wisata

√ 14 Destinasi Wisata di Lubuk Basung yang Wajib Dikunjungi

Lubuk Basung menjadi satu dari sekian daerah di Kab. Agam, provinsi Sumatera Barat yang terdapat 5 kelurahan yaitu Geragahan, Kampung Pinang, Kampung Tangah, Lubuk Basung, Manggopoh, . Kawasan terbaik di sekitar lokasi Lubung basung memiliki potensi wisata alam yang menarik dan indah untuk dikunjungi. Apa saja wisata tersebut?, berikut ini contoh 14 Destinasi Wisata di Lubuk Basung yang Wajib Dikunjungi.

1. Wisata Puncak Gaduang Agam

Wisata Puncak Gaduang Agam

Berlokasi di  Jorong Surabayo, Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, objek wisata yang baru dibuka pada pertengahan 2018 ini sukses mencuri perhatian para pengunjung karena berlatarkan pemandangan alam, dan membuatnya viral di media sosial.

Puncak Gaduang sebelumnya hanya area perbukitan dengan jalur jalan setapak, dan hanya masyarakat setempat yang sering singgah atau berkunjung kesana untuk sekedar melepas lelah atau menikmati pemandangan menjelang senja.

Setiap minggunya ratusan wisatawan baik lokal maupun mancanegara selalu menyempatkan diri untuk berkunjung kesana dan menikmati keindahan alamnya.

Baca juga : Wisata di Padang Panjang

2. Pantai Ujung Karang

Pantai Ujung Karang

Pantai yang dahulunya dijadikan sebagai pelabuhan pada zaman Belanda. Pantai yang berada di Kecamatan Tanjung Mutiara, dan hanya saja akses ke lokasi pantai ini kurang bagus karena jalannya masih kurang baik.

Baca juga : Wisata di Payakumbuh

3. Kelok 44

Kelok 44

Dari objek wisata yang kita dapat memandang keindahan Danau Maninjau dan juga dapat memberi makan kera-kera yang berada di lokasi wisata ini. Mengapa namanya kelok 44? hal tersebut karena objek wisata ini merupakan jalan yang memiliki 44 belokan yang cukup menantang.

Baca juga : Wisata di Batusangkar

4. Ekowisata Lasi

Ekowisata Lasi

Ekowisata Lasi yang berada di daerah Kecamatan Canduang. Disini kamu akan dapat menikmati keindahan alam dengan melihat perkebunan markisah, jeruk dan bermacam-macam sayuran lainnya. Selain itu udara di Ekowisata Lasi sangat sejuk dan nyaman untuk berekreasi bersama keluarga.

Baca juga : Wisata di Sawahlunto

5. Taman Tirtasari

Taman Tirtasari

Objek wisata yang satu ini termasuk objek wisata yang baru dibuka kembali setelah pada tahun 70an di tutup karena kurangnya pengelolaan dari masyarakat sekitar. Pada awal tahun 2016 objek wisata alam ini kembali dibuka. Lokasi objek wisata yang berada di Jorong Sonsang, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam.

Baca juga : Wisata di Buktittinggi

6. Bunga Raflesia

Bunga Raflesia

Ada dua lokasi wisata untuk melihat Bunga Raflesia di Kabupaten Agam diantaranya yaitu di Kecamatan Banuhampu dan juga di Batang Palupuh Agam yang hanya akan mekar pada bulan November saja. Jadi sempatkan datang di bulan tersebut.

7. Air Terjun Tiga Tingkat

Air Terjun Tiga Tingkat

Air Terjun Tiga tingkat berada di daerah Kecamatan Palupuh tepatnya berlokasi di jorong Pua Gadih. Sesuai dengan nama lokasi wisata ini, pemandangan yang dapat kita lihat di sana yaitu air terjun yang memiliki tiga tingkat.

8. Danau Maninjau

Danau Maninjau

Terletak di Kecamatan Tanjung Raya, untuk ke lokasi wisata satu ini tentu kamu dengan sangat mengetahui lokasinya jika menggunakan google map atau menggunakan jasa pemandu lokal karena Danau Maninjau itu cukup luas. Jadi akan sukar sekali untuk tersesat.

