wisata

√ 10 Wisata di Tanjung Balai Karimun dengan Sejuta Pesona

Wisata Tanjung Balai Karimun bisa menjadi pilihan liburan bagi kamu yang sedang mencari dan ingin mencoba destinasi baru. Banyak wisatawan domestik yang belum tahu mengenai tempat indah di Tanjung Balai Karimun. Kepopulerannya memang belum setara dengan wisata yang ada di Raja Ampat Papua, Pulau Dewata Bali, dan berbagai wisata lainnya di Indonesia. Namun, keindahan wisatanya juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kota Tanjung Balai Karimun adalah ibukota Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Letaknya sangat strategis bagi para wisatawan mancanegara, karena berada di jalur pelayaran internasional di sebelah barat Singapura. Luas wilayah Kabupaten Karimun mencapai 7.984 km2 dan terdiri dari ratusan pulau-pulau kecil.

Sebagian dari ratusan pulau yang ada di Kabupaten Karimun menjadi bagian destinasi wisata yang eksotik dan indah. Sebagai kota yang yang berada di kepulauan, sudah pasti wisata pantai menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang berkunjung. Berikut ini adalah Destinasi Wisata Di Tanjung Balai Harus Dikunjungi.

1. Gunung Jantan

Gunung Jantan

Gunung Jantan menjadi spot tertinggi di kabupaten Karimun. Menjadi tempat paling favorit bagi para pendaki.

Pemandangan di atas Gunung sangat indah karena bisa melihat dengan jelas berbagai wilayah dan beberapa lokasi wisata di daerah ini.

Selain bisa menikmati kesejukan alamnya yang alami, Gunung Jantan yang terletak di Desa Pongkar sama seperti wisata Pantai Pongkar dan Air Terjun Pongkar. Ketiga tempat ini wajib dikunjungi bagi pengunjung yang sedang berlibur ke daerah ini.

Baca juga : Wisata di Simalungun

2. Coastal Area Tanjung Balai

Coastal Area Tanjung Balai

Jangan pernah untuk melewatkan salah satu tempat yang sangat populer di kabupaten Karimun ini.

Warga setempat sering menghabiskan waktu untuk berfoto dan juga wisata kuliner di foodcourt yang ada di tempat tersebut.

Terdapat juga wahana dan ragam permainan yang disediakan untuk  pengunjung. Daratan hasil reklamasi yang sangat cocok untuk bersantai sambil melihat pemandangan lautan.

Baca juga : Wisata di Tebing Tinggi

3. Pantai Batu Limau

Pantai Batu Limau

Pantai satu ini juga memiliki ciri khas yang berbeda dengan pantai  kebanyakan.

Bagaimana tidak, pantai yang terletak di Desa Batu Limau, Kecamatan Ungar, Kabupaten Karimun dipenuhi oleh berbagai batu dengan bermacam-macam bentuk dan ukuran. Ada yang berukuran sebesar kapal dan sampai berukuran sebesar biji salak. Lokasi wisata yang menyimpan cerita turun-temurun dan masih dipercayai oleh masyarakat setempat.

Pantai Batu Limau menjadi destinasi wisata bagi masyarakat sekitar. Bagi kamu yang ingin berkumpul bersama keluarga untuk bersantai sembari makan tidak ada salahnya untuk mencobanya di pantai ini.

Baca juga : Wisata di Siborong-borong

4. Pantai Gading

Pantai Gading

Pantai yang terletak di Tanjung Batu, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan beberapa pantai yang ada di wilayah Kabupaten Karimun.

Pesonanya terlihat dari tumpukan batu granit di sepanjang garis pantai. Bebatuan tersebut berada disana secara alami. Tidak hanya karena batunya saja yang membuat unik, disana ada sebuah tangga yang menurut cerita warga sekitar menyimpan cerita yang misteri.

Mereka meyakini jika jumlah anak tangga selalu berubah-ubah. Apabila ketika menaikinya berjumlah 65 namun ketika turun bisa mencapai 60 anak tangga. Keanehan yang mengundang banyak pendatang untuk membuktikan kebenaran cerita tersebut.

Baca juga : Wisata di Kota Tarutung

5. Pantai Tanjung Ambat

Pantai Tanjung Ambat

Pantai lainnya yang tidak kalah indah yaitu Pantai Tanjung Ambat. Pantai ini terletak di Pulau Buru, Kampung Teluk Dalam, Desa Lubuk Puding, Kecamatan Buru, Karimun.

Keindahan di lokasi wisata ini terlihat dari birunya laut dan hamparan pasir putih di sepanjang pantai.

