umum

Tips Memilih Mainan Anak 1 Tahun dan Contohnya

Mainan Anak 1 Tahun

Apakah Anda sedang mencari mainan anak 1 tahun yang terbaik dan sesuai? Sebagai orangtua, kita harus paham bahwa mainan adalah elemen yang penting dalam tumbuh kembang anak. Namun, kita juga tidak bisa asal memilih. Mainan yang kita berikan harus sesuai dengan perkembangan otaknya, menyenangkan, dan aman untuk dimainkan. Untuk itu, nantinya akan kami berikan juga contoh mainan apa saja yang sesuai untuk anak usia 1 tahun.

Mengapa mainan penting untuk anak?

Bermain memang merupakan satu-satunya kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak kecil. Tapi tahukah Anda? Dalam bermain, sebenarnya anak sedang berada pada proses perkembangan kognitif, sosial, emosional, maupun bahasa. Korteks prefrontal atau pusat kendali otak menjadi lebih besar dan lebih cepat.

Tahap tersebut akan mempersiapkan otak muda untuk kehidupan, afeksi, dan bahkan pekerjaan sekolah. Oleh karena itu, aktivitas bermain tidak boleh disepelekan, terutama kita sebagai orang tua. Selama bermain, kita juga harus memberi pendampingan dan mengerti akan kebutuhannya.

Baca juga : Pendidikan Ekonomi Jurusan dengan Peluang Tinggi

Kriteria mainan seperti apa yang sesuai untuk anak usia 1 tahun?

Mainan anak 1 tahun tentunya akan berbeda dengan mainan untuk anak yang lebih kecil ataupun lebih dewasa. Pada usia 1 tahun, mainan yang terbaik adalah mainan yang bisa menstimulasi indera yang mulai berkembang. Misalnya, mainan tersebut memiliki warna yang cerah dan mencolok, memiliki ragam bentuk seperti huruf, hewan, atau karakter kartun tertentu, atau bisa mengeluarkan musik.

Namun ada hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memilih mainan anak 1 tahun. Yaitu dari aspek keamanan. Pastikan mainan yang Anda pilih tidak terdiri dari bagian-bagian kecil yang bisa tertelan oleh anak dan menyebabkan tersedak atau tersumbat. Mainan yang berkualitas, akan mencantumkan SNI sesuai dengan usia anak yang boleh memainkannya.

Baca Juga : Tips Belajar dirumah yang Menyenangkan dan Efektif

Apa saja contoh mainan anak 1 tahun?

Berikut ini adalah contoh jenis mainan anak 1 tahun yang bisa Anda berikan, tidak hanya membantu perkembangan otaknya, namun juga aman untuk dimainkan:

1. Mainan yang mengenalkan bentuk, warna, hingga huruf

Biasanya, permainan jenis ini dimainkan dengan cara mengelompokkan bentuk atau warna tertentu. Dengan permainan seperti ini, fungsi kognitif anak akan terlatih, mulai dari konstruksi proses berpikir, mengingat, memecahkan masalah, hingga mengambil keputusan.

2. Mainan alat musik

Selain menghibur, mainan yang bisa mengeluarkan suara akan melatih indera, khususnya pendengaran. Permainan seperti ini akan memungkinkan anak untuk mengenali nada, dan keras-pelannya bunyi ketika dipukul secara pelan atau keras. Siapa tahu, anak akan tertarik untuk bermain musik saat sudah dewasa karena sudah terbiasa membedakan nada sejak kecil.

3. Mainan dengan gerakan fisik

Contohnya adalah bermain bola plastik, bowling, memancing, ataupun bersepeda. Dengan permainan ini, anak akan bisa mengembangkan aspek motoriknya dan koordinasi antar bagian tubuh seperti kaki, tangan, dan mata.

4. Mainan miniatur

Contohnya seperti mainan dengan bentuk truk atau mobil-mobilan yang bisa ditarik. Mainan jenis ini juga bisa mendorong anak untuk menggerakkannya dengan tangan atau kaki. Namun mainan tersebut tetap harus aman dimainkan dan tidak tersusun dari bagian-bagian yang terlalu kecil.

Demikian tadi ulasan tentang mainan anak 1 tahun yang bisa menjadi referensi Anda. Tentunya, sebagai orangtua, perkembangan anak adalah yang nomor satu. Dengan memperhatikan poin-poin di atas, semoga Anda bisa memberikan mainan yang terbaik untuk anak dan memberikan dampak positif dalam jangka panjang di masa depan.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close