wisata

√ 7 Destinasi Wisata di Dumai Riau yang Wajib Dikunjungi

Provinsi Riau selalu menyimpan akan keindahan alamnya yang bisa dikatakan cukup tersembunyi dan jarang diketahui banyak orang. Contoh salah satu keindahan yang ada di kota Riau terletak di Dumai. Wisata yang ditawarkan di Dumai sebagian besar adalah wisata alam, walau ada juga beberapa wisata sejarah dan budaya.

Dumai menjadi salah satu kota di Riau yang memiliki banyak sekali keindahan alam dan terdapat wisata populer yang mana sayang jika kamu lewatkan begitu saja. Berikut ini contoh 7 Destinasi Wisata Di Dumai Riau Wajib Dikunjungi.

Baca juga : Wisata di Tembilahan Riau

1. Danau Bunga Tujuh

Danau Bunga Tujuh

Kawasan wisata satu ini merupakan salah satu destinasi wisata air yang cukup menarik. Sebuah kawasan danau dengan luas kurang lebih 40an hektar memang merupakan sebuah kawasan wisata yang terus berkembang. Danau Bunga tujuh merupakan salah satu dari beberapa kawasan tempat wisata di Dumai yang selalu ramai para pengunjung.

Pengunjung yang datang berkunjung ke lokasi ini tidak hanya berasal dari Dumai saja, namun juga ada yang berasal dari luar daerah. Dikarenakan banyaknya wahana wisata air yang bisa ditemukan di lokasi ini. Selain wahana wisata air yang menyenangkan kamu juga bisa menikmati pemandangan yang asri dan indah. Selain itu kamu juga bisa menggunakan gazebo yang ada di lokasi wisata untuk beristirahat. Jika kamu ingin berkunjung ke kawasan ini sebaiknya datanglah pagi hari saat cuaca masih belum terlalu panas dan udara masih cukup segar.

Baca juga : Wisata di Kota Binjai

2. Hutan Mangrove Dumai

Hutan Mangrove Dumai

Mangrove atau Bakau adalah salah satu tumbuhan yang biasa ditemukan di pinggir pantai. Banyak sekali hutan mangrove di Indonesia yang saat ini  memiliki fungsi ganda. Selain sebagai salah satu tempat konservasi pantai juga menjadi salah satu destinasi wisata. Beberapa hutan mangrove yang sudah menjadi lokasi wisata seperti contohnya hutan mangrove Edupark Semarang, dan Hutan mangrove Wonorejo Surabaya. kawasan wisata tersebut memang berhasil menarik para pengunjung untuk datang dan menikmati suasana yang ada.

Kawasan Dumai sendiri memiliki sebuah kawasan wisata mangrove yang cukup terkenal dan disebut dengan Bandar Bakau Dumai, sebuah kawasan yang akan selalu menarik untuk dikunjungi. Jika kamu berkunjung di kawasan Dumai tidak ada salahnya untuk sejenak berkunjung dan menikmati suasana di hutan bakau ini. Jalan santai di jembatan kayu yang membelah hutan bakau pastinya akan menjadi sebuah kegiatan yang sangat menarik untuk dilakukan. Selain itu kawasan hutan bakau ini juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik untuk memberikan suasana yang baru dalam perjalanan wisata kamu.

Baca juga : Wisata di Balige

3. Hutan Wisata Dumai

Hutan Wisata Dumai

Indonesia sebagai salah satu negara dengan destinasi wisata alam terbaik dunia memiliki banyak sekali surga wisata alam yang tidak bisa dipandang sepele. Jika kamu ingin berkunjung mengenai hutan wisata, maka ada beberapa hutan wisata yang bisa kamu datangi seperti contoh Hutan Wisata Wanagama dan Hutan Wisata Tinjomoyo Semarang. Kedua hutan tersebut merupakan salah satu bukti bahwa keindahan alam di Indonesia ini tidak bisa disepelekan.

