wisata

√ 10 Destinasi Wisata Alam di Sumatera Selatan yang Populer

Sumatera Selatan menyimpan banyak keindahan alam yang tidak kalah eksotisnya dengan daerah lain. Seperti ada gunung, bukit, air terjun, danau dan sebagainya. Hanya saja, lokasinya tidak semua berada di kotanya namun ada juga yang di luar Kota Palembang.

Untuk mengetahui apa saja wisata alam tersebut, berikut ini 10 Destinasi Wisata Alam di Sumatera Selatan yang Populer.

1. Air Terjun Bedegung

Air Terjun Bedegung

Walau harus menempuh jarak 5-7 jam perjalanan untuk mencapai objek wisata tersebut, namun hal itu akan terbayar dengan pesona keindahan alam yang membuat mata takjub untuk memandang, dan meninggalkan penatnya kehidupan perkotaan.

Ketinggian air terjun Bedegung bisa mencapai 99 meter, dan berlokasi di Desa Bedegung, Kelurahan Tanjung Agung, Muara Enim. Air terjun ini merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia.

Sepanjang rute menuju Air Terjun Bedegung, kamu akan disambut dengan hijaunya hamparan pepadian yang membentang luas sepanjang jalan dan suasana alamnya yang sangat indah.

Air Terjun Bedegung bisa dibilang sebagai salah satu air terjun yang dekat dari Kota Palembang dengan jarak sekitar 5 jam dalam perjalanan.

2. Danau Ranau

Danau Ranau

Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatera. Danau terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

Secara geografis, Danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah dan menjadikannya memiliki cuaca yang sejuk. Tepat di tengah danau terdapat pulau yang bernama Pulau Marisa.

Di sana terdapat sumber air panas yang sering digunakan para penduduk setempat dan para wisatawan yang datang ke pulau tersebut terdapat air terjun, juga penginapan. Danau ini menjadi objek wisata andalan dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

Baca juga : Wisata Puncak di Sumatera Barat

3. Bukit Besar

Bukit Besar

Masih di Kabupaten Lahat, letak bukit yang bersebelahan dengan Bukit Jempol. Bukit ini berada di Desa Perangai, Kecamatan Merapi Selatan, dan memiliki ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut.

Bukit Besar yaitu sebuah destinasi yang terletak di deretan Bukit Barisan di Pulau Sumatera. Memiliki hamparan rumput yang luas, lengkap dengan hembusan angin yang menyejukkan. Alam sekitar pun masih cukup asri dan hijau. Dari atas terlihat panorama Kabupaten Lahat dengan jelas.

Baca juga : Wisata Danau di Sumatera Barat

4. Bukit Jempol

Bukit Jempol

Terletak di Kabupaten Lahat, Bukit Jempol mempunyai nama Bukit Serelo. Bukit yang berlokasi di Desa Perangai, berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Lahat.

Memiliki tinggi 900 meter di atas permukaan laut, bukit yang bisa dilihat dari Kabupaten Muara Enim. Nama Bukit Jempol sendiri dipakai oleh masyarakat Lahat mengingat bentuknya yang mirip dengan jempol.

Namun bukit ini juga dikenal dengan nama Bukit Tunjuk karena pada sisi pandang yang lain berbentuk seperti jari yang sedang menunjuk ke atas. Bukit jempol juga dianggap menjadi tempat berkemah yang asyik.

Baca juga : Wisata Pantai di Sumatera Barat

5. Gunung Dempo

Gunung Dempo

Gunung Dempo berada di Kota Pagaralam dengan jarak tempuh darat sekitar 7 jam dari Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Sesuai dengan namanya, Kota Pagaralam dikelilingi oleh pegunungan Bukit Barisan dan yang tertinggi yaitu Gunung Dempo.

Kota Pagaralam sering disebut juga sebagai puncaknya Sumatera Selatan. Karena, daerah pegunungan maka udara sejuk akan menyambut ketika tiba di tempat ini.

Ketika berada di taman Gunung Dempo, hamparan kebun teh akan menyejukkan mata. Di sekitar Gunung Dempo ini kamu juga akan menemukan sejumlah objek wisata menarik lainya, khususnya air terjun atau curug di antaranya seperti Curug Embun, Mangkok, Putri, Tujuh Kenangan, dan Maung.

