wisata

wisata Lombok Timur, Pesona Menakjubkan Air terjun tiu kelep

wisata Lombok Timur

wisata Lombok Timur Air terjun tiu kelep merupakan salah satu destinasi yang sangat menarik di Lombok Timutr. Tempat yang satu ini bisa menjadi satu bagian pecahan surga yang ada di Lombok karena keindahan dan keasrian alam yang sangat luar biasa.

Tak hanya wisata pantai dan Gunung Rinjani saja yang bisa Anda kunjungi, tapi ada Air yang satu ini juga bagus untuk menjadi satu referensi tempat wisata tujuan yang baus. Bukan hanya penampakan dari air terjunya saja yang terlihat menarik dan menyejukkan, tapi pemandangan yang ada sekitar air terjun yang rimbun juga menjadi satu ketertarikan tersendiri.

Menikmati Keindahan Alam Tiu Kelep

Letak dan Cara Menuju wisata Lombok Timur ke Tiu Kelep

Air terjun tiu kelep ini tepatnya terletak di Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara. Senaru juga menjadi satu jalur pendakian untuk menuu ke Gunung Rinjani. Oleh karena itulah daerah ini menjadi kawasan wisata di Lombok Timut subur dengan terdapat persawahan yang hijau terlihat sangat rapi dan indah jika dilihat dari puncak sampai kaki bukit.

Ada dua cara untuk bisa sampai ke Air terjun tiu kelep. Cara pertama adalah dengan melewati pantai Senggigi melalui jalur Bukit Malimbu. Jika menggunakan jalur ini maka waktu yang dibutuhkan untuk sampai wisata di Lombok Timut sekitar 2 jam perjalanan.

Namun sayangnya jalur ini merupakan jalur khusus untuk para wisatawan yang memilih menggunakan paket tour saja.  Memilih jalur ini Anda bisa menikmati keindahan alam yang masih sangat alami dan jauh dari hiruk pikuk kota.

Kemudian untuk jalur atau cara yang kedua adalah dengan melwati pasar Lendang Bajur. Letaknya ada di Gunung Sari. Anda dapat memanfaatkan angkutan dengan jalur jalan lewat hutan Baun Pusuk. Waktu yang harus ditempuh sekitar 2.5 jam perjalanan dengan tujuan langsung ke menuju Desa Senaru.

Baca Juga: Nama Pulau Di Indonesia Wajib Anda Tahu

Hal Menarik dari Tiu Kelep

Terdapat dua air terjun di tempat ini. Yang pertama adalah air terjun sendang Gile dan yang kedua adalah Air terjun tiu kelep. Perjalanan bisa dengan menikmati air terjun sendang Gile kemudian baru menuju ke air terjun kedua yang memiliki lokasi yang lebih tinggi.

Dalam perjalanan Anda akan melalui kawasan hutan hujan penuh dengan pohon-pohon besar. Di tempat ini Anda sebaiknya menggunakan pemandu agar tidak tersesat.  Pengunjung yang datang ke Tiu Kelep bisa memilih untuk menggunakan jasa pemandu lokal.

Dalam perjalanan Anda juga harus menaiki tangga dan melewati jembatan beton dengan tinggian yang lumayan tinggi. Jembatan ini sebenarnya adalah kanal air, tetapi di atasnya terdapat besi dan beton sebagai penutup supaya tidak lewati.

Baca Juga : 7 wisata kuliner Malang Paling Lezat

Setelah melalui jembatan Anda akan masuk ke kawasan hutan. Hutan ini dipenuhi dengan beragam satwa. Kemudian perjalan masih berlanjut hingga melewati beberapa sungai kecil.

Salah satu aturan penting saat melewati sungai hingga ke wisata Lombok Timur Air terjun tiu kelep adalah jangan pernah menginjakan batu besar. Usahakan supaya menginjak batu kecil agar tidak tergelincir karena sangat licin.

Sekitar 20 meter air terjun Anda sudah dapat merasakan percikan air yang berterbangan dan suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian. Karena hal itu pula mengapa air terjun ini bernama Tiu Kelep yang diambil dari bahasa Sasak yang berarti “terbang renang”.

Tiu Kelep memiliki ketinggian sekitar 45 meter dari tebing yang memiliki bentuk setengah lingkaran. wisata Lombok Timur Tebing ini di penuhi oleh bebatuan besar yang berada di pinggirnya.  Tebingnya Air terjun tiu kelep yang setengah lingkaran membuat dorongan angin cukup kencang sehingga Anda harus sedikit berhati-hati.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close