wisata

√ 10 Destinasi Wisata di Kota Sidikalang yang Sangat Menarik

Kabupaten Dairi yang merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Ibukota dari Kabupaten Dairi yaitu Sidikalang.

Membahas tentang Sumatera Utara, sudah pasti yang akan dibahas mengenai Danau Toba, yang memiliki keindahan alam luar biasa, dan bahkan namanya sudah mendunia. walau demikian, Sumatera Utara juga punya satu kawasan yang memiliki potensi wisata luar biasa, seperti di Dairi.

Kabupaten Dairi menjadi salah satu kabupaten dari sebanyak 33 kabupaten atau kota, yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Dengan mempunyai luas wilayah 192.780 hektar, atau sekitar 2,69% dari luas Provinsi Sumatera Utara.

1. Sungai Lau Renun

Sungai Lau Renun

Sungai Lau Renun menjadi sungai paling panjang di Kabupaten Dairi, dan memiliki arus yang cukup deras. Arus yang deras ini tidak membuat wisatawan enggan untuk mengunjunginya, bahkan mereka memanfaatkan arus yang deras ini untuk wahana seperti arung jeram. Untuk melakukan arung jeram di sini bakal memacu adrenalin kamu. Kamu harus mempersiapkan semuanya jika ingin mencoba arung jeram di sini, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca juga : Wisata di Meulaboh Aceh

2. Taman Wisata Iman Sitinjo

Taman Wisata Iman Sitinjo

Yang menjadi daya tarik utama dari taman ini yaitu terdapatnya 5 rumah ibadah untuk masing-masing agama yang ada di Indonesia. Letak dari 5 rumah ibadah itu saling berdekatan. Hal itu menggambarkan simbol toleransi warga Dairi. Terdapat pula Taman Firdaus yang berisikan wahana berupa ruang painting tiga dimensi dan juga ruang laser.

Baca juga : Wisata di Calang Aceh

3. Pantai Paropo

Pantai Paropo

Tempat yang menawarkan pemandangan Danau Toba yang tiada duanya. Di sini, kamu bisa berkemah dan juga memancing. Kegiatan memancing akan jadi tidak terasa, karena di tempat ini udaranya sejuk, sehingga kamu bisa memancing sambil ditemani angin sepoi. Dan saking betahnya, mungkin kamu bisa sampai lupa waktu berada di sini.

Baca juga : Wisata di Kota Lhokseumawe

4. Air Terjun Lae Mbilulu

Air Terjun Lae Mbilulu

Hal yang menarik dari air terjun ini yaitu adanya dua air terjun yang mengalir secara bersamaan, sehingga disebut juga air terjun kembar. Untuk bisa menikmati air terjun ini, maka kamu harus sedikit berusaha, karena perjalanan menuju air terjun ini yang tergolong cukup sulit. Sebelum mencapai air terjun ini, kamu harus melalui perbukitan, jembatan gantung, dan juga jalanan yang licin. Namun semua akan terbayarkan setelah mencapai air terjunnya. Air terjun di sini tergolong jernih dan indah.

Baca juga : Wisata di Bireuen Aceh

5. Tao Silalahi

Tao Silalahi

Letak dari Tao Silalahi yang berdekatan dengan Danau Toba, menjadikan tempat ini cocok buat kamu yang mau menikmati pemandangan Danau Toba yang sudah mendunia. Keindahan di tempat ini berupa bentangan pantai yang indah, disertai dengan latar perbukitan nan hijau yang memukau. Hal tersebut membuat siapa pun akan terhipnotis olehnya, dan jadi betah berlama-lama. Di sini, kamu bisa berenang, mengelilingi danau dengan perahu, atau hanya sekedar bersantai. Bahkan kamu juga bisa berselancar di sini.

Baca juga : Wisata Pulau Nias

6. Pemandian Lau Timah

Pemandian Lau Timah

Berbeda dengan pemandian pada umumnya yang memiliki air bersuhu hangat atau bahkan panas, di pemandian Lau Timah ini airnya justru terasa dingin. Air tersebut berasal dari celah-celah bebatuan, yang uniknya berwarna biru terang. Selain menyuguhkan pemandangan sekitar yang indah dipandang, air di pemandian ini ternyata memiliki khasiat bagi kesehatan. Katanya, air di pemandian ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti asam urat, atau penyakit kulit. Banyak orang yang sudah membuktikan khasiat dari air tersebut.

7. Rumah Pakpak

Rumah Pakpak

Rumah Pakpak merupakan rumah adat yang digunakan oleh suku Pakpak. Tentunya tempat ini cocok bagi kamu yang ingin berwisata budaya, karena rumah ini penuh nilai budaya leluhur. Kamu bisa belajar berbagai hal di sini, seperti contohnya bagaimana nenek moyang kita hidup dahulu, tujuannya agar budaya asli Nusantara jangan sampai hilang karena termakan zaman.

8. Air Terjun Lae Pendaroh

Air Terjun Lae Pendaroh

Seperti kebanyakan wisata air terjun lainnya, pemandangan di sekitar air terjun ini akan memukau kamu, dan udaranya juga sejuk karena masih alami dan asri. Akses ke air terjun ini sangat mudah, karena berada di pinggir jalan, sehingga pengunjung tidak akan kesulitan mencapai air terjun ini. Yang unik dari air terjun ini yaitu kadang warna airnya akan berubah menjadi merah. Hal ini terjadi pada saat musim hujan.

9. Tempat Wisata Alam Sicike-cike

Tempat Wisata Alam Sicike-cike

Bagi kamu yang menyukai wisata alam, maka pilihan di Dairi yaitu Tempat Wisata Alam Sicike-cike. TWA Sicike-Cike yaitu wisata yang menonjolkan keindahan dan keasrian alam yang berpadu dengan konsep pelestarian alam.

TWA Sicike-cike adalah hutan suaka alam, hutan pelestarian alam yang terletak di Desa Bangun, Kecamatan Parbuluan dan menjadi salah satu dari 124 TWA yang ada di Indonesia atau salah satu dari 6 TWA yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Potensi dari flora dan fauna banyak ditemui di lokasi ini. Mulai dari jenis bunga anggrek sampai jenis satwa dapat dijumpai sehingga tidak jarang lokasi ini sering dijadikan sumber penelitian dari dalam maupun luar negeri.

10. Puncak Sidiangkat

Puncak Sidiangkat

Selain karena panorama yang indah di pagi dan sore hari juga tempat ini jauh dari polusi udara, yaitu Puncak Sidiangkat atau sering disebut Puncak Nantampuk Mas. Lokasi ini mempunyai wisata berupa Sarang Burung. Jaraknya sekitar 8 kilometer dari pusat kota Sidikalang dan terletak di Desa Sidiangkat.

Spot foto menarik menyerupai sarang burung yang tidak hanya disukai kaum milenial, namun juga orang tua banyak yang datang berkunjung sekadar menambah koleksi foto untuk diunggah di media sosial. Membuat tempat ini menjadi andalan bagi wisatawan yang penasaran ingin melihatnya.

Dengan demikian penjelasan dari 10 Destinasi Wisata Di Sidikalang Yang Patut Dicoba. Semoga menjadi pilihan tempat menarik saat kamu berlibur di kota ini.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close