bisnisInspirasi HidupTren Bisnis

Tips Bob Sadino Agar Bisnis Mendatangkan Untung Besar

Bisnis itu cuma modal dengkul. Malah kalau kamu tidak punya dengkul, dapat pinjam punya orang lain,” demikian kalimat yang pernah disampaikan pengusaha sukses yang selalu berpakaian eksentrik, almarhum Bob Sadino, guna menegaskan bahwa untuk membangun Bisnis yang untung besar tidak harus bermodal besar.

Pengusaha yang memiliki nama asli Bambang Mustari Sadino ini tidak hanya menebar kata-kata mutiara saja tapi juga mempraktikkannya langsung karena  Om Bob mengawali bisnis dari nol sebelum akhirnya memiliki perusahaan raksasa.

Ingin tahu nasihat Bob Sadino tentang bagaimana menciptakan bisnis yang untung besar? Berikut beberapa tips dari legenda bisnis ini.

Pilih Bisnis Sesuai Kemampuan

Usaha yang untung besar adalah yang tidak meniru orang lain, melainkan memilih sektor usaha yang sesuai dengan kemampuan. Dengan memilih usaha yang sesuai kemampuan membuat Anda tidak perlu belajar dari dasar sehingga dapat menghemat waktu.

Baca ini juga;

  1. Bisnis petshop yang menjanjikan
  2. Bisnis Catering Rumahan
  3. Peluang Usaha Cucian Mobil Dan Motor

Berbeda jika hanya meniru usaha orang lain sementara pengetahuan Anda tentang usaha yang akan digeluti masih nol. Anda masih harus mengumpulkan berbagai literatur untuk mempelajari sektor usaha tersebut, masih harus melakukan riset tentang keunggulan dan kekurangan dari produk, masih harus mempelajari pangsa pasar dan sebagainya.

Tips Bob Sadino Agar Bisnis Mendatangkan Untung Besar
Tips Bob Sadino Agar Bisnis Mendatangkan Untung Besar

Perkenalkan Bisnis Anda ke Teman-teman

Untuk membangun usaha yang untung besar, perkenalkan bisnis yang akan Anda rintis ke teman-teman. Kenapa harus teman-teman yang mengetahui rencana bisnis terlebih dahulu? Karena kalau teman-teman mengetahui Anda akan membuka bisnis baru, kemungkinannya ada dua: pertama dia bisa menjadi calon customer, kedua dia bisa menjadi mitra bisnis.

Jangan lupa, keberhasilan bisnis erat kaitannya dengan networking alias jaringan bisnis. Jika teman-teman tertarik untuk menjadi mitra bisnis, maka secara tidak langsung Anda sudah membangun networking.

Pelajari Ilmu Komunikasi Pemasaran

Penguasaan akan ilmu komunikasi pemasaran akan sangat membantu dalam menciptakan usaha yang untung besar, karena Anda tidak perlu menyewa pihak ketiga alias agency atau konsultan dalam merancang strategi promosi dan melakukan berbagai aktivitas marketing.

Dengan tidak melibatkan pihak ketiga artinya Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar mereka, karena semurah-murahnya jasa konsultan, jauh lebih murah jika strategi promosi dan aktivitas marketing dilakukan sendiri.

Buat Perencanaan dengan Mempertimbangkan Skala Prioritas

Planning dalam bisnis menjadi satu keharusan untuk usaha yang untung besar terlebih menyangkut proyek yang membutuhkan anggaran biaya, selain planning juga harus dibuatkan skala porioritas agar segala aktivitas perusahaan dapat terkontrol.

Usaha-yang-untung-besar-Bon-Sadino-terbaru
Usaha-yang-untung-besar-Bon-Sadino-terbaru

Jika tidak dibuatkan skala prioritas, besar kemungkinan kondisi keuangan menjadi berantakan, contohnya karena aktivitas promosi yang tidak terkontrol, terjadi pembengkakan anggaran, sehingga aktivitas promosi yang dilakukan tidak menghasilkan returns yang signifikan.

Ajak Saudara dan Teman Berinvestasi

Sebelum melibatkan pihak perbankan dari sisi permodalan, usahakan terlebih dahulu mengajak saudara dan teman untuk berinvestasi terhadap bisnis yang akan Anda bangun. Dengan mengajak saudara dan teman berinvestasi, manakala  usaha yang untung besar tersebut berjalan sesuai dengan harapan, maka Anda dapat membagi keuntungan tersebut kepada orang-orang yang dekat dengan Anda.

Baca ini juga;

  1. Membangun Sistem Manajemen Bisnis
  2. Beberapa jenis bisnis menguntungkan tanpa modal

Selain itu, melibatkan saudara dan teman dalam berbisnis dapat sekaligus membangun jaringan dan memperluas konsumen, karena dengan sendirinya mereka akan ikut mempromosikan usaha Anda. Jika ternyata bisnis tersebut berkembang semakin baik dan butuh investasi yang lebih besar lagi dalam pengembangannya, saudara dan teman tersebut tidak akan ragu-ragu lagi untuk menyuntikkan dana dalam jumlah yang lebih besar.

Demikian beberapa tips dari Bob Sadino untuk menciptakan usaha yang untung besar. Bob Sadino(*)

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close