bisnis

Teknik Pemasaran Kosan yang Paling Efektif | Seputar Bisnis

Novriadi.com – Bisnis properti memang sangat susah dibanding bisnis jenis lainnya seperti kuliner, fashion dan sebagainya. Salah satu bisnis properti yang dari dulu sampai sekarang masih eksis adalah bisnis kos –  kosan. Apalagi saat ini bisnis ini mulai merangkak naik karena permintaan pasar mulai bertambah. Permintaan pasar ini terkait bertambahnya jumlah perguruan tinggi dan paberik sehingga semakin banyak orang berkuliah dan bekerja ke luar kota. Inilah kesempatan emas jika anda membuka peluang bisnis kos – kosan. Meskipun peluang besar dan permintaan pasar tinggi namun tidak semua orang sukses dalam berbisnis kosan. Hal ini dikarenkan banyak faktor terutama faktor kesalahan dalam teknik pemasaran yang digunakan. Pada artikel ini akan membahas tentang 5 teknik pemasaran kosan yang efektif.

Baca juga : Strategi Marketing Bisnis Online

Teknik Pemasaran Kosan yang Paling Efektif | Seputar Bisnis

Ada beragam faktor dalam memilah dan memilih kosan baik bisnis atau investasi. Sebagai pemilik kosan, anda harus mengetahui keinginan dari pasar atau pencari kosan. Ada beberapa faktor penentu pencari koasan dalam menentukan pilihannya. Pencari kosan cenderung menacari kosan dengan harga terjangkau tetapi fasilitas yang lengkap seperti tersedianya jaringan Wifi. Sebagai pemilik kosan, anda harus pahami beberapa hal terkait faktor penentu pencari kosan memutuskan untuk kos di tempat kosan tersebut. Berikut ini 6 faktor penentu dalam memilih kosan, antara lain:

Baca juga : Tips Sukses Bisnis Kos-Kosan

Faktor Penentu Dalam Memilih Kosan

Faktor Penentu Dalam Memilih Kosan

Lokasi Kosan

Lokasi akan meentukan kemudahan dalam akses menuju dari dan ke kosan tersebut. Tidak sedikit pencari kosan menginginkan kosan yang mudah dijangkau oleh akses umum seperti dapat dilalui kendaraan roda empat. Selain itu, lokasi kosan dekat dengan fasilitas umum seperti mesin ATM, rumah makan, pom bensin, pusat perbelanjaan dan rumah sakit. Faktor penentu inilah yang membuka pikiran anda agar anda dapat membangun kosan yang berlokasi seperti yang diinginkan oleh pencari kosan tersebut.

Kenyamana dan Keamanan Kosan

Salah satu faktor penentu lainnya yaitu adanya kenyamaan dan keamana yang baik untuk penghuni kosan. Terkait kenyamanan anda dapat membuat kosan dengan ditambahkan halaman di depan kosan anda yang ditumbuhan tumbuhan hijau yang menyehatkan mata. Sedangkan keamanan, anda dapat menyewa orang untuk menjaga kosan anda atau menggunakan teknologi CCTV yang dipasng di sudut – sudut strategis di kosan anda.

Kamar Mandi Kosan

Kebanyakan orang terutama kaum wanita menginginkan kamar mandi berada di dalam kamar  kosan. Jika kamar mandi terpaksa di luar kamar kosan yang digunakan secara bersama – sama maka anda juga harus memperhaitkan terkait kebersihan kamar mandi tersebut. Sebaiknya anda merekrut karyawan untuk emmbersihkan kamar mandi dan lainnya di kosan agar penghuni kos tetap nyaman.

Dapur Kosan

Tidak semua kosan terdapat fasilitas dapur.  Namun kebanyakan pencari kosan menginginkan di kosan terdapat dapur untuk memasak. Bagi penghuni kosan, dengan andanya dapur kosan maka akan menghemat biaya harian penghuni kosan. Jika anda membangun kosan yang terdapat fasilits dapur kosan maka anda juga harus menyiapkan alat – alat memasak seperti kompo, tabung gas, penggorengan, panci dan sejenisnya.

Area Parkir Kosan

Salah satu pertimbangan pencari kosan untuk menetapkan pilihannya yaitu terkait seberapa luas area parkir kosan. Tidak sedikit kosan yang menawarkan fasilitas kosan seperti area parkir luas yang mampu menyimpan kendaraan roda empat. Namun banyak pula koan yang hanya menyediakan lahan parkir yang dapat digunakan untuk menampung beberapa buah sepeda motor.