Lokasi yang masih sangat alami dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pengunjung bisa bermain pasir dan juga berenang di laut untuk menghabiskan waktu di tempat ini.

Baca juga : Wisata di Labuhanbatu

6. Pantai Ketam

Pantai Ketam

Pantai Ketam masih bersebelahan dengan Pantai Pongkar dan terletak di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun. Wisata yang mulai diminati masyarakat lokal sebagai tempat wisata.

Dilihat dari namanya, kamu menyangka akan menemukan banyak hewan di pantai ini. Namun tidak, karena pengambilan nama tempat ini karena dahulu pernah dijadikan tempat penangkaran ketam oleh salah seorang penduduk lokal setempat.

Wisata di daerah ini belum sepopuler pantai lain yang menjadi favorit wisatawan untuk berlibur. Karena, pantai ini belum dikelola dengan baik untuk tujuan wisata. Belum ada penginapan atau resort yang bisa digunakan. Wisatawan lokal seringkali berkunjung untuk sekedar melepas penat dan bersantai. Melihat pemandangan laut dan juga merasakan semilir angin sangat cocok untuk kumpul keluarga.

7. Pantai Telunas

Pantai Telunas

Pantai Telunas yang cocok untuk menjadi agenda liburan. Tempat ini direkomendasikan bagi kamu yang ingin berlibur bersama pasangan untuk berbulan madu.

Karena, pantai ini menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan seperti sedang berada di pulau impian. Laut biru yang jernih seperti kaca, angin sepoi, langit yang biru, dan hamparan pasir putih berada di wisata ini. Ditambah ada penginapan di atas laut seperti sedang berada di Maldives.

Pantai yang berada di Desa Mentangun, Kecamatan Moro, Pulau Sugi. Wisata di Pantai ini masih jarang diketahui oleh wisatawan lokal namun menjadi tempat favorit wisatawan asing. Karena belum banyak orang yang berlibur ke wisata ini, dan kamu bisa merasakan berlibur di pulau pribadi. Selain menenangkan, juga sangat nyaman bagi kamu untuk menikmati pesonanya di setiap saat.

8. Air Terjun Pongkar

Air Terjun Pongkar

Tidak jauh dari Pantai Pongkar, terdapat wisata alternatif lain yaitu air terjun Pongkar. Letaknya yang berada di kaki Gunung Jantan, sekitar 3 kilometer dari Pantai Pongkar.

Akses menuju wisata ini tidak terlalu sulit, kamu harus berjalan beberapa menit untuk sampai di lokasi ini. Walau belum sepenuhnya dikelola dengan baik untuk lokasi wisata, namun tempatnya cukup menarik untuk dikunjungi.

Air terjun yang berasal dari air gunung alami sehingga sangat menyejukkan. Ditambah dengan lingkungan sekitar yang terdapat pohon-pohon menjulang tinggi semakin menambah kesejukan udara di lokasi. Ada juga kolam berukuran kecil yang bisa kamu jadikan tempat relaksasi kaki atau tubuh setelah melakukan perjalanan.

9. Pantai Pongkar

Pantai Pongkar

Pantai Pongkar tidak berbeda jauh dibandingkan Pantai Pelawan memiliki keindahan alamnya. Bedanya, di pantai ini kamu bisa bermain wahana Banana Boat yang disediakan disana.

Selain itu, kamu masih tetap bisa berenang di pantai dan bermain di pasir putihnya yang bersih. Apabila kamu ingin bersantai di bawah pohon pinus yang ada di sepanjang pantai sembari melihat laut biru.

Pantai yang terletak di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun. Banyak wisatawan lokal dan juga mancanegara menghabiskan liburan di tempat ini. Saat liburan tiba, berbagai wahana atau permainan air menjadi favorit bermain di Pantai.

10. Pantai Pelawan

Pantai Pelawan

Pantai yang terletak di Kelurahan Pangke, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun. Pemandangan yang disuguhkan sangat mempesona dan juga menenangkan.

Deburan ombak yang kuat, hamparan pasir putih, laut yang biru berpadu dengan langit cerah menjadi keistimewaan wisata ini. Bagi kamu pecinta foto, dijamin foto di tempat ini tidak akan mengecewakan.

Pantai yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Semakin banyak wisatawan yang datang ke pantai ini maka membuat wisata yang ada semakin berkembang. Banyak penginapan yang disediakan untuk wisatawan, akses jalan semakin mudah, dan banyak penjual makanan di sepanjang jalan sepanjang pantai. Pantai Pelawan bisa dimasukkan ke dalam agenda liburan kamu berikutnya.

Demikianlah contoh dari 10 Destinasi Wisata Di Tanjung Balai Harus Dikunjungi. Semoga menjadi manfaat

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close