wisata

8 Wisata Kuliner Kota Semarang Yang Enak Dan Tentunya Murah

Membicarakan mengenai kuliner memang tidak pernah ada habisnya. Ada banyak ulasan ragam kuliner berikutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah wisata kulinernya, contohnya saat Anda berada Semarang. Sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang banyak memiliki ragam olahan kuliner lezat yang menawarkan keunikan juga citarasa berkesan bagi para pengunjung yang datang kesana.

Kuliner khas Semarang umumnya terdiri dari bahan dalam proses pengolahan makanan menggunakan bumbu – bumbu dari rempah tradisional yang berkualitas. Hal ini yang mendasari mengapa makanan di Semarang kebanyakan terasa sangat otentik dan sulit ditemukan rasanya pada kota lain. Di kota Semarang, wisatawan juga akan dimanjakan dengan ragam pilihan menu kuliner yang mungkin baru pertama kali Anda jumpai, dan harganya tetap ramah di kantong.

Karena itu persiapkan segala sesuatu sebelum Anda memutuskan untuk mencicipi makanan apa saja di sana. Berikut ini merupakan contoh dari ulasan mengenai wisata kuliner yang ada di kota Semarang :

8 Wisata Kuliner Kota Semarang Yang Enak Dan Tentunya Murah

1. Waroeng Semawis

8 Wisata Kuliner Kota Semarang Yang Enak Dan Tentunya Murah
Waroeng Semawis

Disebut dengan Pasar Semawis, dikarenakan adanya pasar malam yang dibuka setiap akhir pekan di Semarang. Mulai dari kalangan warga lokal sampai turis asing ikut mencoba kuliner di tempat ini. Pasar malam yang terletak di kawasan Pecinan ini sudah sangat terkenal. Karena kuliner yang disajikan di tempat ini sangat beragam mulai dari olahan makanan Nusantara, Eropa sampai menu Oriental. Bagi pecinta kuliner muslim, Anda sebaiknya selektif dalam memilih jenis kuliner karena ada beberapa outlet yang menawarkan sajian berbahan dasar daging babi. Tidak hanya wisata kuliner saja, Waroeng Semawis juga menjadi tempatnya berjualan mainan anak – anak, pakaian dan aksesoris lainnya. Berlokasi di Jalan Gang Warung No. 50, Semarang.

Baca juga : Kuliner Asli Bandung

2. Bebek Goreng Pak Thori

Bebek Goreng Pak Thori
Bebek Goreng Pak Thori

Saat Anda berkunjung ke Semarang patut untuk mencoba ragam wisata kuliner semarang. Hampir semua kota besar di Indonesia memiliki kuliner bebek goreng yang menjadi andalannya. Keistimewaan kuliner bebek goreng yang disajikan di Semarang ini memiliki ciri khasnya tersendiri. Warung yang sangat terkenal dan banyak digemari oleh warga lokal ini memiliki tekstur daging bebek yang begitu empuk, rasanya gurih, dan tidak berbau sehingga beraroma rempah menjadi kuat.

Menu bebek goreng Pak Thori ini sangat sedap disajikan bersama nasi putih hangat, ada lalapan yang dapat dipilih sesuai selera, dan ini andalannya yaitu sambal merah dan hijau yang pedas dan mantap. Dimana pengunjung juga bebas menambah sambal yang disajikan selama masih dalam batas yang wajar. Rasa gurih dari daging bebek dan pedas cabe yang benar – benar dengan perpaduan yang mantap. Dijamin Anda akan merasa puas dan bikin nagih untuk kembali lagi berkunjung ke warung ini. Berlokasi di Jalan Raya Gunungpati KM. 15, Semarang.

Baca juga : Wisata Kuliner Kota Medan

3. Pesta Keboen

Pesta Keboen
Pesta Keboen

Satu dari tempat wisata kuliner yang unik dan menarik yaitu Pesta Keboen. Dimana tren wisata kuliner di Indonesia sekarang merupakan restoran dengan gaya desain tempo dulu. Tidak heran apabila di Semarang memilih tema yang sedang naik daun dan menjadi tren populer. Pesta Keboen merupakan sebuah rumah makan yang mengusung konsep tempo dulu dengan gaya klasik. Suasana yang vintage begitu kental terasa pada bagian eksterior juga interior pada rumah makan ini.

Restoran ini juga memiliki dua area yaitu indoor dan juga outdoor, dimana area indoor digunakan untuk kawasan non-smoking dan area outdoor dikhususkan untuk smoking area. Pengunjung juga bisa menikmati ragam koleksi dari benda – benda antik yang dipajang dan sambil Anda menyantap aneka pilihan hidangan Jawa tradisional seperti menu bakmie, nasi goreng, babat gongso, pecel, ayam goreng kuning dan lain sebagainya. Dan juga tersedia hiburan live music pada hari – hari tertentu dan berlokasi di Jalan Veteran No. 29, Semarang.

Baca juga : Objek Wisata Yogyakarta

4. Soto Bangkong

Soto Bangkong
Soto Bangkong

Semarang memiliki begitu banyak hidangan, salah satunya yaitu Soto. Namun, ada yang menarik mengenai Soto yang ada di Semarang yaitu Soto Bangkong yang memiliki citarasa dan karakteristik yang sangat berbeda. Soto Bangkong sudah dikenal sejak tahun 1950. Dahulu, kuliner khas Semarang ini dijual dengan cara pikul berkeliling kota, dan pada akhirnya menetap di sebuah tempat yang berlokasi di Jalan Brigjen Katamso yang dulunya bernama Jalan Bangkong.

