wisata

√ 13 Destinasi Wisata di Balige dan Sekitarnya yang Indah

Toba Samosir adalah sebuah Kabupaten di Sumatera Utara, Kabupaten yang memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang menakjubkan dan masih banyak hal yang tersembunyi. Sehingga masih banyak orang yang belum tahu akan keindahan dan tempat menarik yang ada di Toba Samosir ini. Toba Samosir memiliki banyak Spot objek wisata menakjubkan, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto kekinian, Pantai, Bukit, sampai Air Terjun yang sangat memanjakan mata dan kamu bisa explore.

Jika kamu memiliki rencana untuk berlibur ke Toba Samosir, pasti akan terpukau akan keindahannya. Wisata yang menawarkan cukup banyak tempat pilihan untuk dikunjungi. Ternyata Toba Samosir juga memiliki banyak tempat wisata alam yang alami yang membuat siapa saja akan menjadi terpana olehnya. Berikut ini ketahui rekomendasi 13 Destinasi Wisata Di Balige Yang Cocok Untuk Spot Photo.

1. Desa Silalahi

Desa Silalahi

Desa Silalahi menjadi salah satu desa yang terletak di bagian barat Danau Toba. Di sini kamu dapat menikmati keindahan Danau Toba dengan suasana yang tenang dan damai. Kamu bisa naik ke puncak Bukit Paropo yang mirip dengan Bukit Teletubbies, dijamin kamu akan betah berlama-lama di tempat indah ini.

Baca juga : Wisata di Tanjung Balai Karimun

2. Bukit Sipolha

Bukit Sipolha

Bukit Sipolha yang terletak di Desa Beringin, tepat di pinggiran Danau Toba. Bukit ini sering dijadikan tempat camping bagi para pecinta alam. Untuk menuju ke puncak bukit kamu harus memarkir kendaraan di salah satu rumah warga di kaki bukit dan naik ke arah atas puncak. Pemandangan di Bukit Sipolha yang menarik dan cantik jika dibandingkan dengan Bukit Holbung.

Di sebelah kiri bukit terdapat pulau tidak berpenghuni bernama Pulau Hole. Di sini kamu bisa bebas bermain air di pinggiran pantai dan melihat sekeliling pulau Samosir dari kejauhan.

Baca juga : Wisata di Simalungun

3. Bukit Holbung

Bukit Holbung

Apabila tidak ingin naik ke Pusuk Buhit, kamu bisa mendaki beberapa bukit di sekitar Danau Toba yang tidak kalah indahnya. Salah satunya yaitu Bukit Holbung. Untuk menuju ke bukit, kamu harus menyeberang melalui pelabuhan Tiga Raja di Parapat untuk sampai ke Tomok, Samosir. Menuju puncak bukitnya, telah dibuat jalan trekking oleh warga sekitarnya. Hanya perlu 10 menit saja untuk bisa mencapai puncaknya. Pemandangan di puncak bukit akan menjadi pemandangan yang tidak bisa kamu lupakan karena indahnya.

Baca juga : Wisata di Tebing Tinggi

4. Pusuk Buhit

Pusuk Buhit

Pusuk Buhit yaitu salah satu rangkaian gunung supervolcano Toba yang menyimpan banyak legenda juga misteri. Salah satunya, gunung ini dipercaya sebagai asal muasal adanya orang Batak. Untuk menuju puncak Pusuk Buhit, kamu perlu melakukan trekking yang cukup panjang sekitar 5 jam. Namun dengan pemandangan alam yang indah akan terasa lebih mudah. Sesampainya di puncak, kamu akan melihat hamparan pemandangan Danau Toba yang mempesona.

Baca juga : Wisata di Siborong-borong

5. Air Terjun Sipiso Piso

Air Terjun Sipiso Piso

Air Terjun Sipiso Piso yang berlokasi di bibir Danau Toba, Desa Tongging. Tinggi air terjun mencapai 120 meter dan berlokasi di ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut. Air terjun ini mengalir deras dan membentuk garis vertikal yang megah. Berkunjung ke Parapat tidak lengkap rasanya bila kamu tidak mampir ke Air Terjun Sipiso Piso.

