wisata

√ 12 Destinasi Wisata Pantai di Kota Bengkulu yang Populer

Berwisata ke kota Bengkulu tidak lengkap rasanya jika tidak datang ke wisata pantai yang ada di sana. Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sumatera. Provinsi yang memiliki julukan Bumi Rafflesia karena di kota ini asal tumbuh bunga bangkai alias Rafflesia Arnoldi yang merupakan spesies bunga terbesar di dunia.

Setiap pantai di Bengkulu memiliki keindahan dan keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung. Untuk mengetahui apa saja pantai tersebut, berikut 12 Destinasi Wisata Pantai di Bengkulu Yang Paling Populer.

1. Pantai Way Hawang

Pantai Way Hawang

Nama Way Hawang yang berasal dari kata “way” yang berarti “air” dan “hawang” yang artinya “jernih”. Cukup jelas bahwa pantai ini memang memiliki air laut yang sangat jernih. Selain itu, lokasi Pantai Way Hawang juga cukup strategis, berada di tepi akses jalan lintas barat yang menghubungkan pesisir barat Lampung dengan Bengkulu.

Di Pantai Way Hawang, kamu bisa menyaksikan keindahan batu jung yang berada di tengah laut. Jangan lupa mampir ke Taman Wisata Alam Way Hawang karena di sini kamu bisa melihat pusat penangkaran penyu yang menarik.

Baca juga : Wisata Pantai di Sumatera Barat

2. Pantai Sungai Suci

Pantai Sungai Suci

Pantai Sungai Suci adalah tempat yang wajib dikunjungi berikutnya. Saking banyaknya, kamu bahkan bisa menemukan material batu akik di sepanjang bibir Pantai Sungai Suci ini.

Salah satu yang menarik wisatawan datang ke pantai ini yaitu untuk mencoba menyeberang ke sebuah pulau kecil melalui jembatan gantung yang terbuat dari kayu. Kamu juga bisa menyaksikan matahari terbenam yang begitu mempesona dan memandang luasnya lautan yang menghadap ke Samudra Hindia.

Baca juga : Wisata di Kota Bengkulu

3. Pantai Panjang

Pantai Panjang

Sesuai dengan namanya, Pantai Panjang memiliki garis pantai sepanjang 7 km dengan lebar pantai mencapai 500 meter. Pantai Panjang menjadi pantai yang cukup populer oleh para pengunjung dan merupakan salah satu ikon dari wisata di Bengkulu.

Fasilitas di Pantai Panjang terbilang cukup lengkap dibanding dengan pantai wisata lainnya. Seperti tersedia sport center, area jogging, restoran, cafe, area bermain dan lainnya. Di pantai ini juga bisa belajar berselancar. Dan yang tidak boleh ketinggalan, yaitu kamu bisa berfoto di depan tulisan “Pantai Panjang” yang cukup menarik.

Baca juga : Wisata di Sumatera Selatan

4. Pantai Aluran Pandan

Pantai Aluran Pandan

Pantai Aluran Pandan termasuk pantai yang masih terjaga keasriannya. Namun, karena sudah mulai dikenal maka Pantai Aluran Pandan mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Salah satu daya tarik dari pantai ini yaitu keindahan sunset yang bisa dinikmati dari bibir pantai. Ombak di Pantai Aluran Pandan termasuk tenang sehingga cocok untuk bermain air, berenang dan sebagainya.

Baca juga : Wisata di Painan

5. Pantai Linau

Pantai Linau

Di antara beberapa pantai di Bengkulu, pantai Linau merupakan salah satu pantai yang masih asri. Tidak banyak pengunjung di sini, dengan pemandangan laut yang jernih dan pasir putih yang terhampar sangat menggoda untuk dikunjungi.

Karena masih sangat asri, maka kamu bisa menikmati keindahan terumbu karang sambil snorkeling karena masih sangat alami. Kamu juga berwisata kuliner dengan mencoba sambal gurita dan ikan meale, salah satu hidangan khas di daerah Kaur.

Baca juga : Wisata di Kota Padang

6. Pantai Manula

Pantai Manula

Pantai Manula yang terletak di perbatasan Lampung dan Bengkulu. Meski lokasinya masih jauh dari pusat Kota Bengkulu, namun pemandangan di pantai ini begitu menakjubkan. Tebing-tebing tinggi dan deburan ombak pantainya memberikan pengalaman liburan yang berkesan.

