wisata

√ 11 Destinasi Wisata di Padang Panjang yang Menarik

Menyebut Provinsi Sumatera Barat, pasti langsung teringat nikmatnya sajian kuliner yang selalu menggugah selera. Selain kuliner, tentunya bervariasi destinasi wisata juga bisa dikunjungi untuk menghabiskan waktu bersama orang terkasih.

Di Sumatera Barat, terdapat satu wilayah terkecil yang menyimpan beragam destinasi wisata yang memiliki pesonanya tersendiri. Pesona wisata di Padang Panjang yang bisa dijadikan lokasi wisata di liburan mendatang. Untuk itu berikut 11 Destinasi Wisata Padang Panjang Terbaru dan menarik, patut untuk dicoba.

1. Kubu Gadang

Kubu Gadang

Menikmati keindahan alam dan paket wisata di desa wisata Kubu Gadang, beralih ke pasar digital Kubu Gadang. Pasar yang mengusung konsep yang menarik yang mengundang perhatian untuk dikunjungi. Segala objek yang ada di pasar digital Kubu Gadang, mulai dari penampilan pedagang, tempat jual beli sampai alat tukar untuk bertransaksi, dibuat unik. Terdapat kuliner tradisional yang sudah mulai jarang ditemukan ada di pasar ini, seperti bakwan lanyah, sarang pinjangek, lompong sagu dan masih banyak lagi. Tidak boleh dilewatkan, ada banyak spot asik untuk dijadikan latar berfoto yang instagramable.

2. Lembah Anai

Lembah Anai

Lembah Anai merupakan salah satu air terjun yang berada di kawasan Cagar Alam Lembah Anai, berasal dari aliran sungai Batang Lurah Dalam yang mengalir dari atas Gunung Singgalang. Air terjun berada di wilayah Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar. Saat melintasi jalan trans Sumatera yang menghubungkan Kota Padang dan Kota Bukit Tinggi, kamu bisa melihat air terjun ini karena hanya berjarak beberapa meter dari pinggir jalan. Cukup strategis lokasi wisata ini.

Baca juga : Wisata di Payakumbuh

3. Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau

Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau

Saat melakukan wisata di Padang Panjang, kamu bisa mampir ke salah satu museum yang terletak di Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang, yaitu Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau. Berada di dalam bangunan khas Minangkabau, Rumah Gadang Koto Piliang, di museum ini kamu bisa menjumpai banyak informasi juga koleksi dari kebudayaan Minangkabau. Tidak hanya lebih dari 360 buah koleksi foto, tapi di Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau juga terdapat dokumentasi audio yang bisa diketahui.

Baca juga : Wisata di Batusangkar

4. Nagari 1000 Rumah Gadang

Nagari 1000 Rumah Gadang

Berbeda dengan Rara Jonggrang yang meminta 1000 candi dalam waktu semalam, kawasan rumah Gadang ini dibangun dalam waktu yang lebih lama.

Nama tempat ini tidak bisa diterjemahkan secara harfiah karena besar kemungkinan jumlahnya tidak sampai seribu rumah.

Kamu bisa menginap satu atau dua malam di salah satu rumahnya, menyaksikan tarian tradisional, dan mempelajari adat istiadat suku aslinya. Kompleks rumah tradisional yang terletak di kabupaten Solok Selatan. Rumah Gadang dapat dengan mudah dikenali lewat atapnya yang runcing yang disebut gonjong, yang konon merepresentasikan tanduk kerbau, lambang suku asli Minangkabau.

Baca juga : Wisata di Sawahlunto

5. Lembah Harau

Lembah Harau

Lembah Harau diapit oleh dua bukit yang menjulang. Di kawasan ini berjajar tebing-tebing granit terjal yang memiliki ketinggian dari 80 m sampai 300 m.

Dengan tebing tinggi tersebar, pecinta panjat tebing sangat dimanjakan lewat tantangan yang ada. Beberapa orang bahkan mengklaim tingkat kesulitan bebatuan granit setara dengan Lembah Yosemite yang tersohor di Amerika Serikat. Jelas ini sangat menantang.

Baa juga : Wisata di Tanjung Pinang

6. Taruko Café & Resto

Taruko Café & Resto

Tempat kecil yang luar biasa yang memiliki pemandangan hutan lebat, perbukitan, sawah, lapangan terbuka, dan sungai yang sangat indah. Di sini, kamu akan dikelilingi oleh bangunan yang menyerupai Rumah Gadang dengan atap-atap menjulang dan menjadikan tempat ini sebagai pilihan wisata yang menarik.

