bisnis

Tips Kelola Keuangan Bisnis Saat Pandemi Covid-19

Tips kelola keuangan bisnis saat pandemi seperti ini perlu diperhatikan. Banyak dari perusahaan yang mengalami collaps atau bangkrut saat di masa pandemi seperti ini. Bahkan perusahaan besar yang menjual jasa inapan pun ikut bangkrut. Tidak hanya perusahaan yang terkena dampaknya. Para pekerja pun juga demikian. Terlebih lagi pekerja dibidang event organizer dan pariwisata.

Baca Juga : 8 Khasiat Tanaman Herbal Dipercaya Tangkal Corona

Tidak hanya perusahaan, namun kita yang bekerja dan mendapatkan gaji bulanan pun juga suatu saat bisa collaps atau tidak bisa lagi menghidupi diri dan keluarga. Lebih kasihan lagi mereka yang bekerja pekerjaan kasar dengan upah harian. Maka dari itu, penting untuk anda mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan bisnis yang benar agar bisnis anda tidak kehabisan modal dan bangkrut.

kelola keuangan bisnis saat pandemi Evaluasi Sumber Penghasilan

Kelola Keuangan Bisnis Saat Pandemi

Cara kelola keuangan bisnis saat pandemi yang pertama ialah anda harus mengevaluasi sumber penghasilan. Bila biasanya anda mendapatkan penghasilan 100% dari pelanggan, maka dengan adanya pandemi seperti ini pasti bisa berkurang sedikit atau drastis bahkan drastis. Nah anda harus mengevaluasi hal tersebut.

Setelah mengevaluasi sumber pendapatan, evaluasilah pengeluaran. Sebisa mungkin tekan pengeluaran anda agar masih bisa memberikan gaji kepada karyawan. Jangan sampai anda kehabisan modal karena pengeluaran yang tidak terkontrol. Bila anda bisnis di bidang makanan, cobalah cari bahan dasar lain yang harganya lebih murah namun kulitasnya juga mirip.

Berikan Diskon Kepada Pelanggan

Diskon juga penting untuk kelola keuangan bisnis saat pandemi seperti ini. Tenang saja, diskon tidak akan membuat anda merugi kok. Dengan perencanaan yang pas dan matang, diskon bisa membawakan keuntungan untuk bisnis anda. Pada nalurinya manusia akan tergiur dengan iming – iming diskon dan juga promo bundle. Nah anda bisa memanfaatkan hal itu untuk menambah profit dalam bisnis anda.

Jangan lupakan sistem pemasaran yang bagus. Anda harus menentukan kata kata menarik agar bisa mengambil perhatian pelanggan. Jangan sampai diskon yang anda berikan tidak dilirik dan akhirnya sia – sia. Rencanakan dengan baik bersama bisnis advisor pilihan anda. Libatkan juga orang – orang terdekat yang bisa memberik masukan atau bantuan bisnis kepada anda.

Perhatikan Hutang Dagang

Cara kelola keuangan bisnis saat pandemi selanjutnya ialah anda harus memperhatikan waktu tenggat piutang dagang. Bila hal ini lewat dari perhatian anda, maka semuanya bisa menjadi kacau dan bisnis anda akan gulung tikar. Lakukan pembayaran secara rutin atau minimal H-1 sebelum waktu tenggat. Pisahkan uang untuk membayar hutang sendiri. Dikhawatirkan terpakai untuk keperluan lain bila uangnya tercampur.

Perhatikan juga vendor bisnis anda. Jika mereka memberikan diskon atau keringanan dalam mebayar utang piutang, maka anda bisa melegakan hati dan pikiran. Di saat pandemi seperti ini, sesama penjual dan pebisnis pastinya memberikan keringanan kepada pembeli karena memahami situasi yang dirasakan bersama. Jadi anda tidak perlu terlalu khawatir tentang hal ini namun juga tetap harus memperhatikan yaa.

Baca Juga : 10 Top Universitas Terbaik Indonesia Yang Patut Diketahui

Itulah 3 tips sederhana kelola keuangan bisnis saat pandemi. Semoga bisa menjadi contoh yang akurat  bagi anda yang sedang berjuang dengan bisnisnya. Sekarang memang menjadi masa sulit bagi semua orang. Ada beberapa yang bisa bertahan, namun juga ada yang tidak mampu. Anda harus bisa bertahan dengan apapun caranya.

Bila anda bisa bertahan di masa sulit seperti ini, maka kelak bisnis anda akan semakin berkembang dan bisa melewati masa sulit lainnya.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close