Teknologi

Teknologi Ramah Lingkungan : Pengertian Dan Contoh

Perkembangan zaman yang semakin modern terkadang tidak diimbangi dengan kemajuan teknologi yang baik dan sehat bagi masyarakat. Semakin maju sebuah teknologi seharusnya juga mampu membuat terobosan yang sehat bagi kehidupan manusia. Karena teknologi yang sehat seperti teknologi ramah lingkungan memberikan sumbangan bagi kelangsungan hidup manusia di masa mendatang.

Contohnya saja saat ini hampir di kota dan juga di desa begitu minimnya lahan untuk resapan air dan juga tata – ruang yang begitu semrawut ditengarai menjadi salah satu penyebab utama banjir di mana – mana. Banyaknya orang yang mengemukakan isu mengenai pemanasan global baik dalam media online maupun dalam artikel penelitian. Dimana beberapa semua informasi tersebut banyak diantaranya mendesak kepada semua pihak untuk segera mengaplikasikan teknologi ramah lingkungan pada kehidupan sehari – hari.

Pengertian Dan Contoh Teknologi Ramah Lingkungan

Pengertian dari teknologi ramah lingkungan itu sendiri adalah sebuah metode atau sistem yang dipakai untuk mencapai tujuan tertentu, dimana dalam pelaksanaannya bisa mengacu kepada wawasan lingkungan dan juga memperhatikan kaidah dalam lingkungan di sekitarnya. Dari istilah itulah mampu melahirkan berbagai macam teknologi terapan, yang bisa digunakan secara aman juga sangat bersahabat dengan makhluk hidup ataupun alam di sekitarnya.

Teknologi Ramah Lingkungan
Teknologi Ramah Lingkungan

Teknologi yang saat ini mulai dikembangkan dmeliputalam i beberapa aspek kehidupan manusia, salah satunya yaitu dalam sektor elektronik konsumen. Untuk bisa mendapatkan teknologi yang ramah lingkungan ini tentu saja dibutuhkan biaya yang tidak sedikit jika dibandingkan membeli peralatan yang menggunakan teknologi konvensional.

Baca juga : Download Mp3

Dari situasi tersebut tentulah menjadi tantangan bagi siapapun orangnya khususnya para pengembang bisnis untuk menciptakan teknologi hijau atau smart yang ramah akan lingkungan juga terjangkau harganya atau murah. Berikut ini beberapa contoh teknologi ramah lingkungan serta penerapannya dalam kehidupan sehari – hari.

Contoh Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan dalam Kehidupan Manusia

Ada beberapa contoh yang bisa menjadi inspirasi dalam kehidupan sehari – hari yang bisa digunakan dengan teknologi yang ramah dan juga sehat. Contohnya seperti:

  1. Mesin dengan Tenaga Angin
  2. Mesin Tenaga Surya
  3. Hidroelektrik
  4. Mobil dengan Tenaga Listrik
  5. Panel Surya
  6. Toilet Pengomposan
  7. Kulkas atau lemari pendingin Non Freon
  8. Pendingin ruangan (AC) dengan Non Freon
  9. Pembangkit listrik tenaga nuklir atau (PLTN)
  10. Pembangkit listrik tenaga panas bumi disebut dengan Enhanced Geolhermal System

Contoh dan Penjelasan Teknologi Yang Ramah Lingkungan

1. Lampu Seumur Hidup

Lampu Seumur Hidup
Lampu Seumur Hidup

Indonesia juga memiliki banyak mahasiswa dengan ide cemerlangnya yang berhasil mengubah dari bakteri menjadi lampu hemat energi. Dimana lampu hemat energi ini bisa mengatasi adanya persoalan krisis energi itu sendiri.

Seiring dengan jumlah pertumbuhan penduduk, maka semakin besar jumlah kebutuhan energi sedangkan pasokan akan energi berbasis energi fosil kian menipis. Ide kreatif dari beberapa mahasiswa yang memanfaatkan contoh bakteri bioluminescence, bakteri yang cukup unik dalam tubuh hewan cumi – cumi yang mampu mengeluarkan cahaya dengan warna biru.

