digital marketing

Tips Belajar Internet Marketing bagi Pemula

Novriadi.comTips Belajar Internet Marketing – Perkembangan dunia teknologi internet semakin hari semakin bertambah pesat sehingga dapat membawa banyak sekali manfaat dan keuntungan dalam berbagai aspek kehidupan. Hal ini dikarenakan hampir semua orang saat ini bergantung dengan teknologi yang lebih memudahkan kehidupan mereka. Banyak dari para pebisnis maupun pedagang beralih ke media online untuk mempromosikan produknya. Dalam internet marketing  diperlukan teknik khusus agar mampu closing atau mengalami penjualan. Salah satunya adalah memahami perkembangan teknologi digital sehingga akan memudahkan anda mengenali calon pembeli produk atau jasa anda.

Proses pengenalan calon pembeli tidak cukup sehari dua hari harus diperlukan beberapa hari dalam mengenali calon pembeli produk atau jasa anda. Untuk menjadi internet marketing expert  diperlukan tips belajar yang tepat dalam memahami internet marketing dan anda wajib untuk mempratekannya. Hal ini akan percuma jika anda tidak mempraktekan tips tersebut sehingga anda tidak menghasilkan penjualan produk atau jasa anda. Tips belajar internet marketing  bagi pemula ini sangat bermanfaat bagi anda yang masih awam di dunia internet marketing.

Sebelum kita membahas terkait tips belajar internet marketing bagi pemula maka sebaiknya kita pahami terlebih dahulu terkait pengertian dari internet marketing. Intenet Marketing saat ini mulai booming dikalangan kaum milenial mulai tahun 2016 yang lalu smapai sekarang. Nah arti dari Internet Marketing sendiri itu apa sih? Secara gambaran singkat Internet Marketing merupakan metode pemasaran suatu produk dalam internet. Nah itu gambaran singkat saja atau intinya saja.

Tips Belajar Internet Marketing

Internet Marketing sendiri biasanya dilakukan olah seorang baik itu seorang webmaster atau siapa saja yang memasarkan barang ataupun jasa mereka di Internet dengan target pasar tertentu yang sudah dimiliki oleh pemilik bisnis brang atau pun jasa tersebut.

Baca juga : Tips Menggali Ide Kreatif

Pelaku pekerjaan di bidang internet marketing ini juga sering dissbut juga dengan sebutan : Internet Marketer (Imers/IM), E-Marketer, digital marketer, online marketer.

Tips Belajar Internet Marketing

Lingkungan pemasaran Internet yang sering dan selalu dipakai oleh para internet marketing adalah sebagai berikut

  1. Sosial Media atau Sosmed seperti Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat, dsb)
  2. Mesin pencari (Google, Bing, Safari, yahoo, Yandex, dsb)
  3. Marketplace (Bukalapak, Lazada, elevenia, Tokopedia, Shopee, Zalora, Olx, dsb)
  4. Email Marketing (gmail, yahoo. Dsb)
  5. Vidoe marketing (youtube, dailymotion, vidio,com, dsb)
  6. Forum Jual beli Online
  7. Dan masih banyak lagi kurang lebih 6 diatas sering digunakan bagi para pelaku bisnis yang memasarkan produknya melalui internet

Tentu sebagai pemula, atau yang biasa disebut newbie di dunia Intenet Marketing, apalagi jika anda seorang pebisnis  yang harus anda ketauhi adalah Ruang lingkup untuk melakukan pemasaran di dunia online itu sendiri. Bagaimana cara memasarkannya? Serta dimana anda akan memasarkan sebuah produk atau jasa yang kamu miliki agar mendapatkan penjualan yang sesuai dengan apa yang anda harapkan sebelumnya. Jadi sebelum melakukan promosi di berbagai media saran saya untuk melakukan split tes atau tes ukur terlebih dulu, apakah produk atau jasa yang anda tawarkan ke publik bisa di terima dan mendapakan respon positif dari masyarakat yang sudah menjadi target market anda sebelumnya.

