wisata

√ 11 Destinasi Wisata di Kota Bengkulu yang Patut Dikunjungi

Jika kamu memiliki rencana liburan ke Bengkulu, makan kota ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk dikunjungi. Selama ini Bengkulu terkenal karena sepi wisatanya, namun ternyata di Bengkulu ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata bernuansa alam, sejarah, deligi maupun kuliner yang tidak kalah dengan wisata di Bandung, Jogja dan kota besar lainnya.

Agar kamu bisa menemukan tempat wisata di Bengkulu  yang paling indah dan direkomendasikan untuk didatangi. Berikut daftar 11 Destinasi Wisata di Bengkulu Yang Patut Di Kunjungi.

1. Pusat Pelatihan Gajah Seblat

Pusat Pelatihan Gaja Seblat

Pusat Pelatihan Gajah Seblat yang terletak di Bengkulu Utara, tepatnya di kecamatan Putri Hijau. Letaknya sekitar 2 sampai 3 jam dari pusat kota Bengkulu, dan merupakan salah satu dari lima tempat latihan gajah yang ada di Indonesia saat ini.

Buat kamu yang tertarik pada kelestarian hewan yang dilindungi, maka bisa berkunjung ke tempat ini. Selain melihat tentu saja bisa ikut serta merawat dan mencoba naik ke atas Gajah, namun harus dikawal sang pawang gajah.

Baca juga : Wisata di Sumatera Selatan

2. Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah

Meski nama danau ini terkesan “seram” namun tidak dengan pesona keindahan yang ditawarkannya. Berada di kota Bengkulu dengan luas keseluruhan 557 dan luas permukaan 67 hektar. Terbentuk dari aktivitas gunung berapi di daerah tersebut dan sudah ditetapkan sebagai cagar alam Indonesia.

Legenda Danau Dendam Tak Sudah sudah begitu ramai beredar, di antaranya legenda tentang buaya buntung, keramat pintu air, keramat danau, lintah raksasa sampai dendam yang tidak berkesudahan, dan memiliki kisahnya masing – masing.

Walau demikian tidak mengurungkan niat wisatawan untuk datang dan sekedar bersantai di sekitar danau, sambil minum es degan dan makan jagung bakar. Selain itu pengunjung bisa melakukan kegiatan memancing sambil berekreasi bersama keluarga di restoran sekitar danau.

Baca juga : Wisata di Painan

3. Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bastari berada di Kabupaten Rejang Lebong, danau yang memiliki panorama alam yang indah karena dikelilingi oleh Bukit Barisan, sehingga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Letaknya tidak jauh dari kawasan pendakian Bukit Kaba. Daerah yang juga dikelilingi kebun sayur mayur dan kebun buah stroberi yang dapat dikunjungi saat musim berbuah.

Selain duduk bersantai bersama keluarga dan kerabat di sekitar danau, pengunjung juga bisa berkeliling danau menikmati udara yang segar.

Baca juga : Wisata di Kota Solok

4. Pulau Tikus

Pulau Tikus

Pulau Tikus merupakan pulau karang yang kecil pulau yang dikelilingi terumbu karang yang luas sehingga dapat melindungi pulau dari abrasi akibat gelombang yang besar. Walau demikian, keberadaan terumbu karang di Pulau Tikus sudah lama mengalami degradasi karena adanya pengrusakan karang oleh manusia dan karena faktor alam.

Baca juga : Wisata di Kota Padang

5. Sungai Suci

Sungai Suci

Sungai suci yang terletak di Kabupaten Bengkulu Tengah, walaupun begitu jaraknya hanya sekitar 25 km dari Bandara Fatmawati. Keunikan dari pantai ini selain namanya yang Suci, juga di pantai ini kamu bisa menikmati keindahan ombak yang memecah karang di antara tebing batu.

Di pantai ini kamu juga bisa menikmati pemandangan pulau kecil dengan cara menyeberang jembatan gantung kemudian piknik di bawah pepohonan pinus dengan hembusan semilir angin pantai yang menenangkan hati.

