umum

Teknis Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 8

Pendaftaran kartu prakerja adalah proses mendaftarkan identitas ke program kartu prakerja sehingga bagi anda yang sudah bekerja baik apa pun itu berkesempatan memperoleh bantuan subsidi tunai dari pemerintah. Namun, pendaftaran kartu prakerja yang disangka mudah ini ternyata tidak semudah yang dibayangkan.

Baca Juga : 5 Aplikasi Browser Anti Blokir Ini Wajib Anda Punya

Terkadang ada saja kendala yang ditemukan. Oleh karena itu, apabila anda menjumpai sejumlah kendala dalam mndaftarkan diri ke kartu prakerja, coba untuk perhatikan syarat dan ketentuan membuat kartu prakerja ini sekaligus langkah-langkah membuatnya.

Cara Melakukan Pendaftaran Kartu Prakerja yang Harus Diperhatikan

Perhatikan Syarat dan Ketentuan

pendaftaran kartu prakerja

Pada proses pendaftaran kartu prakerja, ternyata ada beberapa ketentuan yang harus anda perhatikan supaya daat memperoleh kartu bersubsidi bantuan ini. Kartu prakerja yang bisa mengeluarkan nominal ternyata ada syarat dan ketentuan khusus bagi anda yang ingin mendaftarnya.

Apa sajakah itu? Pertama, bagi warga negara asing yang berasal bukan dari Indonesia, sudah dapat dipastikan mereka tidak dapat mengikuti program pendaftaran kartu prakerja ini untuk membantu dalam hal pemasukan. Sehingga, bagi orang yang ingin mengikuti program ini memang harus warga asli Indonesia.

Syarat yang kedua, pastikan imur anda sudah melebihi 18 tahun. Omong-omong, kenapa harus melebihi usia 18 tahun? Tentu saja. Hal ini karena di saat usia anda di atas 18, maka anda sudah masuk ke dalam usia bukan anak-anak atau remaja. Kemudian, di usia yang satu ini juga anda sudah terdata dalam Kartu Tanda Penduduk.

Ada lagi syarat yang ketiga, dan harus diperhatikan bagi calon penerima kartu prakerja. Jadi, meskipun usia anda sudah melampaui 18 tahun dan termasuk ke dalam warga negara Indonesia, namun jika status anda masih pelajar atau mahasiswa maka tidak berkesempatan untuk meraih kartu prakerja.

Bagaimana Cara Mendaftarnya?

Setelah anda memperhatikan persyaratan pendaftaran kartu prakerja di atas, berikutnya anda harus perhatikan langkah-langkah mendaftarnya. Terkadang, kebanyakan orang tidak membaca petunjuknya secara detail sehingga mereka tidak bisa mendapatkan subsidi dari kartu prakerja ini.

Langkah pertama dalam mendaftarkan diri ke dalam kartu prakerja, pastikan anda sudah mengakses www.prakerja.co.id di browser smartphone. Jika sudah, maka akan tampil halaman yang mengharuskan anda memasukan sejumlah data. Pastikan data-data yang akan anda masukan sudah benar-benar sesuai.

Jangan lupa siapkan nomor Kartu Keluarga untuk dimasukan ke dalam pendataan dan juga NIK. Jika sudah, bukan berarti tahapan ini sudah sepenuhnya selesai. Melainkan, ternyata anda harus siapkan sejumlah alat tulis seperti kertas dan pulpen. Kenapa? Karena akan diadakan tes atau ujian secara online.

Setelah itu, terdapat salah satu icon yang bertuliskan Gabung. Maka anda klik saja. Jika sudah, maka anda sudah selesai melaksanakan tahapan pendaftaran kartu prakerja secara online. Selanjutnya, anda tinggal menunggu notifikasi lolos atau tidaknya diterima sebagai oemegang kartu prakerja yang satu ini.

Baca Juga : Tips Bobol Wifi Bisa Jadi Alternatif Tanpa Kuota

Mudah sekali, bukan? Tentu saja jika anda perhatikan yang namanya langkah-langkah di atas dengan cermat, dijamin tidak akan mengalami sejumlah kendala. Karena langkah di atas sudah dipastikan telah runtut untuk dicontoh oleh siapa pun juga.

Pun kini anda tinggal menunggu hasilnya saja, apakah diterima pendaftaran kartu prakerja secara online atau tidak. Toh, jika anda sudah menerimanya, maka ini kesempatan emas bagi anda untuk membantu perekonomian keluarga, seperti bisnis memutar uang.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close