Baca juga : Strategi Marketing Bisnis Online

Pada artikel ini akan membahas, bagaimana seorang internet marketing yang mahir dari segi skill yang dikuasai. Namun hal tersebut tak mudah tapi bukan berarti menjadi tak bisa dipelajari, butuh ketelatenan khusus dan konsistensi dalam belajar. Anda hanya membutuhkan internet yang cukup mendukung kegiatan anda sebagai internet marketing. Banyak hal yang yang sering dihadapi oleh internet marketer dalam menentukan produk dan riset kompetitor yang benar dan kebanyakan dari mereka tidak tau caranya dengan benar. Nah hal ini akan saya bahs lebih lanjut di artikel ini. Jika anda saat ini bingung menjadi internet marketer yang handal anda bisa membaca artike ini dengan seksama. Berikut tips belajar internet marketing  bagi pemula, antara lain:

Lakukan riset produk

Tips Belajar Internet Marketing
riset produk

Riset produk perlu dilakukan itu adalah kunci utama dari  bermain internet marketer itu sendiri. Yang sedang dibicarakan adalah bisnis online yang harus mengutamkan keinginan pasar bukan keinginan pribadi. Jadi jika anda menjual produk yang sedang tren atau pun hits sekalipun dan sedang dibutuhkan banyak orang anda akan mendapatkan keuntungan besar. Untuk mereiset produk itu sendiri adalah, misalnya anda melihat marketplace besar dengan produk best sellernya. Coba anda jualkan dan naikkan sedikit harganya, atau anda mungkin bisa mencari di google trend dengan mengetikkan produk apa yang sedang anda jual, tapi pastikan anda sudah login menggunakan gmail yaa. Lalu jika sudah amati grafiknya dari kata pencarian yang anda sudah masukkan.

Lakukan riset persaingan itu penting

Tips Belajar Internet Marketing
riset persaingan

Setelah produk didapatkan, langkah selanjutnya adalah melakukan riset persaingan di pasar untuk mengetahui saingan anda. Riset ini nantinya anda akan mendapatkan gambaran terhadap lawan bisnis, sehingga paling tidak. Anda bisa mengimbangi nya atau memenang kan persaingan tersebut dengan competitor anda. Cara yang paling mudah melihat persaingan bisnis yaa ada di marketplace atau e commerce Indonesia untuk penentuan anda juga bisa melihat di marketplace denagn menentukan harga yg lebih rendah dari harga di pasaran yang biasanya dijual. Cara ini bisa mendapatkan profit yang besar. Dan para pembeli akan beralih membeli produk yang anda jual.

Baca juga : Bisnis Tanpa Modal

Buat strategi marketing

Tips Belajar Internet Marketing
strategi marketing

Lakukan strategi bagaimana dan dimana akan melakukan promosi produk anda di dunia online ini anda bisa melakukan promosi di platform media social seperti facebook, instagram, anda bisa promosi lewat update status atau beriklan di FB ataupun Instagram. Beriklan di FB terbilang cukup efektif  karna kita bisa mentargetkan pembeli secara spesifik akan tetapi anda harus spend biaya usa ntuk inkaln di FB ads dimulai dari 10 ribu per iklan  Strategi marketing ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan customer  sehingga omzet penjualan anda meningkat. Pemilihan tempat beriklan juga berpengaruh terhadap jumlah penjualan anda. Hal ini dikarenakna jumlah penggunan facebook berberda dengan jumlah pengguna instagram. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap target market  anda. Diaman semakin besar target market  maka semakin berpotensi terjadinya permintaan dan penawaran produk atau jasa anda.

Baca juga : Investasi Saham Pemula

Jika anda tak mau beriklan di media social atau produk anda tidak concern di kalangan pengguna media social anda bisa membuat website dan melakukan teknik marketing SEO agar produk anda atau  website anda menjadi pencarian nomer satu google. Akan tetapi SEO ini persaingannya cukup banyak anda juga harus lihai untuk bermain di SEO kalo bisa anda isi dengan konten marketing yang mendukung bisnis anda karna marketing itu raja. Di era ini banyak orang dijuali dengan cara diedukasi dulu untuk menarik simpati mereka. Sekian pembahasan artikel tentang tips internet marketing bagi pemula. Semoga artikelnya bermanfaat yaa.

Tags

Novriadi

Hallo, perkenalkan Colab Squad dan situs ini merupakan milik Gabungan, Kami juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang didapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs kamiini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close