wisata

Mode Transportasi Wisata ke Kota Batu | Seputar Traveling

Novriadi.com – Kota Batu merupakan kota di Provinsi Jawa Timur yang terletak 90 km sebelah barat dari Kota Surabaya atau 15 km sebelah barat laut Malang. Kota Batu ini kemudian ditetapkan menjadi kota administratif pada 6 maret 1993. Di tanggal 17 Oktiber 2001 Kota Batu ditetapkan sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang. Kota Batu terkenal sebagai salah satu kota wisata menarik untuk dikunjungi yang ada di Indonesia karena potensi keindahan alam yang luar biasa. Kota Batu memilki udara sejuk dan juga mempunyai panaroma alam yang sangat menawan sekaligus indah.

Kota Batu yang sejuk dan segar ini pernah menjadi tempat peristirahatan Belanda pada masa kolonial terdahulu. Demikaian pula, pada masa sekarang ini banyak pebisnis lokal dari Surabaya dan Malang memilki rumah atau villa di Kota Batu. Villa ini biasanya digunakan untuk berlibur sekeluarga di Akhir Pekan. Selain itu, villa ini juga sering disewakan. Kawasan Kota Batu ini juga merupakan pusat pertanian utama kebun apel dan sejumlah besar tempat budidaya anggrek.

Baca juga : Tips Traveling

Mode Transportasi Wisata ke Kota Batu | Seputar Traveling

Sampai tahun 2001, Batu secara administrative merupakan bagian dari Kota Malang. Namun setelah itu, kota ini menjadi kota sendiri. Seluruh wilayah Kota Batu termasuk Selecta itu ada banyak tempat wisata buatan di Kota Batu. Beberapa diantaranya adalah Jatim Park 2, Batu Secret Zoo, Gunung Welirang dan Gunung Arjuna yang berada di bagian utara. Di sebelah selatan kota ini terdapat Gunung Panderman, di sebelah barat terletak Gunung Banyak. Di Kota ini tempat yang cocok untuk bermain paralayang. Oleh sebab itu, Kota Batu sering digunakan sebagai tempat untuk kompetensi tingkat nasional dan internasional olahraga paralayang. Selanjutnya, di sebelah timur adalah Gunung Wukir. Gunung ini paling kecil di Kota Batu ini.

Sejak abad ke – 10, wilayah Batu dan sekitarnya sudah dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi kalangan keluarga kerajaan dikarenakan hawanya sejuk dan pemandangannya yang indah. Dimana terdapat seorang petinggi kerajaan bernama Mpu Supo diperintahkan untuk membangun tempat peristirahatan keluarga kerajaan. Selain itu, Mpu Supo juga membuat sebuah candi yang sekarang dikenal dengan nama Candi Supo.

Baca juga : Tips Traveling ke Kuala Lumpur

Mode Transportasi Wisata ke Kota Batu | Seputar Traveling

Pemberian nama Batu sendiri menurut kisah lokal yang berasal dari seorang ulama pengikut dari Pangeran Diponegoro yang bernama Abu Ghonaim atau disebut sebagai Kyai Gubug Angin. Masyarakat setempat menyebutnya dengan panggilan Mbah Wastu, akhirnya lambat laun sebutan Mbah Wastu dipanggil Mbah Tu menjadi Mbatu atau Batu sebagai sebutan yang digunakan untuk sebuah kota dingin di Jawa Timur.

Adanya Selecta dan desa – desa sekitarnya, membuat tempat ini menawan dengan banyak hal yang akan menarik perhatian pengunjung. Beberapa hari menjelajahi kawasan yang indah ini tentu pilihan yang tepat ketika liburan. Oleh sebab itu, Kota Batu ini wajib anda kunjungi. Jadi disini kami akan memberikan informasi terkait dengan mode transportasi apa aja untuk anda yang ingin berlibur ke kota Batu ini.

