wisata

12 Tempat Wisata Di Kota Medan Yang Wajib Dikunjungi

Kita ketahui bahwa ibukota Provinsi Sumatera utara adalah Medan. Medan dikenal sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya dimana Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dengan Pelabuhan Belawan dan Bandar Udara Internasional Kuala Namu. Kota Medan juga termasuk kota terbesar di pulau Sumatera. Kota Medan dikenal dengan sebutan kota multi etnis dimana terdapat keanekaragaman suku, ras, etnis, agama, dan budaya.

Selain menjadi kota multi etnis, Kota Medan menjadi juga termasuk kota yang memiliki berbagai macam tempat-tempat wisata yang saat ini menarik perhatian warga Indonesia untuk berkunjung. Nah, bagi kalian yang berencana untuk liburan atau traveling ke wilayah Sumatera, ada baiknya kalian mengunjungi kota Medan untuk dijadikan destinasi tujuan wisata.  Berikut ini akan diulas beberapa tempat wisata di Kota Medan yang wajib dikunjungi. Simak baik-baik ya.

Baca juga : Sejarah Kota Medan

Tempat Wisata Di Kota Medan Yang Wajib Dikunjungi

1. Masjid Al-Osmani

Masjid Al-Osmani
Masjid Al-Osmani

Jika Anda beserta keluarga sedang berkunjung ke Medan, sempatkan untuk mengunjungi sebuah masjid yang terletak di Kecamatan Medan Labuhan yang dikenal dengan nama Masjid Labuhan atau Masjid Al-Osmani. Perlu diketahui, masjid ini di bangun pada tahun 1854 oleh Sultan Osman Perkasa Alam, seorang Raja Deli kedelapan dan juga desain dari masjid ini sendiri sangat unik karena memadukan budaya Tiongkok yang terdapat pada bagian pintu masjid, Spanyol yang dilihat dari desain arsitektur masjid, Melayu yang dilihat dari cat yang digunakan oleh masjid ini yaitu warna kuning yang merupakan warna kebanggan suku Melayu, Timur Tengah yang dilihat dari keseluruhan ornamen masjid, serta India yang dilihat dari dinding masjid yang menunjukkan ciri khas India.

2. Danau Toba

Danau Toba
Danau Toba

Danau Toba merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia dan termasuk danau vulkanik terbesar di dunia. Danau Toba menjadi salah satu destinasi tujuan wisata favorit yang patut untuk dikunjungi dan menjadi tempat yang harus dikunjungi oleh turis terutama turis dari mancanegara karena keindahan yang ada di sekitar danau Toba sungguh luar biasa indah dan kekayaan alam yang ada di danau Toba sangat melimpah. Selain itu, danau Toba juga menyimpan cerita legenda yang sangat terkenal. Sampai dengan saat ini, banyak wisatawan yang datang berkunjung ke danau Toba.

Baca juga : Sejarah Kota yogyakarta

3. Istana Maimun

Istana Maimun
Istana Maimun

Tempat wisata populer yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Medan yaitu Istana Maimun. Istana Maimun merupakan salah satu istana paling indah yang berada di Indonesia yang memiliki keunikan dari segi aksitektur  bangunan yang terdiri dari kombinasi dari berbagai unsur budaya seperti Islam, India, Melayu, Spanyol, dan Italia. Saat ini, kondisi bangunan dari Istana Maimun tersebut sangat baik termasuk juga barang-barang yang bernilai sejarah. Istana Maimun sendiri memiliki luas sekitar 2.772 meter dan memiliki 30 ruangan yang dapat dijelajahi oleh wisatawan yang datang berkunjung. Di dalam Istana Maimun ini tersimpan benda bersejarah yang konon katanya merupakan jelmaan putri Mambang Khayali yang memiliki wajah sangat cantik yang bersal dari Kerajaan Deli Tua. Benda tersebut dikenal Meriam Puntung.

