wisata

√ 12 Destinasi Wisata di Kota Padang Dengan Sejuta Pesona

Berbicara soal kota Padang, hal pertama yang pasti langsung kamu ingat yaitu makanan khasnya. Mulai dari rendang yang diakui sebagai makanan terenak di dunia sampai kue lupis yang rasanya legit.  Tapi tahu tidak jika kota Padang juga memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan Bali atau Jogjakarta.

Tempat wisata di Padang memiliki banyak pilihan mulai dari wisata alam sampai wisata sejarahnya. Juga wisata alamnya yang membuat terkesima dengan pantainya di Padang, begitu juga dengan air terjun alamnya yang jumlahnya banyak. Kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata di kota Padang. Contoh berikut ini 12 Destinasi Wisata di Kota Padang Dengan Sejuta Pesona.

Inilah tempat wisata Padang Sumatera Barat ini siap untuk kamu jelajahi.

1. Lembah Harau

Lembah Harau

Mungkin tanpa sadar kamu sudah sering melihat keindahan Lembah Harau di sosial media. Namun, Lembah Harau sudah lama menjadi salah satu tempat wisata di Padang paling fotogenic.

Dengan hamparan sawah hijau yang diapit bukit cadas memiliki kecantikannya yang menarik. Lembah Harau sudah menjadi cagar alam sejak tahun 1993. Saat ini Lembah Harau juga menjadi rumah bagi floral hutan hujan tropis yang langka.

Tempat wisata di Padang yang menyimpan keindahannya sampai saat ini. Mulai dari pantai Padang yang masih asri sampai pada wisata Kota Padang yang menyajikan banyak informasi soal budaya dan tradisi Minangkabau.

2. Danau Singkarak

Danau Singkarak

Kamu sudah tidak asing lagi dengan nama Danau Singkarak. Danau yang berada di Kabupaten Solok juga cukup terkenal. Danau terluas kedua di Pulau Sumatera juga mempunyai sejarah panjang dan keindahan yang tiada duanya.

Setiap tahun Danau Singkarak menjadi destinasi wisata yang paling diminati terutama oleh pecinta olahraga sepeda. Pembalap sepeda bisa mengikuti lomba Tour De Singkarak dengan panorama keindahan Danau Singkarak. Danau hasil proses teknotik yang sekarang menjelma menjadi salah satu keindahan alam khas Sumatera Barat.

Baca juga : Wisata di Kota Pariaman

3. Lembah Anai

Lembah Anai

Air Terjun di Padang menjadi daya tarik tersendiri bagi kebanyakan wisatawan. Air terjun paling terkenal di Padang yaitu Lembah Anai yang juga menjadi maskot pariwisata di Sumatera Barat. Keindahan air terjun setinggi 35 meter ini memang akan membuat siapapun berdecak kagum.

Walaupun berada di luar kota Padang, namun Lembah Anai selalu dipadati wisatawan yang ingin menikmati keindahannya. Air terjun yang berada di bagian Cagar Alam Lembah Anai tidak hanya satu. Kamu bisa melihat 3 air terjun lainnya di lokasi cagar alam ini. Selain itu, tidak jauh dari Lembah Anai, kamu akan menemukan pemandangan yang tidak kalah cantiknya. Ada aliran sungai besar berbatu yang mengalir air jernih dan dilintasi jembatan rel kereta api bekas peninggalan Belanda yang unik dan menarik.

Baca juga : Wisata di Lubuk Basung

4. Danau Maninjau

Danau Maninjau

Sumatera Barat menyimpan banyak keindahan alam yang cantik dan patut dikunjungi. Salah satu tempat wisata di Padang yang pasti tidak boleh terlewat adalah Danau Maninjau.

Walau jauh dari Kota Padang, namun Danau Maninjau tetap menjadi pilihan favorit wisatawan. Danau yang terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang. Danau Maninjau menjadi danau vulkanik yang terbentuk dari letusan gunung Sitinjau. Dari danau kamu masih bisa menikmati pemandangan bukit yang memiliki kedalaman 157 meter.

Baca juga : Wisata di Padang Panjang

5. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman

Satu wisata sejarah yang patut kamu kunjungi yaitu Kamu Museum Adityawarman yang berlokasi di Kota Padang. Museum yang diresmikan tahun 1977 dan mengambil nama salah seorang raja Malayapura di abad ke-14.

Museum Adityawarman dijuluki sebagai Taman Mini ala Sumatera Barat. Sama seperti Taman Mini Indonesia Indah yang menjadi museum kecil Indonesia. Museum Adityawarman juga menjadi museum Sumatera Barat. Di sini kamu bisa mempelajari tentang kebudayaan, tradisi, dan sejarah suku Minangkabau.

