Kesehatan

Tips Memilih Skincare Terbaik untuk Kulit Anda

Dengan banyaknya produk-produk skincare yang beredar di pasaran saat ini, mengetahui tips memilih skincare yang tepat untuk kulit Anda adalah hal yang sangat esensial. Sebab, semua perusahaan skincare maupun para influencernya pastilah akan mengklaim bahwa produknya adalah yang terbaik, yang paling memutihkan, yang paling melembabkan, dan yang lain-lain.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Channel Youtube untuk Pengembangan Diri

Padahal, skincare adalah sesuatu yang sangat personal, tergantung pada karakter kulit kita. Salah memilih skincare, bisa-bisa menimbulkan efek tertentu baik dalam waktu cepat atau jangka yang lebih panjang. Bagi beberapa orang, ketidakcocokan skincare justru bisa menimbulkan masalah kulit, seperti jerawat yang lebih parah, ruam, maupun alergi. Tips memilih skincare di bawah ini akan membantu Anda untuk mencegah hal tersebut.

1. Ketahui Tipe Kulit Anda

tips memilih skincare

Tipe kulit adalah faktor terpenting yang menentukan produk skincare apa yang terbaik untuk Anda. Pada dasarnya, tidak ada produk yang jelek. Hanya saja, beberapa orang memilih produk yang salah untuk tipe kulit mereka. Menurut Dr. Michele Green, MD seorang cosmetic dermatologist, kulit yang berminyak akan lebih cocok dengan produk yang mengandung aplpha hydroxy acids, benzoyil peroxide, dan hyaluronic acid.

Bahan-bahan tersebut efektif untuk mengontrol produksi sebum yang berlebih. Sementara itu, hyaluronic acid akan menghidrasi area-area yang diperlukan. Untuk kulit kering, disarankan untuk menggunakan produk yang mengandung shea butter dan lactic acid untuk menghidrasi dan eksfoliasi untuk menjaga kulit kering agar tetap berseri. Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, produk berbahan aloe vera, oatmeal, dan shea butter adalah mosturizer yang bagus.

2. Jangan Hanya Sekadar Ikutan Tren

Kemasan yang menarik dan popularitas dari sebuah produk skincare seringkali menjebak pengguna awam. Seringkali kita juga lebih mendengarkan rekomendasi dari teman atau influencer dengan ratusan ribu pengikut. Padahal, yang lebih perlu kita perhatikan bukanlah hasil akhir setelah mereka menggunakan skincare tersebut, melainkan seperti apa tipe kulit mereka pada mulanya.

3. Sadari bahwa Produk Natural Belum tentu Lebih Baik

Bahan-bahan alami yang sering dicantumkan dalam produk-produk skincare, pada kenyataannya tidak menjamin itu terbaik untuk Anda. Bahkan, ada beberapa orang yang memiliki reaksi buruk terhadap minyak alami atau natural oil yang ada di dalam produk. Penggunaan istilah organik, alami, atau natural, bisa jadi adalah trik marketing semata.

Sekali lagi, tips memilih skincare terbaik adalah dengan mengetahui kebutuhan Anda sendiri karena setiap orang memiliki tipe kulit yang unik.

4. Lakukan patch test

Patch test adalah menguji produk skincare yang ingin Anda gunakan tersebut ke kulit untuk melihat apakah bahan-bahan di dalamnya menyebabkan reaksi alergi, membuat kulit iritasi, atau menyumbat pori-pori. Anda bisa meminta dan menggunakan tester dari produk yang ingin dicoba. Hal ini penting agar Anda tidak menyesal di kemudian hari karena sudah membuang uang dan merusak kulit Anda.

5. Hindari Bahan-Bahan Berikut

Tips memilih skincare yang berikutnya adalah mewaspadai beberapa bahan yang memiliki potensi untuk menimbulkan reaksi negatif pada kulit. Bahan tersebut misalnya adalah parfum atau fragrance, yang dapat memicu iritasi pada kulit sensitif. Bahan sulfat juga dapat menghilangkan minyak alami pada kulit dan menyebabkan iritasi. Selain itu ada juga parabens dan formaldehyde yang perlu dihindari.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Game Android Offline Terpopuler

Nah, itu tadi adalah beberapa tips memilih skincare yang terbaik. Anda bisa membaca ingredients dari produk skincare dan mencari referensi tentang bahan tersebut untuk menentukannya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close