Soto Bangkong terdiri dari perpaduan sederhana antara kuah soto yang gurih dan kental, terdiri dari ayam kampong suwir, bihun dan juga bawang goreng. Namun sekali saja Anda mencicipi dijamin pasti Anda tidak akan mau berhenti menyendok lagi soto ke mulut. Rasanya yang begitu kaya akan rempah yang gurih dan hangat. Tersedia juga menu ayam goreng kampong dan menu garang asem, lokasinya berada di Jalan Brigjen Katamso dan Jalan Setia Budi No. 229, Semarang.

Baca juga : Sejarah Kota Bandung

5. Bakmie Jawa Pak Gareng

Bakmie Jawa Pak Gareng
Bakmie Jawa Pak Gareng

Saat Anda berkunjung ke Semarang tidak lengkap rasanya menyambangi tanpa mencicipi menu bakmie jawa. Bakmie jawa memang telah menjadi sebuah kuliner khas bagi daerah yang ada di Pulau Jawa. Bakmie Jawa Pak Gareng salah satunya yang memiliki menu khas yaitu bakmie masak goreng dan bakmie masak kuah yang komplit dengan isian ayam kampung suwir, telur, kol dan juga sawi.

Kuahnya berwarna bening dan rasanya gurih berkat campuran kemiri bakar. Penggemar bakmie harus bersabar jika ingin mencicipinya karena menu bakmie Jawa yang dimasak dengan anglo dengan bahan bakar arang satu persatu dengan menjaga khas rasa yang sangat mantap. Tersedia juga menu lain seperti nasi ruwet yaitu olahan nasi goreng yang dicampur dengan mie serta sate ayam dan kambing yang bisa dipilih. Dengan alamat di Jalan Wotgandul Dalam No. 173, Semarang.

Baca juga : Objek Wisata Kota Medan

6. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang
Lumpia Semarang

Satu kuliner khas Semarang yang banyak diburu pengunjung yaitu lumpia. Jenis kuliner turunan dari Tiongkok yang memang sangat legendaris dan disukai baik warga lokal maupun wisatawan asing yang berkunjung. Lumpia Semarang sangat khas dan tidak dapat disamai karena olahan lumpia ini khas dibanding dengan kota lain.

Isian dari lumpia Semarang terdiri dari bahan rebung, telur dan daging ayam dicampur udang. Disajikan dengan acar timun, cabai dan irisan daun bawang yang segar, lumpia ini dijamin membuat Anda penasaran dan tidak sabar untuk menyantapnya.

Ada banyak sekali penjual lumpia di Semarang, namun generasi tertua yang menjual lumpia Semarang ada di Gang Lombok. Merupakan kios lumpia yang dekat dengan Klenteng Tay Kak Sie yang juga merupakan kelenteng tertua yang ada di Semarang. Biasanya, orang berkunjung untuk menikmati lumpia ditempat ataukah dibawa pulang sebagai oleh – oleh. Ada pilihan lumpia yang basah dan lumpia goreng yang dapat dipilih sesuai selera Anda. Berlokasi di Jalan Gang Lombok No. 11, Semarang.

7. Soto Kudus Mba Lin

Soto Kudus Mba Lin
Soto Kudus Mba Lin

Saat Anda berkunjung dan berwisata di kota Semarang, sempatkan untuk berkunjung di salah satu kedai Soto, yaitu Soto Kudus Mbak Lin. Terbuat dari racikan soto ayam yang sudah pasti keasliannya dan menjadi khas dari kota Kudus. Perbedaan soto khas Kudus terletak pada kuahnya yang berwarna keruh kekuningan karena adanya campuran santan dan kunyit.

Segar dan pekat oleh aroma rempah – rempah dan bisa merangsang nafsu makan. Soto yang bisa dinikmati bersama nasi atau lontong. Tersedia juga menu lauk tambahan lain seperti sate ayam, sate telor puyuh, sate uritan, sate paru, perkedel, tempe goreng dan kerupuk yang bisa Anda pilih untuk menemani saat menyantap soto lezat ini.

Untuk rasanya tentu saja tidak ada yang menandingi kenikmatannya apalagi disantap di siang hari yang terik. Dengan kucuran kuah gurih yang dilengkapi dengan jeruk nipis untuk menambah kekhasan cita rasanya yang segar, lezat, harga murah dan mengenyangkan perut Anda. Berlokasi di Jalan Kimangunsarkoro No. 15, Semarang.

8. Bandeng Presto Juwana Elrina

Bandeng Presto Juwana Elrina
Bandeng Presto Juwana Elrina

Selain ada jajanan lumpia, menu kuliner khas Semarang lain yang juga terkenal yaitu bandeng presto. Bandeng presto atau bandeng duri lunak sebenarnya dapat juga Anda temukan di luar kota Semarang, namun tentu saja rasa yang paling otentik hanya ada di Semarang.

Salah satu resto yang menyajikan olahan bandeng presto yang paling enak dan sangat terkenal di Semarang yaitu Bandeng Juwana Elrina. Gerai ini menyediakan beraneka olahan bandeng seperti bandeng presto, bandeng srani, gulai bandeng, sate bandeng, bakso bandeng, pepes bandeng, nasi goreng bandeng, nasi bakar bandeng dan masih banyak lagi lainnya.

Semua kuliner bandeng tersebut dijual dengan harga  yang cukup terjangkau. Bagi Anda yang menyukai makanan ini, maka patut untuk dicoba karena olahan kuliner ikan bandeng yang otentik dan khas. Anda bisa berkunjung di alamat Jalan Pandanaran No. 57, Semarang.

Nah, demikianlah beberapa pilihan referensi ragam kuliner Semarang yang bisa Anda nikmati. Jangan lupa untuk datang dan berkunjung di gerai tersebut, karena dijamin rasanya menggugah selera Anda dan bakal datang lagi untuk membelinya.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close