wisata

√ 13 Destinasi Wisata Pulau di Sumatera Barat yang Indah

Tempat wisata di Sumatera Barat merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari potensi wisata yang cukup lengkap, dimana hampir semua objek wisata ada di wilayah yang beribukota Padang ini.

Mulai dari wisata alam seperti laut, pantai, gunung, danau, dan ngarai sampai potensi wisata lain yang sangat menarik digali lebih lanjut berupa festival budaya yang mengangkat nilai-nilai tradisional Sumbar yang luhur.

Banyaknya pilihan wisata yang bisa dikunjungi saat liburan memberikan keuntungan tersendiri bagi para wisatawan. Selain merencanakan liburan dengan objek wisata favorit, wisatawan bisa memilih kegiatan wisata yang akan dilakukan yang diinginkan. Berikut ini contoh 13 Destinasi Wisata Pulau di Sumatera Barat yang patut kamu kunjungi.

1. Pulau Pagai Utara

Pulau Pagai Utara

Pulau yang tidak lepas dari pesona Mentawai yang indah secara lanskap dan budaya. Pulau yang bersebelahan dengan Pagai Selatan memiliki kehidupan masyarakat yang masih menjunjung nilai-nilai luhur yang ada.

Di tempat ini para pelancong bisa menemui keindahan alam yang sesungguhnya, ketenangan, kedamaian, dan keindahan yang berdampingan harmonis.

Baca juga : Wisata Danau di Jambi

2. Pulau Sipora

Pulau Sipora

Dikenal juga dengan sebutan Pulau Sipura. Pulau yang berdekatan dengan Siberut. Pulau Sipora terkenal dengan gelombangnya.

Maka dari itu, pulau ini menjadi favorit para peselancar untuk melakukan kegiatan menantang. Sama seperti mengunjungi kepulauan lain di Mentawai, kita perlu menggunakan kapal dari daratan Sumbar untuk mencapai lokasi.

Baca juga : Wisata Taman di Sumatera Barat

3. Pulau Pagai Selatan

Pulau Pagai Selatan

Pulau Pagai Selatan masuk dalam Gugusan Kepulauan Mentawai. Berada di bagian utara. Pada bencana gempa 2007 yang mengguncang Sumatera, pulau tersebut sempat rusak. Namun, tidak sampai membuat pulau luluh lantak.

Pulau yang layak menjadi destinasi unggulan Sumatera Barat karena memiliki potensi kekayaan bahari dan bentang alam yang indah.

Baca juga : Wisata Puncak di Sumatera Barat

4. Pulau Pamutusan

Pulau Pamutusan

Pulau Pamutusan yaitu surga kecil yang bisa ditemukan di pesisir Padang. Jarak tempuhnya kira-kira satu jam dari kota.

Kamu bisa mencapainya dengan menggunakan kapal kecil yang berlayar dari Pelabuhan Muara Kota Padang. Pulau yang terkenal dengan pasir pantai yang putih, dikelilingi dengan pohon kelapa dan tanaman bakau. Jika surut, semenanjung di pulau ini akan berubah menjadi daratan berpasir putih.

Baca juga : Wisata di Kota Solok

5. Pulau Siberut

Pulau Siberut

Siberut masuk dalam gugusan Kepulauan Mentawai. Berada di paling utara, berjarak kira-kira 150 kilometer dari daratan Sumatera bagian barat.

Terdapat Taman Nasional Siberut yaitu Pulau Siberut memiliki hutan hujan. Masyarakat suku Mentawai, yang masih menganut kepercayaan warisan leluhurnya, bermukim di pulau ini.

Mengunjungi Siberut sama dengan bertandang ke bagian bumi yang masih asri. Terdapat beberapa hewan seperti primata, seperti langur buntut babi, langur Mentawai, dan beruk Pulau Pagai.

Baca juga : Wisata di Kota Padang

6. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak

Pulau yang berlokasi di pesisir selatan Sumatera Barat. Letaknya berada di kawasan wisata Mandeh, 40 kilometer dari Kota Badang.

Pulau ini terkenal dengan pasir putih, karang-karang, dan ikan beragam jenis yang bisa ditemukan. Pulau yang juga menjadi kawasan permukiman beberapa nelayan.

Terdapat beberapa resort dan cottage juga. Untuk menuju Cubadak, kamu harus menunggang kapal dari Pantai Kota Painan Carocok.

7. Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan

Pulau yang terkenal dengan keindahan pasir putihnya berlokasi di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Letaknya tidak jauh-jauh dari daratan Kota Padang.