Baca juga : Wisata di Kota Tarutung

6. Desa Tuk Tuk

Desa Tuk Tuk

Lokasi pertama yang akan dojumpai setelah menyeberang dari Parapat menuju Pulau Samosir. Dengan kata lain, Tuk-Tuk yaitu lokasi terbaik untuk menikmati pemandangan Danau Toba dari sisi Pulau Samosir. Di desa ini kamu juga bisa membeli beragam souvenir khas budaya Batak yang unik seperti kain ulos hingga seruling batak.

7. Pulau Sibandang

Pulau Sibandang

Pulau yang berlokasi berhadapan dengan pantai Pulau Samosir memang masih belum banyak diketahui oleh media. Alamnya yang masih alami membuat pulau ini disebut sebagai tempat para bidadari tertidur lelap. Ke arah manapun kamu memandang, Pulau Sibandang akan menyajikan panorama indah dari Danau Toba yang memikat hati. Pulau yang juga dikenal sebagai produsen mangga yang manis rasanya. Untuk menuju ke sini, kamu bisa naik kapal untuk menyeberang Danau Toba.

8. Pantai Lumban Silintong, Balige

Pantai Lumban Silintong, Balige

Letaknya di tepian Danau Toba, tempat yang juga dinamakan Pantai. Merujuk dari bahasa setempat yaitu Pante, yang artinya tempat yang memiliki pasir putih. Di sini kamu tidak hanya bisa menikmati keindahan Danau Toba dari jarak dekat namun bisa bersantai dan berwisata kuliner khas Batak di area peristirahatan. Bahkan terdapat kafe terapung yang unik. Di pantai ini kamu akan menemui anak-anak pemburu koin dengan keahlian berenang yang mumpuni.

9. Bukit Senyum

Bukit Senyum

Bukit yang berada dekat dengan pasar tradisional Ajibata bukan hanya bisa membuat kamu tersenyum namun juga bisa membuat kamu betah duduk berlama-lama. Udara yang sejuk dan rumput hijau yang terbentang di area bukit memberikan kesan sejuk dan tenang. Tidak hanya Danau Toba, kamu juga bisa melihat Pulau Samosir dari kejauhan.

10. Danau Sidihoni dan Aek Natorang

Danau Sidihoni dan Aek Natorang

Disebut danau di atas danau, karena kedua danau sangat indah dan unik. Kamu wajib kunjungi ketika bertandang ke Samosir. luasnya tidak seluas Danau Toba, tapi kamu bisa menikmati ketenangan dan keindahan di sekitar area danau. Bahkan, air di Danau Sidihoni warnanya bisa berubah-ubah dan sering dihubungkan dengan berbagai peristiwa penting di tempat tersebut.

11. Pemandian Air Panas Rianiate

Pemandian Air Panas Rianiate

Berlokasi di kaldera raksasa Danau Toba, Pulau Samosir memiliki banyak sumber mata air panas. Salah satu yang terkenal berada di Desa Rianiate, Samosir. Kamu bisa melepas rasa lelah dan stres dengan berendam di kolam air hangat ini. Warna airnya yang unik, berwarna putih keabu-abuan. Kamu juga bisa melihat puncak Pusuk Buhit yang menjulang dengan indahnya.

12. Air Terjun Situmurun Tobasa

Air Terjun Situmurun Tobasa

Air terjun yang juga tidak kalah unik dengan air terjun lain di Samosir. Lokasinya yang berada tepat di bibir Danau Toba membuat airnya mengalir deras langsung ke Danau. Derasnya air yang mengalir memberikan kesan segar dan pasti ingin membuat pengunjung berenang di bawahnya. Namun, kamu harus berhati-hati, karena letaknya yang sangat dekat dengan Danau Toba dan kedalaman kolam air terjunnya bisa mencapai 500 meter

13. Air Terjun Efrata Harian Boho

Air Terjun Efrata Harian Boho

Air terjun yang letaknya tidak jauh dari pasar di Samosir. Cukup berjalan 10 menit, kamu bisa menikmati air terjun Efrata dengan aliran air yang deras. Di balik air terjun, terdapat tebing hitam indah yang terlihat seperti dipahat. Dalam perjalanan menuju lokasi ini kamu juga akan disuguhi pemandangan indah persawahan hijau. Air terjun yang juga jarang diketahui oleh wisatawan sehingga masih terlihat asri dan indah.

Demikian beberapa rekomendasi dari 13 Destinasi Wisata Di Balige Yang Cocok Untuk Spot Photo. Semoga menjadi manfaat saat kamu pergi berlibur ke Sumatra Utara.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close