkan beberapa layanan truktur untuk mempermudah maju nya sebuah negara, Dan disini dapat kita lihat Revolusi Industri 4.0 sangat terlihat sekali, dan semua negara tetangga, mapun negara yang sudah maju pun, selalu ingin maju karena dengan keterdiaan struktur dan sdm di negara mereka. Dalam hal ini dapat di sadari bahwa revolusi 4.0 berdampak sekali kepada semua negara.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close