wisata

√ 17 Destinasi Wisata Pulau Nias yang Eksotis

Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu destinasi liburan favorit banyak orang. Karena di tempat ini ada banyak daya tarik wisata lain yang tidak kalah indah untuk ditelusuri. Kepulauan Nias menjadi salah satunya. Pulau yang eksotis dan menawan untuk dijelajahi.

Berbagai destinasi tempat wisata di Nias yang terkenal sebagai surga tersembunyi di Sumatera Utara. Tidak hanya keindahan panorama alam, juga wisata kebudayaan dan juga tradisi yang ada di Nias juga menjadi keunikan tersendiri. Nah, untuk tahu apa saja wisata yang bisa kamu ketahui, berikut ini 17 Destinasi Wisata Pulau Nias yang Eksotis .

1. Pulau Hinako

Pulau Hinako

Salah satu tujuan wisata di Nias yang populer dan menarik adalah Pulau Asu yang merupakan bagian dari Kepulauan Hinako. Gugusan kepulauan di kawasan Nias yang memang sudah sangat diakui keindahannya. Tidak cuma Pulau Asu, di kawasan wisata kepulauan di Nias ini bisa menemukan berbagai pulau-pulau kecil indah lainnya untuk bertualang. Keindahan alam yang memukai dan sangat pas untuk dinikmati sambil bersantai.

Baca juga : Wisata di Bireuen Aceh

2. Air Terjun Humogo

√ 17 Destinasi Wisata Pulau Nias yang Eksotis
Air Terjun Humogo

Wisata alam di Nias tidak melulu pantai dan lautan. Kamu bisa mengkunjungi Air Terjun Humogo, salah satu objek wisata di Nias yang terkenal akan keindahan panoramanya. Berada di lingkungan alam yang asri, berkunjung ke destinasi wisata Nias ini akan memberikan nuansa menyegarkan dan tidak terlupakan.

Baca juga : Wisata di Lhokseumawe

3. Museum Pusaka Nias

Museum Pusaka Nias
Museum Pusaka Nias

Mempelajari mengenai budaya dan tradisi dari Nias kamu bisa mencoba mengunjungi Museum Pusaka Nias. Yaitu sebuah museum yang berisikan koleksi berbagai benda-benda budaya, seni, dan benda lainnya yang mengandung nilai sejarah bagi masyarakat Nias. Tempat wisata Nias satu ini tepat menjadi salah satu sarana edukasi yang menarik saat berlibur ke kepulauan Nias. Selain menambah ilmu juga menjadi wawasan baru.

Baca juga : Wisata di Kota Langsa

4. Desa Wisata Orahili

Desa Wisata Orahili
Desa Wisata Orahili

Selain ada Desa Bawomatalua, ada pula Desa Wisata Orahili yang merupakan wilayah megalithiukum tertua di Indonesia. Desa yang telah berdiri sejak 1.000 – 1.500 tahun sebelum masehi yang bisa dilihat dari banyaknya peninggalan megalitik di Desa Orahili seperti berbagai jenis dan bentuk patung manusia, batu yang ditata berdiri tegak, ada batu datar dan masih banyak lagi yang lainnya. Tempat yang penuh dengan kisah sejarah dan budaya zaman purba.

Baca juga : Wisata di Calang Aceh

5. Desa Bawomatalua

Desa Bawomatalua

Tidak cuma keindahan pantai dan alamnya, Nias juga terkenal akan kebudayaannya. Jika kamu ingin mengenal lebih dekat mengenai budaya masyarakat Nias, Desa Bawomatalua bisa jadi tujuan wisata yang tepat saat singga ke Nias.

Selain bisa merasakan udara desa adat dengan bangunan-bangunan tradisional, disini kamu bisa menyaksikan “Hombo Batu” atau lompat batu, kebudayaan lokal Nias yang sudah sangat tersohor dan masih dilakukan sampai saat ini.

Baca juga : Wisata di Meulaboh Aceh

6. Pantai Sorake

Pantai Sorake
Pantai Sorake

Untuk kamu penggemar olahraga surfing, Pantai Sorake menjadi salah satu destinasi wisata di Nias yang wajib untuk dikunjungi. Dengan ombak mencapai 30 meter, Pantai Sorake begitu populer bagi para penggemar surfing di seluruh dunia. Tidak hanya ombaknya saja, juga pemandangan asri khas pantai Nias menjadi nilai tambah dari destinasi tempat wisata Nias menjadi lebih bernilai.

7. Pulau Asu

Pulau Asu
Pulau Asu

Pulau Asu menjadi tujuan wisata di Nias yang sangat populer. Kepopulerannya bahkan membuatnya sering dijuluki sebagai “The Paradise on Earth”. Mulai dari pemandangan pantai yang indah, ombak yang menantang untuk surfing, sampai panorama alam bawah laut yang cantik untuk diving menjadi alasan mengapa banyak traveler mengunjungi objek wisata di Nias satu ini.

8. Pantai Gawu Soyo

Pantai Gawu Soyo
Pantai Gawu Soyo

Berbeda dengan wisata pantai pada umumnya, Pantai Gawu Soyo yang populer dengan hamparan pasirnya yang berwarna tidak biasa, yaitu merah muda. Perpaduan warna merah muda dan birunya air laut memberikan panorama yang sangat instagramable di tempat wisata Nias satu ini. Cocok buat kamu yang menyukai spot cantik dan indah.