Fasilitas di dalam Kamar Kosan

Faktor penentu yang terakhir adalah fasilitas di dalam kamar kosan. Ada yang minta diberikan fasilitas AC bahkan televisi dan kulkas. Kondis fasilitas yang mewah maka nantinya akan berdampak pada harga sewa kosan tersebut per bulan.

Baca juga : Tips Sukses Bisnis Catering Rumahan

Teknik Pemasaran Kosan yang Paling Efektif

Teknik Pemasaran Kosan yang Paling Efektif

Dalam berbisnis diperlukan perencaan yang matang dengan mempertimbangkan berbagai refereansi. Ada beragam step atau langkah yang harus disusun di perencanaan ini. Salah satunya adalah terkait teknik pemasaran kosan yang efektif. Teknik pemasaran yang efektif akan mengakibatkan semakin cepat anda mendapatkan penyewa kosan anda. Berikut ini 5 teknik pemasaran kosan yang efektif, antara lain:

Promosi atau Pasang Iklan di Kampus–Kampus

Memang sebagian besar penghuni kosan adalh mahasiswa. Oleh sebab itu, cara promosi yang efektif pertama yaiut pasang iklan di Kampus – Kampus. Teknik marketing atau pemasran dinilai sngat efektif apalagi pada saat penerimaan mahaisswa baru. Anda dapat melakukan beberapacara terkait pemasaran iklan di kampus – kamus. Berikut ini beberapa contoh terkait promosi iklan di kampus – kampus antara lain:

  1. Bagikan brosur kosan anda di gerbang pintu keluar kampus
  2. Bagikan brosur kosan anda di pintu keluar parkir kendaraan mahasiswa
  3. Tempelkan brosur kosan anda di papan pengumuman kampus

Cara pasang iklan di kampus – kampus tersebut dipercaya mampu mendapatkan calon penghuni kosan anda.

Promosi di Warung – Warung di Sekitar Kampus

Warung atau tempat makan memang tidak terlepas oleh kehidupan mahasiswa. Oleh sebab itu, teknik marketing atau pemasran yang efektif kedua adalah memasang brosur iklan kosan anda di warung dekat kampus. Namun sebelumnya anda harus izin pemilik warung terlebih dahulu sebelum memasang iklan anda. Letakan atau tempel brosur iklan anda pada tempat yang mudah terlihat oleh banyak orang sehingga pengunjung di warung tersebut dapat melihat iklan anda.

Pasang Iklan di Radio atau Majalah Kampus

Cara marketing yang ketiga adalah dengan memasang iklan di radio atau majalah. Cara ini cukup konvensional namun tetap efektif untuk anda lakukan. Meskipun radio jarang digunakan oleh mahasiswa namun saat ini sudah ada radio kampus yang memberitakan segala hal tentang kampus tersebut. Begitu juga dengan adanya majalah kampus. Oleh sebab itu, anda harus membuat iklan untuk dapat dipasang di radio atau majalah kampus.

Beriklan dengan Memberikan Hadiah Souvernir

Teknik marketing ini sering digunakan oleh beberapa perusahaan. Dimana perusahaan tersebut memberikan sejumlah souvernir yang berloga dan bertuliskan nama perusaahaan tersebut. Cara marketing ini juga dapat anda tiru untuk promosi kosan anda. Anda membuat pin atau gantungan kunci yang terdapat nama kosan anda beserta alamatnya. Souverni tersebut dapat anda kasihkan kepada mahasiswa secara gratis.

Bekerja Sama dengan Anak Kosan

Trik dan teknik marketing terakhir ini dipercaya sangat ampuh dalam menggaet mahasiswa untuk menggunakan jasa kosan anda. Caranya dengan bekerja sama dengan anak kosan. Anda memberikan komisi kepada anak kosan tersebut jika berhasil mendapatkan orang yang mau menggunakan jasa kosan anda. Terkait besaran komisi tergantung kesepatakan antara anda (pemilik kosan) dengan anak kosan ( pencari penghuni kosan anda).

Baca juga : Tips Sistem Managemen Bisnis Franchise

Demikian penjelasan terkait 5 teknik pemasaran kosan yang efektif. Beragam cara promosi yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan omzet penjualan jasa kosan anda. Anda bisa menggunakan cara diatas agar bertambah jumlah penghuni kosan anda.

Tags

Novriadi

Hallo, perkenalkan Colab Squad dan situs ini merupakan milik Gabungan, Kami juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang didapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs kamiini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close