wisata

√ 9 Destinasi Wisata di Kampar Riau yang Ramai Dikunjungi

Tempat wisata yang ada di Kampar tidak memang setenar dengan objek wisata yang ada di Pekanbaru yang menjadi destinasi kunjungan para wisatawan dari daerah lain, namun terdapat beberapa destinasi yang cukup diperhitungkan di provinsi Riau.

Kampar adalah kabupaten di Provinsi Riau yang beribukota di Bangkinang, juga dikenal dengan sebutan Serambi Mekkah.

Kebupaten yang memiliki situs purbakala yang diyakini telah ada sejak zaman pemerintahan Sriwijaya, yaitu candi Muara Takus. Sebuah cagar budaya yang dijadikan destinasi religi oleh umat Buddha.

Terdapat juga tradisi Ma’awuo, yaitu tradisi menangkap ikan bersama di danau Bakuok dan sungai Subayang.

Selain itu, tradisi mandi balimau bakasai menjelang bulan ramadhan turut dipertahankan oleh umat Islam di area sungai Kampar.

Selain kaya akan cagar budaya dan tradisi yang dipertahankan sampai sekarang, terdapat juga destinasi wisata yang menjadi unggulan di Provinsi Riau. Berikut ini contoh 9 Destinasi Wisata di Kampar Riau yang Ramai Dikunjungi.

1. Lubang Kolam Kampar

Lubang Kolam Kampar

Lubang Kolam merupakan terowongan yang menghubungkan Provinsi Riau dan Sumatera Barat yang tidak dilalui kendaraan.

Lokasi yang ditutup karena pembangunan PLTA Koto Panjang yang mengharuskan diadakan pengalihan lokasi.

Meskipun terlihat sederhana dan terlihat kumuh, namun terowongan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang gemar berburu foto.

Selain itu, terdapat juga bangunan bendungan PLTA Koto Panjang yang nampak cantik hanya beberapa ratus meter dari Lubang Kolam Pita.

Lokasi berada di Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau.

Baca juga : Wisata di Pelalawan Riau

2. Bukit Naang Bangkinang

Bukit Naang Bangkinang

Bukit Naang menjadi sebuah daerah adventure terbaik di kabupaten Kampar yang wajib kamu sambangi bila suka berpetualang di area terbuka.

Di kompleks tersebut terdapat banyak atraksi seru yang dapat memacu adrenalin. Seperti contoh dari Flying Fox dengan ketinggian 22 m, Air Softgen, Tree Top Adventure, Jembatan Gantung, Arena ATV, Waterboom untuk anak, sampai Taman dan Danau buatan.

Suasana di Bukit Naang terbilang masih alami, cocok buat kamu jadikan sebagai tempat bersantai dan menikmati permainan seru dengan harga terjangkau.

Lokasi berada di Jl. Simpang Sei Jernih, Kel. Pasir Sialang, Kec. Bangkinang, Kab. Kampar, Riau.

Baca juga : Wisata di Bengkalis

3. Teluk Jering

Teluk Jering

Teluk jering adalah desa kecil yang terletak di pinggiran sungai kampar dengan pemandangan eksotis berupa tepi sungai menyerupai pasir bibir pantai dan hamparan rumput hijau yang menyegarkan suasana.

Lokasi ini juga disebut Pantai Cinta Karna pasir yang berada di sekitar area terlihat berish dan putih menyerupai pasir di pantai.

Lokasi yang dijadikan sebagai tempat untuk liburan keluarga, hunting foto, hingga berenang. Tersedia juga banana boat bagi kamu yang ingin menjelajahi lebih jauh keindahan sungai kampar.

Berlokasi di Pantai Cinta Teluk Jering, Teluk Kenidai, Tambang, Kabupaten Kampar, Riau.

Baca juga : Wisata di Dumai

4. Desa Buluh Cina

Desa Buluh Cina

Desa Buluh Cina adalah kawasan terbaik untuk liburan bersama keluarga di Kampar. Di sana, terdapat berbagai macam flora dan fauna yang menarik untuk dijadikan objek fotografi dan juga bahan edukasi anak – anak dan kamu.

Buluh Cina terdiri dari hutan alami yang masih sangat asri, cocok dijadikan tempat refreshing untuk melepas penat sehari – hari..

Tersedia juga area camping ground bagi kamu yang ingin menikmati suasana malam dengan harga yang cukup terjangkau.

