wisata

√ 8 Destinasi Wisata di Pulau Bangka yang Wajib Dikunjungi

Berada di Pulau Bangka, memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Tidak dipungkiri pulau dan wisata pantainya yang menggoda untuk berpelesiran. Untuk kamu yang menyukai wisata tantangan patut mencoba beberapa rekomendasi wisata berikut ini.

Untuk tahu lebih banyak apa dan dimana saja tempat wisata tersebut, berikut daftar 8 Destinasi Wisata di Pulau Bangka Yang Wajib Dikunjungi.

1. Pantai Penyak

Pantai Penyak

Salah satu pantai di Bangka Belitung dengan garis pantai terpanjang, mencapai 3 km. Pantai Penyak memiliki pesona pada permukaan pantainya yang landai dan berada tepat di pinggir jalan raya yang menghubungkan antara Pangkalpinang dengan Koba. Inilah sebabnya tempat wisata di Bangka Belitung kerap dijadikan sebagai tempat singgah dan bersantai bagi mereka yang sedang dalam perjalanan.

Di hari libur dan akhir pekan, kawasan pantai selalu ramai dikunjungi masyarakat Bangka untuk menikmati panorama dan bermain-main di bibir pantai. Menikmati air kelapa muda menjadi cara lain yang kerap dilakukan wisatawan di Pantai Penyak. Namun, kurangnya perhatian dari pemerintah memberi kontribusi terhadap pengembangan potensi wisata yang ada.

Alamat Pantai Penyak ada di Desa Penyak, Koba, Kab. Bangka Tengah, Bangka Belitung.

Baca juga : Wisata di Muara Dua

2. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai di Belitung paling menawan dan terpopuler, terlebih pasca dijadikan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi yang terkenal. Bersama-sama dengan Pantai Parai Tenggiri, Pantai Tanjung Tinggi menjadi tempat wisata di Bangka Belitung paling populer di kalangan penikmat perjalanan. Berada di sekitar 30 km dari pusat kota Tanjungpandan, Pantai Tanjung Tinggi memiliki panorama pantai yang indah dengan pasir putih juga bebatuan granit seperti pantai lainnya di Bangka Belitung.

Ragam kegiatan air tersedia di pantai ini, selain itu beberapa kegiatan yang paling sering dilakukan wisatawan di antaranya adalah berenang, berjemur, snorkel, memancing, bermain jetski, sampai berjelajah dengan kano. Fasilitas publik dan akomodasi akan mudah ditemui di kawasan pantai indah ini, mulai dari rumah makan hingga hotel dan resort.

Alamat Pantai Tanjung Tinggi berada di Kec. Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

Baca juga : Wisata di Banyuasin

3. Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona adalah salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakat Pulau Bangka. Membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk dapat sampai di pantai ini dari kota Sungailiat atau 45 menit dari Pangkalpinang. Pantai yang terletak di Desa Rambak, Sungailiat memiliki banyak wahana permainan yang memikat. Akan sangat menyenangkan bagi anak-anak, oleh karena itu destinasi ini menjadi salah satu wisata keluarga yang favorit di Bangka.

Berbagai permainan dan olahraga air juga turut menambah daya tarik tempat wisata di Pulau Bangka ini. Kamu dapat bermain kano, banana boat, jetski, berenang, bermain pasir, hingga memancing. Dengan menyewa speedboat dan peralatan memancing yang telah disediakan, kamu tinggal melaju ke tengah laut untuk mengisi liburan dengan memancing dan berenang.

Alamat Pantai Tanjung Pesona di Jl. Pantai Rebo, Sungailiat,  Bangka Belitung.

Baca juga : Wisata di Kota Batam

4. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang

Berada sekitar 27 km dari pusat kota Tanjungpandan, Pantai Tanjung Kelayang menjadi salah satu destinasi wisata di Bangka Belitung yang populer di kalangan wisatawan domestik dan internasional. Ada ratusan perahu yacht dari berbagai negara singgah di pantai Belitung yang satu ini dalam event Sail Indonesia. Bebatuan granit yang menawan dengan salah satu formasi batu yang membentuk seperti kepala burung, serta hamparan pasir putih yang bersih menjadi pesona keindahan dari panorama pantai ini.