Namun, di kawasan Dumai juga terdapat sebuah kawasan wisata Hutan kota yang sangat asri dan menarik. Bagi kamu yang sedang mencari kawasan wisata yang tenang dan asri, maka kawasan wisata ini adalah salah satu pilihan yang cukup menarik. Kawasan hutan wisata ini sendiri memang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, terutama pada saat hari libur. Biasanya pengunjung datang ke lokasi ini selalu bersama keluarga atau kerabat.

Suasana yang nyaman dengan udara yang masih sangat segar membuat kawasan wisata yang satu ini menjadi salah satu primadona di Kawasan kota Dumai. Tempat yang biasanya selalu dijadikan lokasi yang menarik untuk melaksanakan acara keluarga, atau tidak jarang yang menggunakan kawasan ini sebagai salah satu tempat photo prewedding. Suasana yang sejuk memang menjadi kelebihan tempat ini.

Baca juga : Wisata di Tanjung Balai Karimun

4. Pantai Purnama

Pantai Purnama

Sama seperti destinasi wisata di Riau yang lain, kawasan wisata di dumai ini memiliki wisata pantai yang indah dan menggoda. Salah satu destinasi wisata yang cukup menarik di Dumai yaitu pantai Purnama. Jika kamu berbicara nama pantai purnama, sebenarnya tidak hanya dumai saja yang memiliki pantai purnama. Salah satu tempat wisata di Bali juga memiliki nama pantai Purnama, lebih tepatnya salah satu tempat wisata yang ada di Gianyar.

Namun bedanya adalah jika berkunjung ke pantai Purnama yang ada di Dumai ini kamu tidak bisa turun ke bibir pantai dan menikmati pasirnya. Hal ini karena kawasan bibir pantai purnama yang masih berupa pasir berlumpur. Namun, hal tersebut tidak mengurangi kenikmatan untuk bermain dan menikmati keindahan dari pantai yang satu ini. sebelum menjelma menjadi sebuah pantai yang ramai di kunjungi oleh wisatawan. Kawasan pantai ini menjadi sebuah kebun kelapa milik warga. Namun, semakin lama kawasan pantai yang satu ini berubah menjadi sebuah destinasi yang sangat cantik.

Baca juga : Wisata di Simalungun

5. Taman Bukit Gelanggang

Taman Bukit Gelanggang

Tempat wisata di Dumai Riau yang selanjutnya yaitu Taman Bukit Gelanggang. Taman Bukit Gelanggang merupakan taman hijau yang berada di tengah kota Dumai. Taman Bukit Gelanggang ini biasanya sering digunakan sebagai tempat untuk masyarakat sekitar berolahraga, atau bahkan kerap dijadikan tempat suatu acara. Di Taman Bukit Gelanggang juga tersedia Free Wifi yang dapat kamu gunakan yang mana menambah kenyamanan para pengunjung. Untuk lokasinya, Taman Bukit Gelanggang ini terletak di Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

6. Goa Pelintung

Goa Pelintung

Tempat wisata di Dumai Riau yang lainnya adalah Goa Pelintung. Goa Pelintung yang katanya pada zaman dahulu digunakan sebagai lokasi penyimpanan harta karun dari seorang bajak laut. Hanya saja, sampai sekarang harta karunnya tidak pernah ditemukan, sehingga kebenaran dari kisah tersebut masih diragukan. Terlepas dari ceritanya, goa ini menyimpan keindahan alam yang begitu mempesona. Ketika kamu mengunjungi Goa Pelintung ini, maka kamu dapat menikmati pemandangan goa berupa stalaktit dan stalakmit yang ada di sepanjang goa. Untuk lokasinya, Goa satu ini terletak di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai.

7. Pantai Teluk Makmur

Pantai Teluk Makmur

Layaknya seperti pantai indah lainnya, Pantai Teluk Makmur juga memiliki pasir putih yang memanjakan mata. Pantai yang tergolong memiliki garis pantai yang panjang, dan sepanjang garis pantai terdapat bebatuan untuk menahan ombak, di pantai ini ombaknya tergolong cukup besar. Kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam alias sunset di pantai indah ini, membuat suasana semakin romantis. Selain itu disediakan pula pondok berupa rumah panggung yang letaknya berada di lepas pantai.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close