Tidak jauh juga dari Pulau Sikuai. Kira-kira jaraknya 200 meter. Untuk menuju ke pulau tersebut, kamu perlu naik speed boat atau menyewa kapal nelayan melewati Teluk Bungus untuk menuju lokasi.

Kamu juga bisa mendirikan tenda di pulau yang sunyi itu. Atau juga dapat menyewa resort yang ada.

8. Pulau Mentawai

Pulau Mentawai

Mentawai menjadi satu diantara sekian banyak daerah di Indonesia yang belum dijamah oleh kehidupan modern. Itu sebabnya bagi mereka yang ingin menikmati wisata budaya, Mentawai bisa masuk ke dalam daftar untuk menikmati gaya hidup masyarakat suku asli yang terkenal akan tradisi khas bertato di sekujur tubuh mereka.   Kamu bisa mengakses wilayah ini dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan kapal seperti jasa penyeberangan Ambu – Ambu, Sumber Rezeki Baru, atau MV. Atau menggunakan pesawat, yang tersedia hanya pada hari Senin – Kamis juga Minggu.

9. Pulau Sawo

Pulau Sawo

Pulau Sawo, yaitu sebuah pulau paling utara yang terletak dari Kota Padang. Jaraknya hanya memakan waktu sekitar 20 menit dari Pasie Jambak. Pulau yang masih tergolong perawan karena belum banyak dijamah oleh pengunjung, sehingga pulau dengan pasir putih halus terhampar dan juga air laut yang biru membuat siapapun yang berkunjung akan terpukau.

Ketenaran Pulau Sawo memang tidak seperti pulau – pulau lainnya yang sudah terkenal. Namun oleh sebab itu suasana pantai yang asri karena jauh dari keramaian, serta lautan biru dengan terumbu karang yang perawan pasti akan membuat kamu terasa memiliki pulau pribadi. Untuk mencapai pulau ini, pengunjung harus menaiki perahu dayung atau pun speedboat milik nelayan yang tidak terlalu besar, yaitu hanya mampu memuat dengan 6 orang dari Pantai Pasir Jambak.

10. Pulau Pagang

Pulau Pagang

Pulau Pagang bisa ditempuh dari Pelabuhan Bungus. Yang menarik dari tempat ini adalah pantai yang eksotis dengan air lautnya yang jernih kebiruan. Pepohonan yang rindang akan langsung menyambut dan memberikan udara yang begitu segar khas pantai yang tidak mungkin bisa kamu rasakan di tengah kota. Sampai saat ini Pulau Pagang masih terus dikembangkan sebagai destinasi wisata bahari andalan di Sumatera Barat.

11. Pulau Mandeh

Pulau Mandeh

Pulau Mandeh yang sering disebut sebagai Raja Ampatnya Sumatera Barat.. Gugusan pulau-pulau kecil dihubungkan dengan lautan yang biru, menawarkan keindahan seperti taman surga. Secara Administratif, Mandeh masuk dalam wilayah Kecamatan Koto XI Tarusan yang berdekatan dengan Kota Padang. Pulau yang indah dan patut untuk dikunjungi saat liburan kelak.

12. Pulau Air

Pulau Air

Tidak begitu jauh dari Pulau Sawo, terdapat daratan yang luasnya dimana masyarakat Sumatera Barat menyebutnya dengan nama Pulau Air. Sampai saat ini, Pulau Air terus dipromosikan sebagai destinasi wisata taman laut dengan terumbu karang dan biota laut yang beragam dan indah. Kamu bisa datang untuk melakukan snorkeling, diving dan lain sebagainya. Secara administratif Pulau Air masuk dalam wilayah Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat.

13. Pulau Sibunta

Pulau Sibunta

Pulau Sibunta juga memiliki keindahan yang tidak mungkin bisa kamu temukan di tempat lain. Baik daratan maupun baharinya, menyuguhkan keindahan yang begitu memanjakan mata. Kamu bisa mencari kenyamanan datang ke Pulau Sibunta untuk mengistirahatkan tubuh dan menyegarkan pikiran. Untuk berkunjung kamu harus mengarungi lautan dari Padang dengan perjalanan selama 18 menit, jaraknya sekitar 12,5 kilometer dan bisa dicapai dengan perahu motor milik nelayan.

Demikianlah beberapa contoh dari 13 Destinasi Wisata Pulau di Sumatera Barat yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi saat kamu berlibur kelak. Selamat berlibur.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close