Baca juga : Sejarah Kota Bandung

4. Penangkaran Buaya

Penangkaran Buaya
Penangkaran Buaya

Tempat wisata populer selanjutnya yang wajib dikunjungi yaitu Penangkaran Buaya Asam Kumbang yang terletak di Jalan Bunga Raya II No.54 Sunggal, Medan. Di tempat ini Anda dan keluarga akan disuguhkan berbagai ukuran buaya dengan jumlah sekitar 2.700 ekor mulai dari buaya yang baru menetas hingga buaya yang berusia tua. Tempat wisata ini menjadi pilihan yang wajib dikunjungi oleh pelajar-pelajar karena penangkaran buaya ini merupakan wisata edukatif yang memberikan keuntungan bagi pelajar yaitu mengetahui secara luas mengenai buaya tersebut. Selain itu, di sini Anda beserta keluarga dapat memberi makan buaya secara langsung yang biasanya dilakukan pada sore hari.

5. Tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie Mansion
Tjong A Fie Mansion

Tempat wisata di Medan selanjutnya yaitu Tjong A Fie Mansion yang merupakan sebuah museum yang awalnya adalah bangunan yang dibangun oleh saudagar kaya yang berasal dari suku Hakka di Tionghoa yang bernama Tjong A Fie pada tahun 1895 di zaman kolonial. Ketika wisatawan mengunjungi bangunan ini akan dibuat tercengang dengan arsitektur bangunan yang merupakan perpaduan unsur Cina Kuno, Melayu, dan Eropa. Bangunan ini memiliki luas 8.000 persegi dengan 35 ruangan dan menjadi museum terkenal di Medan.

Baca juga : Kuliner Asli Medan

6. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna
Air Terjun Dua Warna

Tempat wisata Air Terjun Dua Warna merupakan salah satu destinasi wisata di kota Meda yang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang terletak pada warna airnya. Warna air di tempat ini memiliki dua warna yaitu putih ke abu-abuan dan biru. Dua warna tersebut dapat terjadi karena kawasan Air Terjun tersebut mengandung fosfor dan belerang. Ciri unik lainnya yaitu pada bagian air yang berwarna biru lebih dingin dari pada bagian air yang berwarna putih ke abu-abuan.

Dengan ketinggian Air Terjun yang mencapai sekitar 1.270 meter di atas permukaan air laut, tempat wisata ini patut untuk dikunjungi karena keindahan yang dimiliki dapat menyegarkan pikiran dan melepas stress. Selain itu, Anda dapat berkemah di tempat ini.

7. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak
Gunung Sibayak

Gunung Sibayak ini merupakan salah satu destinasi wisata di kota Medan yang wajib dikunjungi bagi pecinta gunung. Gunung ini terletak di wilayah Langgat ini berjarak 77 km dari wilayah kota Medan. Di gunung Sibayak ini, anda dapat menikmati pemandangan yang terhampar luas di atas gunung tersebut termasuk pemandangan sunrise dan sunset.

Baca juga : kuliner asli bandung

8. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja
Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Tempat wisata ini berlokasi di Kabupaten Simalungun yang merupakan salah satu obyek wisata dengan menampilkan pemandangan lahan kawah yang berwarna biru muda. Selain itu, keindahan yang ada di tempat ini terletak pada batu kapur yang berwarna putih seperti salju yang dialiri air panas dimana air panas tersebut biasanya dapat digunakan untuk merebus telur. Di tempat ini juga menyediakan pemandian air belerang yang berlokasi di bawah tebing Kawah Putih.

