umum

Memahami Teks Eksposisi : Struktur, Kaidah, Jenis Dan Ciri-Ciri

Apa yang anda maksud dengan teks eksposisi ? Memahami teks eksposisi adalah pengembangan paragraf dalam tulisan di mana isinya mengekspresikan ide, memberikan penjelasan atau makna melalui penggunaan gaya penulisan yang ringkas, ringkas dan tepat.

Baca juga : Definisi Majas

Pendapat lain mengatakan bahwa definisi teks eksposisi adalah paragraf yang berisi informasi dan pengetahuan tertulis secara ringkas, ringkas, tepat dan mudah dipahami oleh semua orang yang membacanya. Artinya, setiap orang yang membaca teks eksposisi dapat memahami informasi yang dikandungnya.

Teks Eksposisi : Struktur, Kaidah, Jenis Dan Ciri-Ciri

Teks Eksposisi
Teks Eksposisi : Struktur, Kaidah, Jenis Dan Ciri-Ciri

Tujuan dari teks eksposisi adalah untuk menjelaskan informasi atau mengekspresikan ide-ide secara ringkas, ringkas dan tepat sehingga pembaca mendapatkan pengetahuan baru tentang suatu hal atau peristiwa secara detail.

Struktur teks eksposisi

Dalam jenis teks ini ada struktur penulisan standar sehingga pembaca dapat membedakannya dari jenis teks lain. Struktur teks eksposisi adalah sebagai berikut:

Thesis (pernyataan pendapat)

Tesis ini adalah bagian awal penulisan teks eksposisi. Tesis ini adalah pernyataan pendapat penulis secara langsung tentang subjek atau masalah yang dibahas.

Argument

Argumentasi merupakan bagian dari penulisan teks eksposisi yang berisi alasan yang mendukung atau memperkuat pendapat penulis di bagian tesis sebelumnya. Argumen ini dapat diambil dari hasil penelitian para ahli atau pendapat para ahli di bidang tertentu untuk memperkuat pendapat pribadi penulis.

Baca juga : Contoh Surat Kuasa

Reiteration/Pengulangan (penguatan opini)

Pengulangan adalah penegasan kembali pendapat penulis tentang tesis sehingga pembaca dapat lebih memahami isi teks secara lengkap. Biasanya, pengulangan disertai dengan bukti pendukung dan merupakan bagian dari kesimpulan dari teks yang dibuat oleh penulis.

Ciri dari teks eksposisi

Ciri dari teks eksposisi
Ciri dari teks eksposisi

Jenis-jenis teks eksposisi mempunyai karakteristik yang berbeda-beda daripada jenis teks yang lainnya. Karakteristik teks eksposisi adalah sebagai berikut:

  1. Pengiriman informasi dilakukan secara ringkas, ringkas, tepat dan mudah dipahami oleh pembaca.
  2. Gaya penulisan yang dipergunakan dalam jenis teks ini persuasif, informatif atau mengundang orang lain.
  3. Penjelasan informasi tentang jenis teks ini disajikan secara langsung menggunakan bahasa standar dan sesuai dengan EYD.
  4. Penyajian informasi tertulis adalah obyektif, tidak memihak dan didasarkan pada bukti nyata.
  5. Terjemahan informasi dalam teks disertai dengan data akurat yang berasal dari sumber yang dapat dipercaya yang mendukung konten penulisan.
  6. Fakta-fakta dari informasi yang diberikan secara luas digunakan sebagai alat konkret dan kontribusi.

Aturan/kaidah menulis teks eksposisi

kaidah menulis teks eksposisi
kaidah menulis teks eksposisi

Secara umum, ada tiga aturan untuk menulis teks eksposisi. Elemen linguistik adalah sebagai berikut:

Baca juga : Contoh Daftar Riwayat Hidup

Konjungsi

Konjungsi merupakan bentuk konjungsi yang sering digunakan dalam teks eksposisi. Ada banyak konjungsi yang digunakan dalam teks jenis ini, yang digunakan untuk menunjukkan waktu, perbandingan, penjelasan, kombinasi, dll. Misalnya, kata “lalu”, “setelah” untuk kata penghubung waktu.

Pronomina

Pronomina merupakan bentuk kata ganti dalam sebuah teks. Ada dua jenis kata ganti, yang meliputi;

  • Persona, yang merupakan kata ganti untuk menunjukkan orang. Misalnya; Anda, dia, saya, dia.
  • No Persona, yang merupakan kata ganti untuk menunjukkan sesuatu yang bukan orang. Misalnya; di sana, di sana, di sini.
  • Leksikal

Leksikal sendiri merupakan jenis kata yang kemudian ditujukan kata kerja, kata sifat, kata benda dan kata keterangan. Berikut ini merupakan beberapa contoh yang ada:

  • kata kerja; jalankan, tulis, baca, dll.
  • kata benda; batu, kayu, meja, piring, dll.
  • kata sifat; baik, buruk, cantik, menarik, dll.
  • kata keterangan; di sini, di sana, malam, besok, dll.

Jenis teks eksposisi

Jenis teks eksposisi
Jenis teks eksposisi

Pada umumnya memang terdapat beberapa jenis teks eksposisi yang sering kali dipergunakan, termasuk:

  1. Berita, jenis teks yang mentransmisikan informasi tentang suatu peristiwa atau peristiwa. Jenis teks ini umumnya ditemukan di koran atau koran.
  2. Ilustrasi, jenis teks yang digunakan untuk menggambarkan secara sederhana atau konkret suatu gagasan atau gagasan. Jenis teks ilustrasi ini umumnya menggunakan frasa koneksi untuk menjelaskan sesuatu kepada pembaca.
  3. Perbandingan, jenis teks yang digunakan untuk menjelaskan suatu topik menggunakan metode perbandingan.
  4. Proses, jenis teks yang menjelaskan prosedur atau pedoman untuk melakukan sesuatu.
  5. Definisi, jenis teks yang isinya menjelaskan makna suatu objek tertentu.
  6. Teks analisis, jenis teks yang berisi konflik antara suatu objek dengan objek lainnya. Biasanya, teks ini menggunakan kata-kata koneksi, misalnya; Namun demikian, sebaliknya, dan seterusnya.
  7. Analisis teks, teks yang isinya menggambarkan proses menganalisis suatu topik yang dipisahkan menjadi beberapa subbagian untuk pengembangan selanjutnya secara berurutan.

Itu adalah penjelasan singkat tentang makna teks eksposisi, struktur, tujuan, karakteristik dan jenis. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close