Satu hal yang perlu diingat yaitu kamu harus datang saat pantai surut untuk bisa menikmati pemandangannya, karena jika sedang pasang, maka kamu tidak bisa bermain di area tebing pantai ini.

7. Pantai Padang Betuah

Pantai Padang Betuah

Pantai Padang Betuah memang tidak memiliki pasir yang putih seperti pantai lainnya, namun daya tariknya tidak kalah dengan pantai lain yang ada di Bengkulu. Pantai yang memiliki keunikan yaitu tebing merah yang membatasi kawasan perairan dan juga daratan.

Selain itu, kamu juga bisa melihat danau alami yang berada beberapa ratus meter dari bibir pantai. Pantai dan juga danau tersebut masih berada dalam satu lokasi.

8. Pulai Baai

Pulai Baai

Provinsi Bengkulu yang lokasinya memanjang di barat Pulau Sumatera menjadikan pantai ini banyak memiliki area hutan mangrove, salah satunya adalah di Pulau Baai. Di sini kamu bisa menyewa perahu nelayan setempat untuk menjelajahi hutan mangrove yang hijau membentang.

Di area pantai pulau Baai, kamu juga bisa bermain-main dengan pasir putih yang cantik dan berfoto dengan sebuah mercusuar bernama lentera merah yang ada di pelabuhan Pulau Baai ini.

9. Pulau Enggano

Pulau Enggano

Bengkulu juga memiliki beberapa pulau kecil yang masuk dalam wilayah administratifnya, salah satu di antaranya yaitu Pulau Enggano. Pulau Enggano termasuk salah satu pulau terluar Indonesia namun merupakan pulau yang berpenghuni di provinsi Bengkulu.

Pulau Enggano memiliki keindahan yang paling memukau jika dibandingkan dengan pulau lain yang ada. Di sini kamu bisa melihat aneka ragam panorama alam mulai dari pantai berpasir putih yang masih alami, taman burung, danau air tawar yang indah dan kamu juga bisa snorkeling dan surfing. Untuk menuju ke sini kamu bisa berlayar dengan kapal ferry selama 12 jam atau naik pesawat perintis jika ingin praktis dan cepat.

10. Pulau Tikus

Pulau Tikus

Pulau Tikus yang memiliki luas 1,5 hektar dan tidak berpenghuni ini bisa kamu tempuh hanya dalam waktu kurang lebih 40 menit dari Pelabuhan Pulau Baai.

Pulau Tikus yang dikelilingi oleh terumbu karang yang luas. Pulau ini juga menjadi tempat favorit untuk snorkeling karena airnya yang jernih dan keindahan alam bawah lautnya yang mempesona. Kamu juga bisa naik ke atas menara mercusuar dengan izin petugas setempat.

11. Pantai Tapak Balai

Pantai Tapak Balai

Konon, Pantai Tapak Balai tidak kalah keindahan pesonanya dengan Pantai Tanah Lot, Bali. Pantai yang berada di Desa Tebing Kandang, Kec. Air Napal ini dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan lewat Jl. Bengkulu, Mukomuko.

Kamu bisa mengunjungi objek wisata provinsi Bengkulu ini kapanpun dan menikmati pemandangan pantai yang indah. Hanya sediakan uang untuk ongkos perjalanan jika ke sini dengan menggunakan bus dan sepeda motor.

Lokasinya berada di Desa Tebing Kandang, Kec. Air Napal, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

12. Pantai Muara Ketahun

Pantai Muara Ketahun

Selain Pantai lainnya, Pantai Muara Ketahun juga salah satu objek wisata pantai di Bengkulu yang wajib dikunjungi dalam daftar Wisata Bengkulu. Jika kamu mencari suasana tenang dan romantis, maka datanglah ke pantai ini saat sunset. Disini akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan karena pemandangannya begitu indah.

Berada di Jalan Raya Lintas Barat Sumatera No.100, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu.

Demikian contoh dan rekomendasi 12 Destinasi Wisata Pantai di Bengkulu Yang Paling Populer. Semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close