wisata

√ 14 Destinasi Wisata di Bengkalis yang Wajib Dikunjungi

Posisinya berada di Provinsi Riau, Kabupaten Bengkalis merupakan salah satu wilayah daratan timur pulau Sumatera yang memiliki pesona alam cukup menarik dan indah. Bengkalis berada di lokasi yang sangat strategis, karena dilalui oleh jalur perkapalan internasional menuju ke Selat Malaka. Namun, selain kabupaten ini juga memiliki banyak objek wisata yang menjadikannya salah satu tujuan liburan terbaik dan menyenangkan.

Berikut ini ketahuilah contoh dari 14 Destinasi Wisata Di Bengkalis Wajib Dikunjungi.

1. Taman Kera Sekodi

Taman Kera Sekodi

Destinasi wisata Bengkalis selain pantai lainnya adalah Taman Kera Sekodi. Taman yang berada di Desa Sekodi merupakan rumah bagi para kera.

Selain kamu bisa melihat kera yang menghuni objek wisata Bengkalis ini, suasana alami yang menyegarkan jadi alasan lain yang membuat banyak orang yang tertarik untuk singgah ke taman dan bersantai ria.

Baca juga : Wisata di Beastagi

2. Hutan Mangrove Sebauk

Hutan Mangrove Sebauk

Tujuan wisata di Bengkalis satu ini termasuk baru namun cukup menarik untuk dicoba dijelajahi. Berada di pesisir laut, Bengkalis memang memiliki beberapa kawasan hutan Mangrove. Salah satu yang bisa kamu kunjungi yaitu Hutan Mangrove Sebauk.

Suasana yang alami memungkinkan kamu untuk menikmati segarnya udara. Untuk menelusuri keeksotisan hutan bakau ini, maka kamu akan dibawa berpetualang diatas jembatan kayu yang mengelilingi kawasan wisata di Bengkalis ini.

Baca juga : Wisata di Pulau Samosir

3. Lapangan Pasir

Lapangan Pasir

Walau dinamakan sebuah Lapangan, tempat wisata di Bengkalis satu ini sebenarnya merupakan pantai, namun lokasinya berada di pusat kota dan telah dirancang sedemikian rupa sehingga oleh warga setempat dinamakan lapangan pasir.

Selain bisa melihat panorama laut, salah satu kegiatan seru yang bisa kamu lakukan disini adalah bersepeda atau sekedar bersantai di kursi-kursi taman yang berada di sisi pantai ini.

Baca juga : Wisata di Dolok Sanggul

4. Pulau Beting Aceh

Pulau Beting Aceh

Menyeberang dari Bengkalis, kamu bisa coba mengunjungi Pulau Beting Aceh, sebuah pulau tidak berpenghuni dengan pemandangan eksotis dengan pantai yang indah.

Suasananya yang masih sepi membuat destinasi wisata di Bengkalis satu ini sering dijadikan lokasi bulan madu karena suasana romantis yang dimilikinya

Baca juga : Wisata di Labuhanbatu

5. Masjid Agung Istiqomah

Masjid Agung Istiqomah

Untuk kamu yang ingin melakukan wisata religi di Bengkalis, maka Masjid Agung Istiqomah bisa jadi alternatif destinasi wisata saat berada di Bengkalis. Dibangun dengan arsitektur bergaya Melayu, Arab, dan juga Turki menjadikan masjid ini indah, dan menjadi salah satu ikon kebanggaan warga Bengkalis.

Baca juga : Wisata di Kota Tarutung

6. Tasik Putri Pepuyu

Tasik Putri Pepuyu

Tempat wisata di Bengkalis selanjutnya yaitu Tasik Putri Pepuyu yang berlokasi di Desa Tanjung Padang atau Pulau Padang Merbau. Berada di tengah area hutan lindung yang masih alami, danau ini menyimpan panorama yang indah.

Tasik Putri Pepuyu sendiri menyimpan sebuah kisah rakyat yang terkenal dan menceritakan kisah cinta Raja Terubuk dan Putri Pepuyu yang tidak sampai.

Selain bisa menyusuri keindahan Tasik dengan menaiki perahu, destinasi wisata Bengkalis satu ini juga cukup populer sebagai destinasi untuk berkemah bersama keluarga.

7. Hutan Lindung Bukit Batu

Hutan Lindung Bukit Batu

Selain pantai, masih banyak pesona wisata Bengkalis lainnya. Seperti Hutan Lindung Bukit Batu, sebuah kawasan wisata yang menawarkan panorama landscape hutan yang masih sangat alami dan indah.