9. Puncak Lawang

Puncak Lawang

Puncak lawang yang terletak di daerah Kecamatan Matur, kabupaten Agam. Dari puncak lawang ini kamu dapat melihat keindahan Danau Maninjau yang berada di bawah Puncak Lawang.

Untuk ke lokasi ini kamu nantinya akan melalui kelok 44 yang merupakan salah satu objek wisata menarik lainnya yang ada di Kabupaten Agam.

10. Lembah Anai

Lembah Anai

Air terjun lembah anai menjadi salah satu obyek wisata di Sumatera Barat yang begitu populer. Objek wisata ini selalu ramai terlebih saat akhir pekan.Tempatnya yang ada di pinggir jalan lintas Padang, Padang Panjang (Bukit Tinggi) menjadikan objek wisata ini sangat mudah sekali untuk dijangkau.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter mempunyai debit yang besar, airnya yang jernih dan dingin membuat udara di sekitarnya menjadi dingin. Untuk masuk, hanya mengeluarkan uang sebesar Rp. 2000 atau Rp. 3000 saja.

11. Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung

Sumatera Barat sangat terkenal dengan warganya yang masih melindungi serta menjunjung tinggi nilai budayanya. Salah satu peninggalan budaya masyarakat minangkabau yaitu Istana Pagaruyung, atau Istano Basa. Yang letaknya di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Istana ini adalah destinasi wisata budaya yang populer di Sumatera Barat.

Istana yang mempunyai nilai histori yang sangat kental sekali, dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung di Batusangkar yang memiliki ciri khas Minangkabau. Di dalam istana ada beberapa barang peninggalan kerajaan yang masih terpelihara dengan baik. Di sekitar istana ini kamu bisa menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk.

12. Danau Singkarak

Danau Singkarak

Danau singkarak yang terbentang luas, serta menjadi danau terluas kedua sesudah danau toba. Luas danau ini sekitar 107,8 km². Danau yang mempunyai sejuta potensi yang dapat dikembangkan, salah satunya yaitu pembangkit listrik. Di danau ini juga ada satu pagelaran internasional yang diselenggarakan satu kali dalam dua tahun, yaitu tour de singkarak. Para sepeda dari berbagai negara akan turut serta dalam festival internasional ini.

13. Lembah Harau

Lembah Harau

Ternyata Sumatera Barat juga mempunyai Green Canyon yang indah. Lembah Harau namanya. Lokasinya dekat dengan kota Payakumbuh, dan lembah ini diapit oleh dua bukit cadas yang terjal dengan ketinggian kurang lebih 150 meter. Bentuk topografi dari Lembah Harau berbukit dan bergelombang, di sekitaran Lembah Harau juga masih memiliki udara yang bersih serta pengunjung bisa dilihat keindahan alamnya.

Di sekitar Lembah Harau terdapat tebing granit yang terjal dan tingginya sekitar 80 – 300 meter. Pada lokasi wisata Lembah Harau terbagi jadi 2 tempat yaitu Sarasah Bunta yang terdapat 5 air terjun dan kolam penampung air terjun serta tempat wisata yang lain yaitu akar berayun dan kolam untuk berenang dengan keluarga, serta ada tempat untuk berkemah. Lembah Harau memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan dijadikan sebagai rute baru dalam lomba sepeda Tour de Singkarak.

14. Danau Kembar

Danau Kembar

Disebut Kawasan Danau Kembar, karena dua danau, yaitu Danau Diatas serta Danau Dibawah terdapat berdampingan yang jaraknya hanya kurang lebih 300 meter. Lokasi ini lebih dulu dikenal sebagai tempat wisata karena terdapat di tepi jalan raya Padang-Muaralabuh dan Kerinci.

Pengunjung dapat melihat indahnya Danau Diatas dengan bukit kecil yang disebut bagian Bukit Barisan yang mengelilinginya. Tampak juga keramba ikan milik masyarakat. Sedangkan Danau dibawah dikelilingi beberapa bukit yang besar. Tidak seperti di Danau Diatas, kita tidak bisa menyentuhkan tangan atau kaki ke dalam air, dan hanya bisa melihat pemandangannya yang indah saja.

Sekian contoh dari 14 Destinasi Wisata di Lubuk Basung Yang Wajib Dikunjungi. Selamat berlibur.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close