Objek wisata di Nias yang juga sarat akan kisah legenda mengenai pemuda bernama Laowomaru yang berhasil membunuh naga di pantai ini. Darah dari naga tersebutlah yang akhirnya memberikan warna kemerahan pada pasir pantai tersebut.

9. Pantai Toyolawa

Pantai Toyolawa

Alternatif destinasi wisata di Nias selanjutnya yaitu Pantai Toyolawa yang terkenal sebagai salah satu pantai indah yang masih sangat sepi pengunjung. Salah satu aktivitas favorit di daerah wisata ini adalah berenang sembari menikmati keindahan alam bawah laut ataupun sekedar bersantai di pinggir pantai mengamati deburan ombak yang menyapu pantai dan bebatuan.

10. Pulau Wunga

Pulau Wunga

Destinasi wisata pantai selanjutnya di Nias berada di Pulau Wunga. Pantai yang berbentuk Laguna ini tercipta dari bencana gempa pada 2005 silam. Objek wisata Nias satu ini terkenal akan kebersihannya dan juga pemandangan alam yang masih sangat asri. Sehingga pantai ini sangat menakjubkan dan patut untuk dikunjungi.

11. Pantai Tureloto

Pantai Tureloto
Pantai Tureloto

Terlelak langsung menghadap ke Samudera Hindia, Pantai Tureloto memiliki pemandangan yang sangat memukau. Selain birunya lautan, unsur bebatuan karang yang terhampar di bibir pantai menambah eksotisme dari tempat wisata di Nias satu ini.

Kadar garam yang tinggi pada perairan di sekitar pantai juga membuat pantai ini kerap dijuluki “Laut Mati” dari Indonesia. Pantai yang menjadi daya tarik pengunjung untuk menikmati keindahannya.

12. Pantai Lagundri

Pantai Lagundri
Pantai Lagundri

Bergeser dari pantai Sorake, terdapat pantai Lagundri yang juga tidak kalah menarik. Pantai yang memiliki panorama yang indah dan dijamin tidak akan membuat kamu bosan justru sebaliknya.

Selain itu, Lagundri juga memiliki ombak yang tidak kalah menakjubkan dari pantai di tempat lainnya.

Ketinggian ombak yang mencapai 8 hingga 10 meter, pantai Lagundri sukses masuk dalam daftar 10 pantai terbaik dunia. Bulan Juni dan Juni menjadi waktu terbaik untuk berkunjung di pantai ini.

13. Pulau Panjang

Pulau Panjang
Pulau Panjang

Pulau Panjang masih masuk dalam wilayah Kabupaten Nias Utara. Walau tidak lebih terkenal dari pulau Asu, namun keindahan dari pulau kecil yang satu ini patut diacungi jempol.

Keindahan pantainya yang mempesona membuat setiap pengunjungnya terbuai dan betah berlama – lama di tempat ini.

Di pinggir pantai, kamu juga dapat menemui banyak koral yang unik dan beragam bentuknya.

14. Pantai Ladeha

Pantai Ladeha
Pantai Ladeha

Pantai Ladeha tidak terlalu banyak diketahui oleh wisatawan. Bahkan untuk masyarakat Nias sendiri, pantai yang satu ini masih jarang dikunjungi.

Penyebabnya karena kondisi dari jalan untuk mencapai tempat tersebut masih kurang baik.

Namun keindahannya tidak dapat dipandang sebelah mata. Terlebih terdapat kolam renang yang ada disana.

Kolom yang terbentuk secara alami dari batu-batu karang. Tentu akan membawa suasana yang berbeda. Di sore hari, kamu dapat menikmati keindahan matahari terbenam dari tempat ini. Semakin membuat pesona pantai semakin indah.

15. Pulau Tello

Pulau Tello
Pulau Tello

Pulau Tello memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Kekayaan baharinya juga menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. Selain itu, penduduk Tello juga dikenal ramah terhadap wisatawan yang berkunjung. Jumlah penduduk yang masih tergolong sedikit, cocok bagi kamu yang ingin melepas penat dan terbebas dari hiruk-pikuknya perkotaan. Pulau eksotis yang menyimpan banyak pesona alamnya.

16. Pantai Sirombu

Pantai Sirombu
Pantai Sirombu

Pantai yang terletak di Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, yang menjadi poin inti mengapa pantai ini dikatakan ikonik. Tidak akan terhapus dalam ingatan ono Niha yaitu bahasa daerah Nias yang artinya orang Nias, bahwa Pantai Sirombu menjadi saksi bisu dari tragedi Tsunami pada tahun 2004 dan gempa bumi pada 2005 silam yang meluluhlantakkan kawasan ini. Sisa puing bangunan yang sudah tertutupi rumput-rumput liar yang tersebar di beberapa sudut pantai, seolah menunjukkan betapa bencana alam telah menyapu jejak sejarah dahulu dan ramainya Sirombu sebelum gulungan ombak menghantam daerah ini.

17. Pantai Hoya

Pantai Hoya
Pantai Hoya

Sepanjang Pantai Hoya yang berada di Kec. Gunungsitoli Utara, Kota Gunungsitoli ini berjejer indah ratusan pohon pinus. Destinasi wisata yang juga dilengkapi dengan fasilitas pondok dan warung yang menyajikan aneka hidangan laut seafood yang menggugah selera untuk semakin memanjakan para wisatawan yang berkunjung. Pantai yang patut untuk kamu kunjungi saat berlibur di Aceh karena tempatnya yang memukau dan indah.

Demikian penjelasan dan contoh dari 17 Destinasi Wisata Pulau Nias yang Eksotis. Semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close