Teknologiumum

Whatsapp Membuat Komunikasi Lebih Mudah Dan Cepat

Munculnya jejaring sosial kini orang-orang di berbagai sudut dunia bisa kemudian salin terhubung satu sama yang lainnya. Adapun salah satu dari media sosial paling populer saat ini adalah WhatsApp. Nah, pada artikel ini, saya akan menjelaskan tentang pengertian, sejarah, fungsi dan manfaatnya, kelebihan dan kekurangan WhatsApp.

Menurut peringkat jejaring sosial yang ada dalam kategori Internet dan Telekomunikasi, Jejaring sosial sendiri dibuat pada Web Serupa tertanggal 1 Januari 2019, WhatsApp sendiri saat ini telah menempati peringkat kedelapan. Sementara itu pada Global Rank, WhatsApp telah menduduki peringkat yang ke 30.

WhatsApp atau wa telah bertindak atas nama aplikasi pesan online yang sampai dengan saat ini telah banyak digunakan untuk berbagai hal, seperti halnya sebuah obrolan pribadi, seminar online, komunitas, dll. Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai pemahaman mendalam aplikasi WhatsApp, bisa anda lihat informasi yang ada di bawah ini

Whatsapp  Membuat Komunikasi Lebih Mudah
Whatsapp Membuat Komunikasi Lebih Mudah Ilustrasi Gambar republika.co.id

Pengertian WhatsApp massenger

WhatsApp Messenger atau WhatsApp merupakan sebuah aplikasi pengiriman pesan instan dan multiplatform di ponsel pintar yang memungkinkan penggunanya untuk dapat berkirim dan menerima sebuah pesan sebagai SMS tanpa menggunakan kredit, tetapi koneksi Internet. WhatsApp memiliki basis yang sangat mirip dengan BlackBerry Messenger.

WhatsApp sendiri telah diluncurkan per tanggal Januari 2009. Namun, di tahun 2014, WhatsApp telah resmi sebagai kepemilikan Facebook setelah melalui berbagai proses akuisisi selama kurang lebih 8 bulan. Pada aplikasi sekelas WA atau WhatsApp, Anda dapat mengirim teks, audio, foto, file, dan gambar ke pengguna yang lainnya, sebuah panggilan, panggilan video, dan menulis sebuah cerita.

Mempergunakan WhatsApp, Anda akan cukup dalam mendaftar mempergunakan nomor ponsel Anda. WhatsApp sendiri sampai dengan saat ini bisa berjalan di berbagai platform, seperti halnya platform Android, BlackBerry OS, BlackBerry 10, iOS, Seri 40, Windows Phone, Symbian, dan Web (wa web).

Sejarah whatsapp massenger

WhatsApp Inc. sendiri telah berdiri pada tanggal 24 Februari 2009 di Mountain View, California, Amerika Serikat oleh Brian Acton dan Jan Koum, yang dulu bekerja sebagai Yahoo! Setelah mereka meninggalkan Yahoo! Pada bulan September 2007, mereka pergi ke Amerika Selatan untuk dapat sedikit menenangkan diri dan setelah itu mereka meminta Facebook, tetapi mereka ditolak.

Saat ini sendiri telah begitu banyak penggunanya yaitu hingga mencapai sekitar 1,5 miliar di dunia, tentu memiliki banyak keuntungan. Keunggulan ini membuat orang Indonesia menggunakan WhatsApp. Jadi, apa alasan mengapa Indonesia lebih suka menggunakan WhatsApp jika dibandingkan dengan aplikasi chat yang lainnya? Karena itu, penulis akan menuliskan beberapa ulasan, beberapa keuntungan atau alasan untuk mempergunakan aplikasi WhatsApp desktop atau whatsapp web.

Whatsapp Membuat Komunikasi Lebih Mudah Dan Cepat

10 kelebihan atau keunggulan-keunggulan sekaligus alasan untuk anda mempergunakan WhatsApp

  • Antarmuka sederhana, mudah dimengerti dan menyimpan data dari Internet

Siapa pun yang pertama kali mempergunakan aplikasi WhatsApp atau wa, pasti anda akan bisa mempergunakan dengan sangat baik. Baik orang tua ataupun untuk anak-anak. Karena, aplikasi ini mempunyai antarmuka yang sederhana dan sangat mudah dimengerti. Ini adalah faktor paling penting untuk menggunakan WhatsApp.

Saat ini aplikasi WA atau WhatsApp tidak load dengan banyak media (video, gambar, dll.) kecuali memang anda sedang mengunduh sehingga terlihat sangat ringan, menghemat baterai dan dapat menyimpan data Anda dari Internet menjadi lebih hemat lagi. Karena aplikasi WhatsApp massenger sangat sederhana tidak seperti aplikasi chat yang lain-lain.