Baca juga : Wisata di Kota Pariaman

6. Kebun Teh Kabawetan

Kebun Teh Kabawetan

Suasana sejuk dan dingin menyelimuti begitu sampai di kawasan kebun Teh Kabawetan yang terletak di ketinggian 1000 m di atas permukaan laut ini. Dengan panorama alam yang hijau terhampar, perkebunan ini menjadi tempat favorit masyarakat Bengkulu untuk melepas kepenatan pada akhir pekan dan liburan bersama keluarga.

Selain memanjakan mata melihat pemandangan yang menyejukkan, sebelum mencapai kebun teh ini di sepanjang jalan ada jajanan lokal dan tidak jauh dari lokasi pemandian untuk anak-anak dan juga orang dewasa.

Untuk mencapai lokasi kebun teh ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa. Dan lokasinya sangat mudah dijangkau karena berada di pusat kota kabupaten.

7. Benteng Malborough

Benteng Malborough

Benteng Malborought atau Fort Marlborough merupakan benteng peninggalan Inggris yang didirikan pada tahun 1713 diatas bukit buatan dengan menghadap ke arah kota Bengkulu dan membelakangi Samudra Hindia. Banyak benda sejarah di dalam benteng yang luas dan asri, seperti meriam, foto dan berkas peninggalan, juga pengunjung dapat merasakan suasana didalam penjara yang sempit dan sedikit misteri didalamnya.

Benteng terletak di pusat kota Bengkulu, di daerah yang disebut Kampung Cina. Lokasinya dekat dengan beberapa lokasi yang terkenal seperti rumah dinas Gubernur, pertokoan juga wisata kuliner di sepanjang tempat wisata Pantai Tapak Paderi yang terletak di belakangnya.

8. Pantai Panjang

Pantai Panjang

Pantai Panjang merupakan lokasi pertama yang wajib didatangi wisatawan di kota Bengkulu, pantai yang memiliki garis pantai yang mencapai 7 km dan lebar sekitar 500 m. Pantai Panjang juga menjadi lokasi favorit masyarakat di Bengkulu, karena disana terdapat sport centre untuk melakukan kegiatan olahraga seperti jogging juga bersepeda.

Di pantai panjang kamu bisa menikmati pemandangan yang indah dan air laut yang biru, karena seluas mata memandang hanya ada keindahan dari Samudra Hindia.

Selain itu yang selalu dinanti adalah sunset, sebab senja di Pantai Panjang Bengkulu terlalu asik untuk diabaikan dan dijamin merupakan senja dengan pemandangan awan yang paling mempesona.

9. Pantai Air Bengkenang

Pantai Air Bengkenang

Memang jalan menuju pantai ini cukup licin dan sulit dilalui, semua perjuangan kamu akan terbayar saat melihat keindahan pantai dengan beragam spot  menarik. Kamu juga bisa menikmati hasil laut yang segar dan nikmat untuk disantap.

Lokasinya berada Kelurahan Tanjung Besar, Kecamatan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan.

10. Pantai Padang Betuah

Pantai Padang Betuah

Di Pantai Padang Betuah ini kamu bisa menikmati keindahan pantai dan danau dari atas bukit. Untuk mencapai bukit, kamu harus lebih berhati-hati, karena medannya cukup menanjak. Hamparan rumput di atas bukit menambah suasana jadi lebih damai dan sejuk.

Lokasinya berada di Padang Betuah, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah.

11. Air Terjun Singkai

Air Terjun Singkai

Keindahan Air Terjun Singkai akan sebanding dengan perjuangan mencapai tujuan. Kamu harus menyeberang dengan menggunakan rakit, lalu turun melewati beberapa anak sungai tanpa jembatan. Jika hujan, kamu harus menginap, karena sungai tidak bisa diseberangi dengan arus dan pasang.

Lokasinya berada di Kelurahan Lubuk Selandak, KecamatanTeramang Jaya, Kabupaten Muko-muko, Bengkulu.

Sekian penjelasan dari 11 Destinasi Wisata di Bengkulu Yang Patut Di Kunjungi. Semoga menjadi rekomendasi saat kamu berlibur ke kota Bengkulu.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close