umumwisata

5 Tempat Wisata Kota Bandung yang Wajib Di Ketahui

Mencari objek wisata di Kota Bandung yang bisa bikin betah, bukan hal yang sulit, karena hampir setiap sudut dari kota ini menebarkan pesona tersendiri. Terlebih tempat-tempat yang dikelola untuk objek pariwisata.

Baca juga : sejarah kota bandung

Keindahan Kota Bandung bahkan sudah dikenal sejak dahulu kala. Bahkan pemerintah kolonial Belanda, sekitar tahun 1920 – 1925 memberi sebutan untuk Kota Bandung sebagai “Paris van Java” atau “Paris dari Jawa”.

Tempat Wisata Kota Bandung

Untuk mengetahui seberapa besar pesona yang ditebarkan “Paris van Java’ ini, berikut 5 tempat wisata di Kota Bandung yang memiliki daya tarik tersendiri dan wajib dikunjungi.

Orchid Forest

Menjadi salah satu tempat wisata di Kota Bandung yang relatif baru, Orchid Forest sudah mampu menyedot perhatian banyak wisatawan, karena suguhan yang dihadirkan memang jarang ditemukan ditempat lain, yaitu kawasan konservasi dan budidaya tanaman anggrek.

Orchid Forest
Orchid Forest ilustrasi gambar wisatabandung

Lebih menarik lagi karena destinasi yang berada di tengah hutan pinus terbesar di Asia ini memiliki koleksi tanaman anggrek dari berbagai penjuru dunia dengan jumlah koleksi lebih dari 157 jenis.

Baca juga : wisata kota medan

Tidak hanya indahnya bunga Anggrek saja yang disuguhkan kepada wisatawan yang datang, tapi juga berbagai wahana dan fasilitas yang lain, seperti Orchid Clinic, Spot berfoto sky bridge, wahana outbond, camping ground, taman baca anak, kuliner food court dan coffee shop.

Situ Cileunca

Danau buatan seluas 1.400 hektar ini menjadi salah satu objek wisata di Kota Bandung yang diunggulkan karena memiliki beberapa kelebihan yang tidak ditemui pada objek-objek wisata sejenis yang ada di tempat-tempat lain.

Situ Cileunca
Situ Cileunca ilustrasi gambar wisatabandung

Dengan suguhan utama keindahan hamparan air danau yang terbentang luas, membuat Situ Cileunca menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Karena pengunjung tidak hanya dapat menikmati indahnya panorama sekeliling, tapi juga menyusuri kawasan perairan dengan penggunakan perahu dayung maupun perahu bermotor.

Di kawasan danau juga dapat ditemui ekowisata berupa kebun arbei dan kebun strawberi yang dapat dipetik sekaligus dimakan di tempat dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000. Jika buah tersebut dibawa pulang, maka untuk setiap kilogram buah arbei harganya antara Rp.15.000 – Rp.25.000 sedang untuk harga strawberry sekitar Rp.25.000 – Rp.30.000 per-kg.

Bagi yang suka memacu adrenalin, Situ Cileunca juga menyiapkan aktifitas rafting di area yang disebut Gravity Adventure. Di sini wisatawan akan diajak menantang derasnya arus Sungai Palayangan dengan menggunakan perahu karet melintasi jeram-jeram yang mendebarkan.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha ini memiliki tanah yang berwarna putih dengan air yang putih kehijau-hijauan. Warna air tersebut kadangkala berubah-ubah disebabkan oleh cuaca, suhu dan kadar belerang pada saat air tersebut dilihat.

Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey ilustrasi gambar wisatabandung

Suasana sekeliling yang eksotis itulah yang membuat Kawah Putih Ciwidey menjadi magnet bagi para wisatawan. Bahkan merupakan salah satu objek wisata di Kota Bandung yang kerap dijadikan lokasi pre-wedding, objek lukisan, background fotografi hingga tempat shooting untuk pembuatan film.

Dusun Bambu Lembang

Berlokasi di ketinggian wilayah Bandung Utara, Dusun Bambu mengajak pengunjung untuk menikmati udara yang segar serta pemandangan sekeliling yang menyejukkan mata. Tersedia shuttle yang membawa pengunjung menyusuri area persawahan serta taman yang indah.

Dusun Bambu Lembang
Dusun Bambu Lembang ilustrasi gambar wisatabandung

Mengusung konsep eko-wisata, Dusun Bambu Lembang menjadi tempat wisata di Kota Bandung yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, karena di sini terdapat banyak hal yang bisa membuat kebersamaan menjadi semakin erat dan hangat.

Suguhan tersebut diantaranya: Lutung Kasarung Area yang menyuguhkan spot-spot foto instagenic dan Taman Arimbi berupa taman yang tertata indah dengan sungai kecil di tengahnya yang dilengkapi berbagai wahana permainan.

Baca juga : berlibur ke jogja

Terpadat pula Restoran Purbasari dan Cafe Burangrang yang menjadi tempat untuk bersantap berbentuk gubuk-gubuk yang berada di tepi danau kecil serta Pasar Khatulistiwa yang menawarkan aneka jajanan alias pujasera. 

Grafika Cikole

Grafika Cikole
Grafika Cikole ilustrasi gambar wisatabandung

Tempat wisata di Kota Bandung yang satu ini, awalnya merupakan restoran dan penginapan. Namun karena suasana sekeliling memungkinkan untuk dikembangkan dan memang banyak dikunjungi para wisatawan, maka pengelolaanpun dilakukan secara profesional untuk menjadikan grafika Cikole sebagai objek pariwisata.

Tidak heran jika pengunjung yang datang kesinipun saat ini tidak hanya menjumpai restoran dan penginapan yang berada di kawasan hutan pinus, tapi juga sejumlah wahana dan fasilitas wisata, seperti agro-wisata petik strawberry, arena Paint Ball, ATV, Flying Fox, Outbond Area  serta yang lain. Itulah 5 tempat wisata di Kota Bandung yang memiliki daya tarik tersendiri dan wajib dikunjungi.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close