Baca juga : Streaming Film Indonesia

Penggunaan bakteri tersebut  membuat lampu semakin terang jika jumlah kandungan bakteri semakin ditambah. Lampu ini memiliki keuntungan, diantaranya yaitu ramah lingkungan dan juga ekonomis. Faktanya jika lampu ini bisa dipakai seumur hidup, dikarenakan jumlah bakteri yang mati akan menghasilkan indukan baru yang tidak akan habis.

2. Mesin EcoATM

Mesin EcoATM
Mesin EcoATM

EcoATM adalah sebuah kios yang memiliki fungsi secara otomatis untuk membeli kembali ponsel bekas dan MP3 player dari penggunanya. Mesin akan dengan otomatis menganalisis kondisi barang dan mencari harga tertinggi di pasaran. Jika Anda setuju, maka Anda bisa mengambil uang tersebut. Lalu, mesin ecoATM menjualnya kembali ke pemakai lain dan atau akan didaur ulang.

Baca juga : Pemanasan Global

Hanya saja jenis teknologi ini belum bisa digunakan di Indonesia. Karena mesin ini tergolong mahal dan pencetusnya memang dilansir dari negara lain. Dengan menggunakan mesin ini, maka Anda bisa mencegah bocornya senyawa berbahaya ke dalam tanah sehingga tidak hanya bisa membantu mengatasi keuangan Anda, tapi juga turut berpartisipasi dalam menjaga alam semesta.

3. Mobil Listrik

Mobil Listrik
Mobil Listrik

Mobil listrik memang sudah sangat banyak dibuat di negara manapun termasuk di Indonesia. Keunggulan mobil ini ada pada pengisian bahan bakarnya. Kalau mobil umum lain menggunakan minyak, untuk mobil listrik cukup dengan tenaga baterai yang sudah terisi listrik.

Mobil ini tentu saja akan mengurangi emisi gas buang berupa gas polusi yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Dan juga perawatan mobil listrik juga lebih mudah dan murah dibandingkan dengan mobil lain pada umumnya.

4. Taman di Atap Bangunan

Banyak saat ini space yang ada di roof rumah dan juga bangunan perkantoran yang tadinya kosong dimanfaatkan untuk menanam berbagai tanaman. Hal ini berfungsi untuk menyerap oksigen dan membuang polusi akibat gas buang dari pabrik dan juga kendaraan. Selain itu juga memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam bisa menjadi obat mengatasi stress akibat tekanan kehidupan.

5. Panel Surya

Panel Surya
Panel Surya

Pembuatan panel surya yang terdiri dari sel surya ini sudah cukup lama dikenal dengan kemampuannya untuk mengubah cahaya menjadi tenaga listrik karena sumber terkuatnya yang berasal dari cahaya matahari. Panel surya ini sering disebut dengan sel photovoltaic yang memiliki arti ‘yaitu cahaya listrik.’

Sel tersebut bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energi dari sinar matahari sehingga membuat arus mengalir antara dua lapisan yang bermuatan berlawanan. Potensi penghematan energi yang besar membuat penggunaan panel surya ini semakin meluas ke penjuru dunia termasuk negara kita Indonesia. Dalam sekali pemasangan instalasi, kita sudah bisa mendapatkan sumber daya energi untuk jangka panjang tanpa meninggalkan limbah dan juga zat polusi. Sehingga aman dipakai dalam waktu lama.

Baca juga : Daftar power bank terbaik

Bumi Indonesia yang hijau dengan kekayaan alam didalamnya merupakan sebuah anugerah terindah dari sang Pencipta. Semua itu merupakan karunia yang telah di ada sejak pertama kali kita lahir dan menghirup udara secara bebas. Sebagai makhluk yang paling beradab, memang sudah seharusnya manusia berperan lebih aktif dalam rangka menjaga juga melestarikan lingkungan hidup di bumi.

