wisata

√ 8 Destinasi Wisata Gunung di Aceh yang Bisa Dikunjungi

Banda Aceh menjadi ibu kota dari provinsi Aceh yang merupakan pintu gerbang menuju daratan Sumatra di sisi utara. Kota yang juga dikenal dengan nama Serambi Mekah merupakan tempat penyebaran agama Islam pertama di Nusantara. Konon, Kesultanan Aceh merupakan bagian dari Kesultanan Turki Utsmani dahulunya.

Selain wisata sejarah yang mengagumkan, kamu juga bisa menikmati bentangan alam Banda Aceh yang memukau. Setelah lebih dari 16 tahun sejak terjadinya bencana tsunami 2004, Banda Aceh kini telah bangkit dan bersolek dengan cantik. Banyak tujuan destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di sini.

Gunung di provinsi Aceh tidak cukup banyak seperti halnya di pulau Jawa, namun pesona alam termasuk pegunungan menjadi daya tarik luar biasa dalam kepariwisataan provinsi Aceh. Aceh menjadi provinsi atau daerah yang terletak paling Barat di wilayah Republik Indonesia. Daerah yang memiliki sejarah yang sangat panjang terutama berkaitan dengan masuknya Islam di Nusantara. Berikut ini ketahuilah

Baca juga : Objek Wisata Danau Aceh

1. Gunung Abong-abong

√ 8 Destinasi Wisata Gunung di Aceh yang Bisa Dikunjungi
Gunung Abong-abong

Wisata Gunung di Aceh yang harus dikunjungi yaitu Gunung Abong-abong, secara etmilogi gunung abong-abong ini memiliki puncak dengan ketinggian 2.985 Mdpl dan meraih predikat sebagai gunung tertingi kedua di kota aceh. Yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Gunung Abong-abong ini yaitu terdapat dua spesies hewan liar yang tidak dimiliki gunung lain yaitu gajah dan badak.

Baca juga : Wisata Pantai Aceh

2. Gunung Burni Geureudong

Gunung Burni Geureudong
Gunung Burni Geureudong

Tidak lengkap rasanya jika anda berkunjung ke kota Aceh tanpa mengunjungi tempat wisata Gunung yang satu ini, yaitu Gunung Geureudong atau yang lebih popular dengan nama lain Bur ni Telong. Merupakan salah gunung stratovolcano, yang menjadi daya tarik dari Gunung Geureudong ini yaitu memiliki Dua Kerucut vulkanik yang merupakan batuan sedimen di atas puncaknya, di samping itu juga Gunung Geureudong memiliki banyak sekali tempat pemandian air panasnya yang patut untuk dikunjungi.

Baca juga : Destinasi Wisata Aceh

3. Wisata Gunung Bandahara

Wisata Gunung Bandahara
Wisata Gunung Bandahara

Selain gunung Leuser tempat wisata gunung yang menarik untuk dikunjungi yang selanjutnya adalah gunung bandahara. Berbeda dengan tempat wisata gunung lainnya pemandangan yang dimiliki oleh Gunung Bandahara terkenal karena terdapat air terjun Situgalo yang sangat indah. Adapun letak Gunung Bandahara ini terletak di Ibukota Kabupaten Gayo Lues sekitar 50 ke arah tenggara – timur, jika kamu tertarik maka tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi gunung bandahara kota aceh ini.

Baca juga : Wisata Kota Bandung

4. Wisata Gunung Leuser

Wisata Gunung Leuser
Wisata Gunung Leuser

Gunung yang memiliki ketinggian diatas 3,381 dpml membuat gunung Leuser ini menjadi gunung dengan puncak tertinggi di provinsi Aceh, bahkan lebih dari itu pemandangan yang dimiliki oleh gunung Leuser ini juga terkenal sangat indah dan berhasil meraih penghargaan sebagai situs warisan dunia versi UNESCO pada tahun 2011 lalu. Oleh sebab itu jika kamu ingin mencari referensi gunung untuk didaki maka tidak ada salahnya jika mencoba menaklukan puncak gunung tertinggi di kota Aceh ini.

5. Gunung Perkison

Gunung Perkison
Gunung Perkison

Berada di sisi timur taman nasional, daerah treking mencapai ke puncak gunung setinggi 2.828 meter ini memerlukan waktu tujuh hari untuk mendakinya. Dalam perjalanan ke puncak dapat menemui bunga raflesia pada ketinggian 1.200 meter dan juga hutan lumut. Pemandangan gunung yang hijau dan juga mempesona.

Baca juga : Wisata Kota Medan

6. Gunung Simpali

Gunung Simpali
Gunung Simpali

Memiliki ketinggian 3.270 meter dan perjalanan sampai ke puncaknya memerlukan waktu satu minggu dimulai dari Desa Engkran kemudian menyusuri lembah sungai Lawe Mamas (Alas) sambil arung jeram. Di kawasan ini hidup hewan langka yaitu badak. Panorama keliling gunung yang mempesona dan sangat indah untuk dijadikan sebagai lokasi pendakian.

7. Gunung Ulumasen

Gunung Ulumasen
Gunung Ulumasen

Gunung Ulumasen yaitu gunung yang berketinggian 2.390 meter (7.841 kaki/ft), terletak di Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh. Hutan Ulu Masen menjadi sebuah Taman Nasional terletak di Utara Wilayah Aceh, Ulu Masen merupakan kombinasi lengkap antara hutan daratan rendah dan hutan daratan tinggi, kombinasi yang membuat kawasan Hutan Ulu Masen unik.

Dalam kawasan Ulu Masen, ada berbagai flora dan fauna Sumatera yang terancam punah dipastikan masih mendiami kawasan ini. Seperti harimau, Beruang Madu, Macan Dahan, Kukang, Orang Hutan Sumatera, Siamang, Kedih atau Reungkah, Kambing Sumatera, burung rangkong papan, kuau besar dan gajah sumatera.

8. Gunung Seulawah Agam

Gunung Seulawah Agam
Gunung Seulawah Agam

Gunung Seulawah Agam menjadi sebuah gunung yang terletak di Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Selain dikenal sebagai Seulawah Agam, gunung yang memiliki tinggi 1726 mdpl ini memiliki nama lain yaitu , Solawa Agam, Solawaik Agam, Selawadjanten, dan Goldberg. Kawah Seulawah Agam dikenal sebagai Kawah Heutsz dan ada juga yang menyebut kawahnya sebagai Tanah Simpago Gunung Seulawah Agam terbentuk akibat adanya pertemuan lempeng Indo-Australia yang bergerak relatif ke utara, menujam di bawah Lempeng Kerak Benua Eurasia. Akibat penujaman itu maka terjadi proses peleburan kerak Samudera Indo-Autralia menjadi magma, yang kemudian menerobos ke permukaan melewati zona lemah dan selanjutnya membentuk Gunung Seulawah Agam.

Seulawah nama gunung yang dikenal oleh masyarakat Aceh dengan puncaknya Seulawah Agam dan Seulawah Dara dan juga sebagai Kawasan Penyangga Ekosistem Leuser. Kawasan yang memiliki luas lebih kurang 1,4 juta ha yang meliputi wilayah Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Jaya, Aceh Besar, Pidie, Bireun dan Aceh Tengah. Kawasan Seulawah dengan suhu udara yang mencapai minimum 19-21 C dan maksimum mencapai 25-30 C dan curah hujan yang berkisar 2.000 – 2.500 mm pertahun, dengan ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut.

Kita akhiri penjelasan mengenai 10 Destinasi Wisata Gunung Di Aceh Yang Bisa Dikunjungi. Semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close