Serta terdapat 7 danau dengan keunikan berbeda – beda, area pemancingan, sampan dan perahu untuk mengelilingi danau sekitar, sampai beberapa penginapan untuk menampung wisatawan yang ingin bermalam, terutama bagi turis mancanegara.

Tersedia juga spot love yang disediakan di sekitar danau. Berlokasi di Desa Wisata Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Baca juga : Wisata di Tembilahan

5. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus

Candi Muara Takus merupakan destinasi wisata paling terkenal di Kampar yang menjadi satu-satunya di provinsi Riau.

Kompleks candi Muara Takus dikelilingi oleh tembok berukuran 74 x 74 meter, di bagian luarnya terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer sampai pinggiran sungai Kampar Kanan.

Uniknya di sekitar lokasi terdapat beberapa candi seperti candi bungsu, candi palangkan, dan Mahligai Stupa.

Tempat yang cocok dijadikan sebagai destinasi sejarah dengan beberapa spot keren berlatar candi. Berlokasi di Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Baca juga : Wisata di Kota Binjai

6. Sungai Gulamo

Sungai Gulamo

Sungai Gulamo yang terletak di kawasan PLTA Koto Panjang dengan bantaran sungai yang jernih dengan tebing terjel berupa cukang teneuh.

Sungai Gulamo memiliki kesan unik, berudara sejuk, dihiasi dengan tebing terjal, serta dikelilingi pepohonan hijau. Destinasi yang mirip dengan Green Canyon di Sungai Colorado Amerika Serikat.

Batu cadas keras dengan air mengalir yang cukup tenang menambah kesan sejuk di tempat ini. Disana kamu bisa berenang, mencoba rave tubung, serta melakukan body Rafting. Berlokasi di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

7. Ulu Kasok

Ulu Kasok

Ulu Kasok menjadi destinasi wisata populer terbaru di kabupaten Kampar dan sekilas mirip dengan Raja Ampat di Papua Barat, dan banyak wisatawan yang menyebutnya “raja Ampat ala Kampar”.

Objek wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan saat pagi dan sore hari, bahkan wisatawan dari luar daerah selalu memadati tempat ini di hari libur.

Ulu Kasok menawarkan 3 obejk wisata utama, yaitu pulau yang bisa dikelilingi menggunakan speedboat, air terjun Ulu Kasok, dan Puncak Ulu Kasok.

Dari ketiga destinasi ini, puncak Ulu Kasok menjadi destinasi unggulan yang banyak diburu wisatawan. Untuk mencapai puncaknya dibutuhkan tenaga ekstra dengan cara berjalan kaki serta dan mendaki bukit dengan jarak berkisar 500 meter.

Lokasinya berada di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

8. Puncak Pukatan

Puncak Pukatan

Puncak Pukatan merupakan objek wisata kekinian di Kabupaten Kampar yang digandrungi wisatawan.

Tersedia beberapa objek yang bisa kamu nikmati, seperti menikmati keindahan alam memukau dari gardu pandang yang telah disediakan.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba sensasi menantang dari ayunan nirwana yang disediakan. Atraksi yang cukup memacu adrenalin yang cukup diminati wisatawan, bahkan beberapa foto menarik sangat hits di instagram.

Selain kedua kegiatan tersebut, kamu juga bisa menikmati indahnya suasana Danau PLTA Koto Panjang yang membentang luas di sekitaran bukit sekitar.

Untuk mencapai puncak, kamu harus waspada karena rute perjalanan yang akan dilalui cukup curam dan terjal tapi relatif aman.

Lokasinya berada di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, RIAU.

9. Puncak Kompe

Puncak Kompe

Berdekatan dengan Ulu Kasok, Puncak Kompe memiliki kemiripan dengan destinasi Raja Ampat. Namun, disini kamu tidak bisa menyelam, hanya menikmati keindahan danau dan pulau kecil di sekelilingnya.

Keindahan panorama di atas ketinggian dengan hembusan angin semilir yang menerpa akan membuatmu merasa nyaman.

Terdapat dek sederhana dan beberapa ayunan langit yang bisa kamu jadikan spot selfie terbaik.

Setelah menikmati panorama di atas bukit, jangan lewatkan ragam kuliner lezat di sekitar lokasi seperti Ikan Baung asam pedas dan sop tumpang yang terbuat dari daging sapi dan rasanya lezat.

Lokasi yang berada di Jl. Lintas Sumbar, Koto Mesjid, XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Demikian penjelasan mengenai 9 Destinasi Wisata di Kampar Riau yang Ramai Dikunjungi. Selamat berlibur.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close