wisata

√ 8 Destinasi Wisata Danau di Sumatera Barat yang Terindah

Indonesia memiliki keberagaman yang sangat banyak dan unik. Apalagi semestanya yang luar biasa indah membuat mata memandang sangat segar. Terutama Sumatera Barat yang menyimpan daya tarik luar biasa berupa wisata yang ada di dalamnya. Sumatera Barat masih memiliki keindahan alam yang masih ada yang belum terjamah dan yang indah untuk dikunjungi.

Jika kamu menyukai keindahan yang tenang, mungkin salah satu danau ini bisa menjadi pilihan liburanmu saat kamu berada di Sumatera Barat. Berikut contoh 8 Destinasi Wisata Danau di Sumatera Barat yang Terindah.

1. Danau Talang

Danau Talang

Lokasinya berada di kawasan Gunung Talang, Kabupaten solok. Keadaan alam di sekitar danau yang indah dan cantik. Pengunjung yang datang masih terbilang tidak terlalu banyak karena letak danau yang masih belum banyak diketahui. Menikmati suasana tenang di danau ini memang sangat menyenangkan dan sangat indah untuk dinikmati.

Berbicara tentang objek wisata yang terdapat di Sumatera Barat memang tidak akan ada habisnya. Karena saking indah dan mempesonanya.

2. Danau Kembar

Danau Kembar

Objek wisata yang berada di Kecamatan Danau Kembar, berjarak 60 kilometer dari Kota Padang ke arah Arosuka, Ibukota Kabupaten Solok. Dari pertigaan Lubuk Selasih, ambil jalan menanjak untuk menuju Danau Kembar atau Alahan Panjang.

Panorama danau yang disebut sebagai Danau Dieteh ini bisa dinikmati melalui ketinggian. Salah satu tempat melalui dermaga kawasan wisata Danau Kembar. Tempat yang sejuk dan juga mempesona pemandangannya masih asri.

Baca juga : Wisata Puncak di Sumatera Barat

3. Danau Singkarak

Danau Singkarak

Danau yang berjarak sekitar 70 km dari Padang, ibu kota Sumatera Barat. Danau Singkarak terbentang luas dan masuk dalam 2 wilayah kabupaten di Sumatera Barat, yaitu Solok dan Tanah Datar. Dengan luas sekitar 1.000 hektar, danau ini menjadi yang terluas kedua di dataran Sumatera setelah Danau Toba. Danau dengan kedalaman 268 meter yang berada di ketinggian 363,5 meter di atas permukaan laut ini termasuk dalam jenis danau tektonik karena diperkirakan terbentuk karena pergeseran lempeng bumi. Keindahan pemandangan alamnya yang membuat pengunjung akan terpukau dan betah untuk menikmatinya.

Baca juga : Gunung di Sumatera

4. Danau Maninjau

Danau Maninjau

Danau Maninjau masuk dalam Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Danau ini berjarak tidak terlalu jauh dari Kota Padang, hanya sekitar 140 km di sebelah utaranya. Sementara jika dari Bukittinggi sekitar 36 km. Danau seluas 100 m ini menawarkan lukisan alam yang menakjubkan. Apalagi dengan lokasi danau yang berada di ketinggian 461 meter di atas permukaan laut. Danau ini juga menawarkan keindahan dan ketenangan yang luar biasa sehingga bisa menjadi tempat untuk menenangkan diri yang tepat dan untuk rileks dari kejenuhan.

Baca juga : Wisata di Bukittinggi

5. Danau Biru

Danau Biru

Danau Biru letaknya yang sangat terpencil di Parambahan. Meski begitu, tetap menjadi salah satu tempat wisata favorit yang keren di Sawahlunto. Danau Biru merupakan pegunungan bekas pertambangan batu bara. Kubangannya kemudian terisi air hujan yang ajaibnya malah terlihat seperti danau alami dengan air berwarna birunya. Keindahan alam yang memukau tidak akan menyangka jika danau ini termasuk danau buatan karena bekas galian tambang.

Baca juga : Wisata di Painan

6. Danau Laut Tinggal

Danau Laut Tinggal

Danau Laut Tinggal menjadi salah satu kekayaan alam di Kabupaten Pasaman Barat. Terletak di antara Gunung Bendera dan Malintang, wisata satu ini jarang sekali terjamah oleh masyarakat. Banyak para penjelajah yang tertantang untuk menaklukan danau dengan air berwarna hijau tosca ini.

Hal yang menarik perhatian dari Danau Laut Tinggal yaitu airnya yang tidak bisa diminum. Hal ini karena menurut beberapa peneliti pHnya rendah dan rasanya juga tidak enak. Tapi, bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke sana jangan khawatir kekurangan air bersih, karena ada aliran sungai kecil yang bermuara di danau ini.

Keunikan lain yang ada yaitu tidak ada ikan atau hewan lain hidup di danau tersebut. Dan hal ini masih belum diketahui sampai saat ini.

Baca juga : Wisata di Padang

7. Danau Diatas

Danau Diatas

Jika berkunjung ke Danau di Atas, kamu bisa melakukan wisata air dengan berkeliling danau menikmati jernihnya air, melihat ikan-ikan kecil berenang dengan menyewa perahu dengan harga yang cukup murah. Atau kamu bisa melakukan outbound dan trekking. Jika lelah sehabis berwisata air, kamu bisa beristirahat di gazebo pinggir danau atau membeli pernak-pernik dan oleh-oleh yang dijajakan di warung kecil yang tersedia.

8. Danau Dibawah

Danau Dibawah

Danau Di Bawah, kamu tidak bisa melakukan wisata air karena kedalaman air yang tidak akan menjamin keselamatan. Namun kamu bisa menikmati keindahan yang tidak ada dua dari ketinggian di Taman Panorama Danau Kembar. Dari sana kedua danau serta Gunung Talang dan Gunung Kerinci terpampang luas. Untuk masuk ke Taman Panorama Danau Kembar ini kamu hanya harus membeli tiket yang tersedia dengan harga murah. Jika kamu ingin bermain di tepian Danau Di Bawah, kamu tinggal berjalan ke arah Simpang berjalan menuju Jorong Kapalo Danau di Bawah. Sebelum mencapai tepian danau, kamu akan disapa oleh banyaknya perkebunan nan asri dan indah.

Demikian beberapa contoh dari 8 Destinasi Wisata Danau di Sumatera Barat yang Terindah dan bisa dijadikan rekomendasi saat berlibur ke Padang.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close