Baca juga : Wisata Kota Bandung

9. Kampung Ladang

Kampung Ladang
Kampung Ladang

Tempat wisata selanjutnya yang patut untuk dikunjungi oleh wisatawan yaitu Kampung Ladang yang berlokasi di Tanjung Anom, Deli Serdang, Medan. Kampung Ladang merupakan tempat wisata yang menyediakan arena outbound yaang cocok untuk liburan keluarga karena di tempat ini juga terdapat beberapa pondok, tempat karaoke, kamar mandi, aula, kolam, dan masih banyak lagi. Di tempat ini, menyediakan fasilitas outbound seperti flying fox, mengendarai ATV, paintball, hingga mendayung sampan di Telaga. Perlu diketahui juga bahwa tempat wisata ini seringkali dijadikan tempat prewedding oleh calon pengantin yang akan melangsuungkan pernikahan karena Kampung Ladang ini terdapat tanaman berbagai macam bunga, ayunan buatan, serta pohon berar yang sangat mendukung untuk dijadikan lokasi foto .  

Baca juga : Wisata Kota Medan

10. Gedung London Sumatera

Gedung London Sumatera
Gedung London Sumatera

Destinasi wisata kota Medan selanjutnya yaitu Gedung London Sumatera yang merupakan salah satu gedung peninggalan Belanda yang didirikan pada tahun 1906 bertepatan dengan lahirnya Ratu Juliana yang masih kokoh berdiri sampai saat ini masih aktif digunakan. Gedung ini menyajikan pemandanga-pemandangan bergaya Eropa zaman dahulu sehingga ketika Anda menelusuri tempat ini, seolah-olah Anda akan merasakan kehidupan bergaya Eropa zaman dahulu.

Akan tetapi, saat ini Gedung London ini merupkan gedung perkantoran, sehingga apabila Anda berencana akan mengunjungi tempat ini sebaiknya saat weekend karena pada saat itu kantor sedang libur.

11. Kesawan Square

Kesawan Square
Kesawan Square

Jika Anda berkunjung ke Gedung London, jangan lupa mampir di kawasan Kesawan Square. Hal ini dikarenakan di Kesawan Square Anda dapat menemukan berbagai macam kafe yang memiliki desain instagramable yang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat terutama anak remaja. Saat Anda mengunjungi tempat ini, sebaiknya lakukan pada malam hari karena pada saat itu, Anda akan menemukan tenda-tenda yang didirikan berjejer-jejer yang menawarkan berbagai macam jenis makanan mulai dari yang halal sampai dengan nonhalal. Tenda yang menjual makanan halal ditandai dengan warna biru, dan non halal warna merah.

Baca juga : Wisata Candi Jogja

12. Pasar Belawan

Pasar Belawan
Pasar Belawan

Bagi Anda termasuk orang yang gemar mengkoleksi barang-barang antik, Anda wajib mengunjungi tempat ini ketika sedang berada di Medan. Pasar yang bernama Pasar Belawan merupakan salah satu pusat penjualan berbagai macam kerajinan dari keramik yang terkenal di Medan. Pasar yang berlokasi diantara Jalan Veteran dan Jalan Simalungun ini selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung, mulai dari wisatawan hingga warga sekitar akan berbondong-bondong datang ke pasar ini meskipun hanya sekedar cuci mata. Di pasar ini Anda akan menemukan berbagai macam kerajinan keramik yang sangat cantik, unik, dan berkualitas bagus dengan bentuk yang berbeda-beda hingga harganya pun sesuai kantong. Selain kerajinan keramik, di pasar ini Anda akan menemukan berbagai macam toko pakaian, tas, parfum, sepatu, makanan, dan sebagainya.

Nah, itulah ulasan terkait 12 tempat wisata di Kota Medan yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Wajib untuk diingat, sebelum Anda berencana untuk liburan atau traveling ke wilayah Sumatera terutama di Kota Medan, sebaiknya Anda menentukan tempat mana saja yang akan dikunjungi. Hal itu dilakukan untuk menghindari kebingungan yang mungkin saja akan Anda rasakan ketika datang ke Medan tetapi tidak tahu ingin kemana. Untuk itu, dengan adanya  artikel ini mungkin saja dapat berguna ketika Anda bingung saat memilih destinasi tempat wisata yang akan dikunjungi. Semoga bermanfaat!

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close