Baca juga : Tempat Wisata di Penang

Pergi ke Kota Batu Melalui Udara

Pergi ke Kota Batu Melalui Udara

Semua penerbangan menggunakan pesawat terbang akan mendarat di Bandara Abdul Rahman Saleh (MLG) Malang, karena Kota Batu tidak memilki bandara udara. Dari bandara Malang ke Kota Batu kira – kira memerlukan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Transportasi dari atau ke bandara Malang:

  • Angkutan Kota atau Angkot, jika anda memilih transportasi ini tersedia di luar kompleks bandara dan pilihlah angkot yang berwarna hijau dengan jurusan Arjosari – Lawang (AL) atau terminal Arjosari, naik angkotan jurusan ADL dan turun di Terminal Landungsari. Di Terminal Landungsari, banyak tersedia angkutan umum menuju Kota Batu.
  • Taksi di Bandara Abdul Rahman Saleh tersedia taksi bandara dan untuk tarif taksi bandara mulai dari 125 ribu rupiah dengan tujuan Kota Batu.

Baca juga : Wisata di Kota Daeng

Pergi ke Kota Batu Lewat Jalur Darat

Pergi ke Kota Batu Lewat Jalur Darat

Jika anda memilih jalur darat, berikut adalah beberapa jenis transportasi yang bisa digunakan utnuk pergi ke Kota Batu.

  • Bus, anda dapat memilih bus jurusan Jakarta – Malang, setibanya di Terminal Arjosari atau Terminal Malang melanjutkan perjalanan menuju Kota Batu. Untuk estimasi waktu tempuh perjalanan sekitar 19 jam jika berangkat dari Jakarta, tergantung dari kondisi lalu lintas Jalan Raya.
  • Kereta Api, biasanya transportasi ini menjadi pilihan yang favorit selain menghemat waktu dan juga kenyamanan di perjalanan. Kereta Api tujuan Malang yaitu KA eksekutif Gajayana dan KA Eksekutif Bima. Dari stasiun Malang Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Batu.

Baca juga : Wisata Raja Ampat

Transportasi Umum di Kota Batu

Transportasi Umum di Kota Batu

Ada beberapa jenis transportasi yang ada di Kota Batu, mulai dari Bus hingga angkot. Berikut jenis transportasi umum di dalam Kota yang ada di Batu:

Angkutan Kota (Angkot)

Di Kota Batu terdapat berbagai jenis angkot yang melayani rute dalam kota dan bisa dikenali dari warna angkot atau huruf awal dari rute angkot. Untuk tarif angkotnya mulai dari 4 ribu rupiah saja. Berikut ini adalah rute angkutan kota atau angkot yang ada di Kota Batu yaitu sebagai berikut :

  • Angkutan Kota atau Angkot BL (angkutan kota atau angkot warna ungu muda) : merupakan rute dari Batu ke Landungsari.
  • Angkutan Kota atau Angkot BTL (angkutan kota atau angkot warna ungu tua : merupakan angkutan kota dari rute Batu Torongrejo ke Landungsari.
  • Angkutan Kota atau angkot BJL (angkutan kota atau angkot berwarna kuning muda) merupakan rute dari Batu Junrejo ke Landungsari.
  • Angkutan Kota atau Angkot BB (angkutan warna merah jambu bergaris hijau) : merupakan rute dari Batu ke Bumiaji
  • Angkutan Kota atau angkot BG (angkutan kota warna merah jambu bergaris merah tua) : merupakan rute dari Batu ke Gunung sari.
  • Bus Kota

Untuk bus kota sendiri terdapat tiga rute yang melayani tujuan Batu yaitu sebagai berikut:

  • Malang – Batu
  • Surabaya – Batu
  • Kediri – Batu

Transportasi ini bisanya dipilih jika anda ingin menghemat waktu dan menuju tempat atau daerah yang tidak bisa ditempuh dengan angkot atau bus. Untuk tarif ojeknya sesuai dengan jarak tempuh dan kesepakatan. Tidak ada standart tarif ojek di Kota Batu jadi terserah dari sopir akan memberikan di harga berapa. Oleh sebab itu, anda harus berusaha untuk menego secara pribadi ke sopir atau driver ojek untuk memberikan harga yang masuk akal sesuai jarak yang akan anda tempuh.

Itulah tadi beberapa informasi terkait dengan Kota Batu,mulai dari sejarah, apa saja wisata, dan juga mode trasnportasi yang harus anda pilih. Bagi anda yang berencana berlibur ke Kota Batu maka anda setidaknya harus mengetahui cara menuju lokasi tersebut. Tips berlibur ke Kota Batu ini bisa anda jadikan bahan referensi anda sekeluarga.

Tags

Novriadi

Hallo, perkenalkan Colab Squad dan situs ini merupakan milik Gabungan, Kami juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang didapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs kamiini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close