Baca juga : Wisata di Payakumbuh

6. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak

Tempat wisata di Padang yang patut dikunjungi adalah Pulau Cubadak. Lokasi pulau memang agak jauh, tapi wajib dikunjungi. Karena di pulau ini kamu bisa melakukan beberapa olahraga air seperti diving dan snorkeling.

7. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya dapat kamu nikmati saat sore atau malam hari. Kamu bisa melihat pemandangan kota Padang yang cantik dan indah. Selain menikmati pemandangan kota, kamu juga bisa berwisata kuliner di sini. Suasana yang tidak jauh berbeda dengan Puncak yang penuh dengan warung yang menjajakan jagung bakar.

Baca juga : Wisata di Batusangkar

8. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis

Masih ingat kisah Malin Kundang?. Di sini wisata ke Padang, Sumatera Barat tidak lengkap jika tidak mengunjungi batu Malin Kundang. Kamu bisa menemukan batu ini di Pantai Air manis.

Pantai Air Manis yang letaknya tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur. Selain bisa melihat batu Malin Kundang, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang masih terjaga kelestariannya.

9. Pantai Padang

Pantai Padang

Pantai Padang menjadi salah satu tempat wisata yang sangat mudah dijangkau. Tidak perlu jauh kamu hanya perlu berkendara sebentar dari pusat kota Padang. Lokasinya tidak berbeda jauh dengan sepert wisata di tempat lainnya.

Pantai Padang sendiri disebut orang lokal dengan Taplau. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan pantai yang elok. Wisata pantai di Padang ini juga sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan terjaga.

10. Jam Gadang

Jam Gadang

Salah satu objek wisata di Padang yang paling dikenal adalah Jam Gadang. Lokasi wisata di kota Padang bisa ditemukan di Bukit Tinggi. Ikon dari Sumatera Barat ini menjadi peninggalan jaman penjajahan Belanda.

Objek wisata di Padang memiliki nilai histori yang tinggi. Jam Gadang mempunyai keunikan tersendiri. Karena angka yang ada di Jam Gadang menggunakan angka romawi tapi simbol angka IV tertulis dengan III. Di dekat Jam Gadang kamu bisa menemukan tempat wisata lain yang tidak kalah menarik.

11. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak menjadi objek wisata di Padang berikutnya, pantai ini berada di Tabing. Lokasinya sekitar 20 KM dari pusat Kota Padang, kamu bisa berjalan ke arah jalan lintas Padang, Pariaman.

Pantai yang berpasir  putih, dan dipenuhi oleh pohon – pohon kelapa yang menjulai tinggi. Menambah kenyamanan liburan di Pantai Pasir Jambak, disediakan fasilitas seperti tempat parker yang cukup luas, panggung hiburan, tempat makan, homestay , gazebo dan penyewaan perahu. Sangat cocok untuk berjemur, berenang bersantai dan menyaksikan matahari terbenam. Untuk datang ke pantai Pasir Jambak ini, kamu bisa mencapainya dengan transportasi motor, mobil, bus umum ataupun taksi yang tersedia.

12. Pantai Caroline

Pantai Caroline

Berikut ini pantai yang dijadikan sebagai lirik lagu yang berasal dari Minang, Pantai Caroline. Pantai yang menjadi salah satu tempat wisata di Padang yang wajib dikunjungi. Lokasinya berada dari Teluk Bungus, 25 km di selatan Kota Padang, dapat dicapai dengan taxi atau angkot jurusan Bungus. Ada banyak fasilitas disini, seperti penginapan, cottage, restoran, panggung kesenian, dan taman bermain yang cukup luas. Dari Pantai para wisatawan juga dapat menyewa motor boat atau perahu nelayan untuk pergi ke pulau karang yang berada di depannya.

Cuaca yang cerah membuat suasana pantai semakin menggoda untuk dikunjungi. Pasir putih dan ombak biru merayu siapa saja yang berkunjung siang itu ke Pantai Carolin. Pecahan ombak yang menyisir hingga tepian menyisakan buih putih dan menyapu pasir pantai berwarna putih kecoklatan. Pantai yang landai dan rindangnya pepohonan menjadi daya tarik bagi setiap pengunjung. Kawasan Caroline terbilang masih menyimpan potensi laut yang lebih baik dibanding dengan kawasan lain di sepanjang Pantai Padang lainnya.

Nah, semoga penjelasan dan contoh 12 Destinasi Wisata di Kota Padang Dengan Sejuta Pesona. Menjadi destinasi pilihan saat berlibur nanti.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close