  • Ubah SMS praktis

Meskipun pada dasarnya semua aplikasi obrolan/chat memiliki fungsi untuk menggantikan peran SMS, WhatsApp memiliki nilai lebih. Nilai tambahnya adalah kita tidak perlu repot mencari ID maupun PIN kontak, yang nantinya dapat memakan waktu yang cukup lama. Lihatlah aplikasi lain yang pengguna sering menggunakan pengidentifikasi (ID) yang aneh-aneh, di WhatsApp tidak mempergunakan hal tersebut, mengapa? Karena kontaknya yang sudah menyesuaikan dengan kontak yang terdapat pada ponsel anda. Untuk WhatsApp, cukup ketikkan nama yang tersimpan berada pada daftar kontak, maka kontak tersebut akan sangat mudah untuk anda temukan.

  • Disinkronkan dengan nomor dalam kontak telepon / ponsel

Lanjut dengan kembali ke poin sebelumnya, kontak yang ada di ponsel setelah itu dapat disinkronkan langsung dengan kontak WhatsApp. Ini, tentu saja, jika kontak tersebut juga memiliki sebuah akun WhatsApp. Tentunya dengan adanya sinkronisasi seperti ini maka akan sangat mudah bagi anda untuk bertukar nomor telepon dengan orang lain. Karena sistem WhatsApp tersebut nantinya akan secara otomatis memasukkan nomor telepon orang itu pada daftar kontak WhatsApp yang ada.

  • Aplikasi whatsapp tidak makan banyak sekali RAM

Jika ini memang sudah tidak diragukan lagi. Whatsapp memerlukan RAM dalam jumlah besar, sehingga sangat jarang aplikasi ini mengalami kondisi crash atau macet. Aplikasi satu ini bahkan dapat diinstal pada ponsel dengan Android GinggerBeard dan hanya 256 MB RAM. Tentunya ini akan sangat menarik bukan?

  • Gratis dan tanpa iklan.

Ini adalah salah satu alasan mengapa banyak orang mungkin merasa ketika mereka sudah memutuskan untuk menggunakan Whatsapp. Fitur-fiturnya yang ada ini semuanya gratis karena fitur-fiturnya tidak terlalu banyak. Tidak seperti aplikasi obrolan/chat yang lain dimana kita harus membayar untuk membuka sebuah fitur yang ada pada wa web atau mobile.

  • Privasi dilindungi, aman dari pembajakan

Anda bisa melakukan pengaturan privasi yang ada pada akun WhatsApp anda. Dari status privasi, foto profil, bahkan sampai dengan status terakhir anda lihat. Selain itu, akun anda juga nantinya akan aman dari ancaman pembajakan, karena terdapat sebuah fitur enkripsi end-to-end. Ketika mereka dienkripsi dari end-to-end, pesan, foto, video, dokumen, pesan suara, pembaruan status dan panggilan Anda dilindungi dari kemungkinan jatuh pada ranah yang salah. Intinya hanya di antara kita beserta dengan orang-orang yang terhubung dengan kita yang bisa melakukan akses hal-hal yang ada di dalamnya

  • Panggil video yang lebih stabil

Jika fungsi panggilan video seperti ini telah menjadi fitur umum yang ada di aplikasi chatting/obrolan serupa. Kualitasnya akan tidak jauh berbeda pastinya, tetapi jika dibandingkan dengan panggilan video milik aplikasi yang serupa yang tersendat-sendat dan tidak jelas, WhatsApp tentu lebih baik bahkan jika dipergunakan dalam jaringan 3G.

  • Tidak ada sarana untuk ‘kepo’ ataupun ‘stalking’

Ini juga disebut aplikasi chat/obrolan, pasti penggunaan utamanya adalah chat/obrolan. Meskipun fungsi telah diperbarui untuk “status”. Namun, fitur ini tidak digunakan sebagai acara untuk ada di antara pengguna WhatsApp lainnya. Tidak seperti aplikasi obrolan lain yang memiliki feed atau timeline sendiri untuk pembaruan status dan interaksi dalam timeline antara pengguna.

Baca : Cara Mudah Menggunakan Whatsapp

Di atas adalah beberapa informasi mengenai beberapa keuntungan atau alasan untuk anda harus mulai mempergunakan aplikasi chat Whatsapp messenger atau whatsapp web. Nah selanjutnya anda dapat membandingkannya sendiri dengan penggunaan pada aplikasi-aplikasi yang lainnya, terima kasih.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close