Dinamai rumah pohon, karena cafe utamanya sendiri memang dibangun menyerupai sebuah pohon raksasa, menggambarkan mimpi yang pasti dimiliki oleh semua anak-anak. Tersedia masakan khas Sumatera Barat atau juga bisa menyeruput kopi sambil menggantung kaki.

Pemandangan hijau yang menyegarkan, sambil ditemani musik santai, menjadi sebuah liburan yang menyenangkan.

Baca juga : Wisata di Bukittinggi

7. Lawang Adventure Park

Lawang Adventure Park

Menikmati pemandangan utuh Danau Maninjau di tempat yang dijuluki Second place of Swedia ini. Julukan tersebut memang tidak berlebihan, apalagi jika kamu datang di kala senja. Dengan biaya masuk 10 ribu rupiah saja kamu bebas menjelajahi setiap sudut tempat ini.

Ada banyak ragam aktivitas tersedia. Lawang Park menyediakan aneka hiburan yang cocok untuk para penyuka foto, sampai penggila olahraga ekstrim seperti paralayang.

Banyak wisatawan yang dibuat terkagum dengan panorama indah Danau Maninjau yang terhampar tepat di depan mata mereka. Selain itu, di Lawang Park juga kamu bisa memetik stroberi, apel dan jeruk langsung dari kebun kalau sedang musimnya. Menikmati buah segar nan lezat sambil memandangi keindahan alamnya.

8. Air Terjun Lubuk Bulan

Air Terjun Lubuk Bulan

Berkunjunglah ke Lubuk Bulan untuk mendapatkan pengalaman yang dapat menyihir mata. Aliran air terjun ini jatuh dari ketinggian 50 meter ke dalam kolam alami berbentuk sabit di bawahnya. Tempat yang asyik untuk duduk dan bersantai sambil mendengarkan suara air bergemuruh yang menenangkan atau untuk mengambil beberapa foto selfie, sendirian atau bersama teman-teman dan keluarga.

9. Pulau Pagang

Pulau Pagang

Menuju pulau Pagang kamu haru naik perahu ke Pulau Pagang di mana pasir putih dan air yang jernih siap menyambut. Airnya begitu biru dan jernih dan pastinya akan langsung tergoda melompat dari perahu meski belum menginjakkan kaki di pulau ini. Pemandangan bawah lautnya juga dipenuhi dengan ikan berwarna-warni, menjadikannya destinasi yang pas bagi pecinta kegiatan snorkeling.

Lokasi yang sempurna untuk pencinta solo traveler atau yang tidak menyukai keramaian tempat kamu juga bisa mendirikan tenda dan menikmati hari berganti di tepi pantai.

10. Kebun Teh Alahan Panjang

Kebun Teh Alahan Panjang

da tempat yang sempurna untuk kamu. Terletak di ketinggian 1.400 sampai 1.600 meter di atas permukaan laut, Kebun Teh Alahan Panjang di Gunung Talang Solok akan memberikan kesejukan dan jauh dari kerumunan turis.

Kamu akan menyukai bentang alam hijau dan udara sejuk yang dicampur dengan aroma teh. Di tempat ini, juga bisa melihat petani-petani teh memetik daun terbaik. Yang paling membuat menarik destinasi ini adalah adanya dua danau cantik sekaligus. Danau Kembar, sama seperti kebun tehnya sendiri, terletak di dataran tinggi, menjadikan tempat yang sangat pas untuk mengasah kemampuan fotografi.

11. Danau Laut Tinggal

Danau Laut Tinggal

Dijuluki sebagai Danau Perawan, permata tersembunyi berwarna pirus terletak di puncak Gunung Malintang. Dikelilingi oleh bentangan alam berwarna hijau yang membuat kamu akan takjub.

Belum banyak orang mengetahui keberadaan danau ini, hanya beberapa tim penggiat alam bebas saja yang pernah menikmati keindahannya. walau tampak menggoda, ada kandungan sulfur di dalamnya sangat pekat sehingga tidak memungkinkan untuk berenang di danau berdiameter sekitar 2 km ini. Namun, pastinya pemandangannya sudah lebih dari cukup untuk dinikmati.

Demikian contoh 11 Destinasi Wisata Padang Panjang Terbaru dan menarik. Semoga manfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close