Untuk menyusuri keindahan destinasi wisata di Bengkalis satu ini, kamu bisa menyewa perahu dan berkeliling menyelusuri Hutan Lindung Bukit Batu dengan melalui sungai.

Sebagai salah satu cagar Biosfer yang ada di Indonesia, tentu panorama dari objek wisata Bengkalis satu ini tidak akan mengecewakanmu, terutama bagi kamu yang memiliki jiwa petualang

8. Pantai Teluk Rhu

Pantai Teluk Rhu

Destinasi wisata pantai di Bengkalis selanjutnya adalah pantai Teluk Rhu yang berada di Sub-Distrik Rupat Utara. Pantai yang memiliki pasir putih halus yang bersih dengan garis pantai yang panjang.

Suasana yang masih sepi, alami, dan bersih, membuatnya menjadi tujuan wisata Bengkalis yang cukup menarik baik untuk sekedar bermain di pantai atau berenang di pesisir.

9. Pantai Jangkang

Pantai Jangkang

Memiliki jarak sekitar 25 KM dari Kota Bengkalis, Pantai Jangkang adalah objek wisata di Bengkalis yang terkenal akan pemandangannya yang indah.

Walau masih memiliki fasilitas yang minim, pasir kehitaman dan juga suasana langit sore yang eksotis membuat Pantai Jangkang menjadi tujuan wisata di Bengkalis yang layak masuk ke dalam daftar tujuan liburanmu berikutnya.

10. Pantai Tenggayun

Pantai Tenggayun

Pantai Tenggayun merupakan tempat wisata di Bengkalis selanjutnya yang layak untuk dikunjungi. Berada di Desa Tenggayun, objek wisata Bengkalis satu ini memiliki pasir berwarna keabuan dengan tekstur sedikit berlumpur membuatnya sedikit berbeda dengan pantai lainnya.

Suasana pantai sendiri didominasi dengan pepohonan bakau dan tunggul-tunggul bakau. Berada di Timur Sumatera, Pantai yang menawarkan panorama matahari terbit yang indah.

11. Taman Laut Prapat Tunggal

Taman Laut Prapat Tunggal

Taman Laut Prapat Tunggal merupakan salah satu tempat wisata yang terpopuler.

Dengan pasir pantai yang bersih, deburan ombak, sampai teduhnya pepohonan yang berada di sekitar tempat wisata Bengkalis satu ini dijamin bisa menyegarkan pikiran yang penat.

Ditambah objek wisata Bengkalis satu ini kamu masih bisa melihat aktivitas pelayaran baik kapal penumpang hingga kapal barang yang tengah menyebrang ke perairan Dumai ataupun Selat Melaka yang membuat suasana terasa lebih hidup, terutama saat matahari terbenam.

12. Taman Andam Dewi

Taman Andam Dewi

Lokasi taman yang berada di dekat laut membuat taman ini ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan asal Bengkalis sendiri dan dari luar Bengkalis. Beberapa hal menarik yang ada di taman ini antara lain yaitu lampu antik, meriam kuno, monumen kuda putih dan sebagainya. Namun, yang paling menarik perhatian adalah adanya air mancur yang ada di tengah taman, dan menjadi salah satu tempat yang cocok untuk berfoto.

13. Telaga Suri Perdana

Telaga Suri Perdana

Telaga Suri Perdana yang tadinya hanya lahan ditumbuhi semak belukar dan sering mengakibatkan banjir. Namun, lahan ini tidak terlihat kotor dan menyebabkan banjir, dibuatlah danau buatan di sini oleh Pertamina Refinery Unit (RU) II. Sekarang, tempat ini menjadi terlihat lebih indah, dengan air danau alami yang jernih, serta disediakan beberapa fasilitas seperti kursi untuk duduk santai, miniatur jembatan, pendopo, sampai pulau mini buatan.

14. Pantai Selat Baru Bengkalis

Pantai Selat Baru Bengkalis

Pantai yang merupakan lokasi wisata andalan Bengkalis. Karena itu, tidak heran jika pantai ini selalu menjadi lokasi tetap berbagai perlombaan, seperti perlombaan gasing atau perlombaan layang-layang. Di pantai ini kamu bisa bersantai di pinggir pantai, berselancar, berenang, berperahu, sampai memancing. Kamu juga bisa melihat berbagai atraksi seni di pantai yang ada.

Sekian penjelasan dan contoh mengenai 14 Destinasi Wisata Di Bengkalis Wajib Dikunjungi. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close