Di kawasan pantai ada berbagai event maritim internasional kerap terselenggara hampir di setiap tahunnya.

Alamat Pantai Tanjung Kelayang berada di Kec. Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

Baca juga : Wisata di Bukittinggi

5. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas

Memiliki nama seperti bumbu masak tapi jangan salah karena pantai satu ini salah satu yang khas dari pulau di Belitung adalah keberadaan mercusuar yang berusia sangat tua dan masih ada sampai kini. Yaitu mercusuar peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1882. Pesonanya terdapat pada hamparan laut biru yang jernih dengan bebatuan granit yang mempesona.

Dengan luas wilayah yang kurang dari 1 hektar, tempat wisata di Belitung ini menyuguhkan panorama laut yang memikat. Cukup dengan menaiki mercusuar setinggi 50 meter tersebut, dapat menikmati pemandangan spektakuler di Pulau Lengkuas. Setiap lantainya memiliki jendela yang menghadap ke berbagai arah. Inilah mengapa Pulau Lengkuas memiliki daya pikat yang selalu mengundang kedatangan pengunjung untuk menikmati keindahannya.

Alamat Pulau Lengkuas berada di Kec. Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

Baca juga : Wisata di Painan

6. Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi berjarak sekitar 7 km dari kota Pangkalpinang. Pantai yang jaraknya paling dekat jika kamu telah sampai di bandara udara Pangkalpinang. Tempat satu ini adalah yang paling terkenal di Bangka. Kamu akan mendapati banyaknya warga Bangka yang mengunjungi kawasan wisata Pantai Pasir Padi.

Tempat wisata di Bangka Belitung satu ini memiliki pasir yang menyerupai bulir padi, hal itu sebabnya dinamakan sebagai pasir padi. Untuk masuk ke kawasan wisata Pantai Pasir Padi, kamu harus membayar tiket masuk pantai Pasir Padi yang cukup terjangkau. Di kawasan pantai, tersedia fasilitas publik yang begitu lengkap. Hotel berbintang, restoran, dan warung makan tersedia dalam jumlah yang cukup banyak.

Alamat Pantai Pasir Padi berada di Kec. Bukit Intan, Pangkalpinang, Bangka Belitung.

7. Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk

Salah satu mutiara indah dari berbagai tempat yang menawan. yaitu Pantai Penyusuk berada di Bangka bagian utara, memiliki panorama pantai yang indah. Kamu akan menjumpai tumpukan batu granit yang membentuk sebuah ceruk di pantai ini. Ditambah lagi dengan pepohonan hijau yang tumbuh di pesisir pantai dan 4 buah pulau yang berjajar indah.

Pulau yang paling favorit untuk disinggahi yaitu Pulau Lampu karena terdapat mercusuar. Di sini banyak wisatawan menghabiskan waktu dengan berenang dan bermain air. Di tempat ini terdapat dua buah kamar mandi untuk membilas tubuh setelah berenang di air laut.

Alamat Pantai Penyusuk berada di Jl. Penyusuk, Belinyu, Bangka Belitung.

8. Pantai Tikus

Pantai Tikus

Pantai Tikus yaitu sebuah pantai di Pulau Bangka Belitung  yang masih tergolong alami, dan terjaga kealamiannya. Panorama indah pantai terwujud melalui bukit terjal dengan hamparan bebatuan granit dan air laut yang biru indah.

Di puncak bukit, kamu akan menyaksikan sebuah kuil peribadatan yang berdiri cukup megah dengan pemandangan yang indah. Kuil atau kelenteng ini berbentuk bulat, menjadi sebuah ciri khas yang ada di Pantai Tikus.

Alamat Pantai Tikus ada di Desa Rebo Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Bangka Belitung.

Demikianlah contoh dari 8 Destinasi Wisata di Pulau Bangka Yang Wajib Dikunjungi, semoga menjadi manfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close