Baca juga : Wisata Taman di Sumatera Barat

6. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro

Pulau Kemaro yaitu sebuah delta kecil di Sungai Musi yang jaraknya kurang lebih 6-7 km dari Jembatan Ampera. Keistimewaan pulau ini selalu kering walau dalam kondisi air pasang dan tetap tidak memiliki air. Sehingga pulau yang ramai dikunjungi wisatawan ini akan seperti terapung di atas Sungai Musi. Ikon Pulau Kemaro dengan adanya Pagoda berlantai 9 yang menjulang tinggi di lokasi.

Pagoda di bangun pada tahun 2006, selain itu terdapat bangunan klenteng bernama Hok Tjiang Rio / Kuan Im  dibangun sejak tahun 1962. Di depan klenteng terdapat makam Pangeran Tan Bun An dan Putri Fatimah yang berdampingan. Kisah cinta itulah yang menjadi legenda terbentuknya Pulau Kemaro.

Baca juga : Wisata Museum di Sumatera Barat

7. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari atau Air Terjun Ayek Asam menurut informasi warga setempat, yang bermuara ke Sungai Lematang berketinggian sekitar 30 meter dan lebar 10-15 meter. Air terjun yang  merupakan salah satu yang terunik, memiliki tujuh puncak dengan tiga kolam pemandian. Bagi pengunjung, warga sekitar menerapkan aturan tidak membuang sampah sembarangan.

Lokasinya berada di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Kamu dapat menempuhnya dengan kendaraan bermotor selama 15 menit dari Kota Lahat dengan jarak sekitar 16 km. Setelah sampai di Desa Karang Dalam, perjalanan berlanjut dengan cara berjalan kaki melewati kebun kopi, dan melewati hutan.

8. Air Terjun Curup Maung

Air Terjun Curup Maung

Air Terjun Curup Maung merupakan salah satu tempat wisata di Kota Palembang yang sudah terkenal. Sabtu dan minggu menjadi hari favorit untuk menikmati keindahan Curup Maung serta berenang, berfoto atau bersantai bersama keluarga. Akses jalanan menuju ke Air Terjun Curup Maung bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Dari Ibu Kota Kabupaten Lahat menuju ke Kecamatan Gumay Ulu selama 1 jam perjalanan. Lalu setelah sampai di Desa Padang Muaro Duo, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat kamu dapat parkirkan kendaraan di tempat yang sudah disediakan. Lali perjalanan berlanjut dengan berjalan kaki selama 1 jam melewati jalan setapak, hutan dan kebun kopi.

9. Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah

Ketinggiannya mencapai 70 meter dan merupakan salah satu tempat wisata alam yang menjadi andalan Kota Pagar Alam. Berada tepat di pinggir jalan menuju Kota Pagar Alam pada tikungan paling tajam dan menanjak membuatnya mudah di akses dan banyak wisatawan yang mampir disini. Air terjun membuat suasana sejuk ditambah pemandangan alam di sekelilingnya yang masih asri.

Jalan menuju dasar air terjun tersedia tangga dimana jalan untuk mencapainya. Dari Kota Pagar Alam berjarak 10 km, dengan jalanan beraspal yang cukup baik namun banyak tikungan yang berliku-liku. Air Terjun Lematang Indah berlokasi di Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam,  Palembang.

10. Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia

Kekayaan Pantai Tanjung Setia memiliki ombak terbaik di dunia, ombaknya yang besar dan indah menjadikannya tempat ini cocok untuk berselancar. Ombaknya mencapai 6-7 meter dan sejauh 200 meter yang menjadi tujuan para peselancar dari seluruh dunia. Selain terkenal akan ombaknya, pantai ini juga memiliki lingkungan alam, makanan khas laut dan pesona sunset yang indah.

Pantai Tanjung Setia membentang di sepanjang Pantai Barat, Lampung, berada di dekat Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Dari Bandar Lampung sekitar 274 km dengan waktu tempuh selama 7-8 jam. Lokasinya di Desa Tanjung Setia, Kabupaten Lampung Barat, Sumatera Selatan memberikan pemandangan alam yang menakjubkan.

Sekian contoh dari 10 Destinasi Wisata Alam di Sumatera Selatan yang Populer. Semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close