wisata

√ 6 Destinasi Wisata di Tembilahan Riau yang Wajib Dikunjungi

Destinasi Wisata di Indragiri Hilir, sebuah kabupaten di Provinsi Riau yang beribukota di Kota Tembilahan. Kabupaten yang juga dikenal dengan nama Negeri Seribu Parit, bukan tanpa sebab, karena banyaknya kawasan rawa di Kabupaten ini serta terdapat banyak parit kecil di perkebunan kelapa milik rakyat.

Wilayah Indragiri Hilir yang berbatasan di Utara dengan Kabupaten Pelalawan, di Timur dengan Provinsi Kepulauan Riau, di Selatan dengan Kabupaten Tanjung Jabung Provinsi Jambi, dan di Barat dengan Kabupaten Indragiri Hulu.

Meski dikenal dengan Negeri seribu parit, namun kabupaten indragiri Hilir juga menawarkan destinasi wisata yang indah yang menarik untuk dikunjungi sebagai tujuan liburan. Simak contoh 8 Destinasi  Wisata Di Tembilahan Riau Yang Wajib Dikunjungi.

Baca juga : Wisata di Kota Binjai

1. Makam Syekh Abdurrahman Siddiq Al-Banjari

Makam Syekh Abdurrahman Siddiq Al-Banjari

Kamu yang ingin berwisata sejarah bisa dengan berziarah ke makam Syekh Abdurrahmn Siddiq Al-Banjari yang merupakan seorang ulama besar di Indragiri yang menjadi Mufti pada masa Kerajaan Indragiri.

Di samping makam terdapat Masjid Al-Hidayah, yang dibangun pada abad ke-19. Setiap tahunnya Makam Syekh Abdurrahmn Siddiq Al-Banjari dikunjungi wisatawan bertujuan untuk melakukan ziarah.

Baik dari kawasan ini, dari luar kabupaten Inhil, bahkan dari luar negeri juga ada seperti peziarah dari Malaysia, Singapura, Thailand dan juga Brunei Darussalam.

Makam Syekh Abdurrahmn Siddiq Al-Banjari Indragiri Hilir berada di Parit Hidayat, Dusun Teluk Dalam, Kecamatan Kuala Indragiri, ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dari Kota Tembilahan dengan menggunakan kendaraan air speed boat sehingga lebih cepat sampai.

Baca juga : Wisata di Balige

2. Air Terjun Tembulun Rusa

Air Terjun Tembulun Rusa

Kabupaten Indragiri Hilir juga memiliki wisata air terjun yang terkenal yang bernama Air Terjun Tembulan Rusa. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 18 m dengan kedalaman kedung 1,5 m, terletak sekitar 2 km di sebelah Utara Desa Batu Ampar.

Aliran air terjun ini bermuara ke Sungai Reteh. Akses ke Lokasi wisata Air Terjun Menuju Tembulan Rusa bisa menggunakan kendaraan roda empat atau bisa juga menggunakan kendaraan umum untuk sampai di Desa Batu Ampar.

Untuk sampai di lokasi air terjun kamu harus melanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak sejauh kurang lebih 2 kilometer ke arah utara.

Daya tarik air terjun Tembulan rusa kamu akan disuguhkan bebatuan menyerupai tangga untuk naik ke atas air terjun yang menghiasi sisi air terjun.

Baca juga : Wisata di Tanjung Balai Karimun

3. Pantai Solop Indragiri Hilir

Pantai Solop Indragiri Hilir

Wisata kabupaten Indragiri Hilir juga terdapat wisata pantai adalah Pantai Solop Indragiri Hilir, lokasinya berada di Pulau Cawan, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

Kawasan yang sering dilalui kapal ferry setiap harinya dengan jalur dari dan ke Pulau Batam, sekitar 20 menit dengan Spead Boat dari Kota Mandah, atau 90 menit dari Tembilahan.

Di Pantai Solop ini memiliki pasir putih yang indah. Berwisata di pantai Solop juga bisa melihat keindahan alam berupa hamparan pepohonan Bakau  yaitu hutan mangrove seluas 40 Km2 yang kabarnya merupakan Hutan Bakau terindah di Indonesia.

Untuk menuju Pantai Solop pengunjug harus melewati jembatan beton menyerupai dermaga yang dikelilingi pemandangan Indah dan menarik untuk diabadikan.

Baca juga : Wisata di Simalungun

4. Bukit Berbunga Indragiri Hilir

Bukit Berbunga Indragiri Hilir

Bukit Berbunga Indragiri Hilir adalah sebuah taman bunga yang berada diketinggian 150 yang berada sekitar 4 Km dari Desa Batu Ampar, Kecamatan Keritang, arah ke Selatan.

Untuk menuju ke lokasi tersebut kamu harus melewati jalan setapak dengan medan menanjak karena kawasan perbukitan dan juga akan melewati dua buah sungai yang mengalir di tengah hutan.

Nama bukit Bukit Berbunga sendiri diambil dari kondisi bukit yang banyak ditumbuhi sejenis tanaman bunga yang bernama Bunga Manik.

Yang hanya tumbuh di sepanjang lereng Bukit Berbunga dan bunganya tumbuh hampir sepanjang musim yang bisa membuat pemandangan di bukit terlihat indah dan menarik.

Baca juga : Wisata di Tebing Tinggi

5. Agrowisata Indragiri Hilir

Agrowisata Indragiri Hilir

Agrowisata Indragiri Hilir tempat wisata berupa hamparan ladang – ladang padi yang luas dan ditambah lagi berbagai pemandangan perkebunan yang tidak kalah luasnya, seperti Perkebunan Kelapa Rakyat, Perkebunan Kelapa Hibrida, Perkebunan nanas dan perkebunan tanaman keras lainnya,

Lokasi agrowisata yang berada hampir di seluruh desa di wilayah Indragiri Hilir. Untuk kamu yang tertarik bisa mengunjungi Pulau Burung, Kecamatan Kateman, di tempat yang terdapat di Perkebunan Kelapa Hibrida dan Perkebunan nanas, juga terdapat hamparan luas lahan gambut.

Hasil perkebunan diolah menjadi berbagai produk industri seperti santan kelapa, tepung kelapa, air kelapa, nanas kaleng dan masih banyak lagi.

6. Air Terjun 86

Air Terjun 86

Terletak di selatan desa Batu Ampar, 4 km dari Selensen, ibu kota kecamatan Kemuning, yang dinamakan Air Terjun 86 karena lokasinya terletak di kilometer 86 jalan raya Lintas Timur Sumatera.

Air terjun yang memiliki ketinggian 50 meter ini, dapat dicapai melalui perjalanan sejauh 14 kilo meter melewati jalan tanah dengan mengendarai sepeda motor atau mobil jeep.

Semoga rekomendasi 6 Destinasi  Wisata Di Tembilahan Riau Yang Wajib Dikunjungi di atas menjadi pilihan saat kamu berada di sana.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close