Tentu saja semua orang menginginkan sebuah lingkungan yang bersih, sehat dan juga nyaman dan terhindar dari semua bentuk pencemaran. Baik itu air, udara juga tanah merupakan tiga unsur utama yang wajib dijaga kelestariannya. Namun tidak sedikit tangan jahil yang mencoba untuk merusak bahkan sengaja membuat bumi ini tercemar.

Baca juga : Wa web

Karena itu semua pihak harus bersinergi dan bergerak secara serentak. Jangan sampai ada pihak yang hanya bisa menuntut hanya karena membawa kepentingan tertentu yang implikasinya dapat menghambat dari tujuan untuk pelestarian lingkungan tersebut.

Jenis Penyakit yang Ditimbulkan dari Teknologi yang Tidak Ramah Lingkungan

Setelah Anda mengetahui pengertian juga hakikat dari teknologi ramah lingkungan beserta contoh dalam penerapannya di kehidupan, maka kali ini akan sedikit membahas mengenai berbagai penyakit apa saja yang akan ditimbulkan akibat dari penggunaan teknologi yang tidak ramah pada lingkungan.

Berikut beberapa penyakit yang bisa timbul dari penggunaan teknologi yang tidak ramah lingkungan:

Penyakit Paru – paru

Penyakit Paru - paru
Penyakit Paru – paru

Penyakit paru – paru merupakan jenis penyakit yang sangat mematikan dan sangat ditakuti oleh banyak orang. Karena itu butuh biaya yang tidak sedikit untuk mengobati jenis penyakit ini. Penggunaan teknologi yang tidak ramah lingkungan salah satu yang menyebabkan terjadinya pencemaran udara yang mana hal tersebut menjadi faktor utama penyebab timbulnya penyakit paru – paru.

Emfisema

Emfisema
Emfisema

Emfisema adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya penyempitan saluran pernapasan. Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang bisa disebabkan oleh dampak buruk dari polusi udara yang ditimbulkan karena teknologi yang tidak ramah akan lingkungan di sekitar.

Menurunnya Tingkat Kesuburan Manusia

Menurunnya Tingkat Kesuburan Manusia
Menurunnya Tingkat Kesuburan Manusia

Berdasarkan dari sebuah penelitian, yang menjelaskan bahwasannya polusi udara seperti asap kendaraan bermotor dan asap pabrik juga dapat mengurangi tingkat kesuburan pada sel sperma dan juga ovarium. Hal ini apabila terus berlangsung maka bisa membuat seseorang kehilangan kesuburan dan berdampak kepada tidak subur.

Rusaknya Sel Saraf Otak

Rusaknya Sel Saraf Otak
Rusaknya Sel Saraf Otak

Berdasarkan dari sebuah fakta yang ada dan menunjukan bahwa dampak dari polusi yang ditimbulkan karena teknologi yang tidak ramah lingkungan dapat menyebabkan terjadinya perusakan sel – sel otak. Karena zat berbahaya yang sering dihirup berproses menuju darah dan berhenti pada sel – sel tubuh yang sehat dan akhirnya lama – lama terpapar zat berbahaya menjadi rusak.

Penurunan Pada IQ

Penurunan Pada IQ
Penurunan Pada IQ

Hasil dari sebuah penelitian juga menunjukan adanya penumpukan kadar timbal di udara sangat berpengaruh terhadap penurunan IQ pada anak usia dini. Hal ini akibat zat aktif dari timbal yang masuk ke dalam tubuh dan mengambil zat sehat sehingga rusak daya tangkap atau IQ pada anak.

Baca juga : Contoh Proposal

Apabila kondisi tersebut tidak segera diatasi dengan terus membuat terobosan dalam teknologi ramah lingkungan. Maka bisa dibayangkan bagaimana beberapa tahun kedepan bumi dan manusia tidak luput dari kondisi yang tidak sehat. Dan hal tersebut berdampak pada usia manusia akan cenderung lebih pendek dan bumi juga akan terus terkena bencana.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuka wawasan Anda, dengan mulai dari saat ini lebih bijak dalam menggunakan teknologi dan berhemat dalam hal energi. Tidak lupa untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close