umum

Fakta Unik Pulau Sentinel Harus Diketahui

Fakta Unik Pulau Sentinel ini terletak di gugusan kepulau Andaman di Teluk Benggala. Luas dari pulau ini sangatlah kecil dengan hamparan hutan yang menyelimuti seluruh pulau ini. Selain itu, di sekeliling pulau ini juga dikelilingi oleh terumbu karang.

Baca Juga : Tips Mengelola Website Sangat Penting

Salah satu hal yang paling unik dari pulau yang satu ini adalah adanya kelompok masyarakat primitif yang ada di dalamnya. Diperkirakan terdapat 50 hingga 400 orang dimana mereka hidup tertutup dan menghindari kontak dengan orang dari luar kelompok mereka.

Berbagai Fakta Unik Pulau Sentinel

Suku yang Tak Kenal Ampun

Di dunia yang sudah modern ini, suku Sentinel justru hidup secara tertutup. Mereka bahkan terkenal tak segan-segan untuk menghabisi nyawa dari orang yang memaksa masuk atau bahkan hanya berada di sekitar wilayah Fakta Unik Pulau Sentinel.

Fakta Unik Pulau Sentinel

Pada tahun 2006 tercatat dua orang tewas karena memancing secara ilegal di lingkungan Sentinel. Kemudian helikopter yang sedang terbang rendah karena tengah berada dalam misi pengintaian dilempari batu dan juga senjata panah api oleh suku Sentinel.

Suku yang Masih Terisolasi

Terdapat di Fakta Unik Pulau Sentinel dengan akses yang masih minim memang membuat suku ini menjadi salah satu suku yang masih terisolasi dari dunia luas. Hidup dengan masih terisolasi ini yang mungkin juga membuat suku ini masih begitu awam dan tidak mau diganggu oleh kehidupan lain yang datang dari luar pulau mereka.

Pulau Terpencil yang Indah

Jika diamati dari Google Map atau dari udara, Pulau ini sebenarnya memiliki keindahan yang luar biasa. Fakta Unik Pulau Sentinel memiliki pemandangan yang sangat eksotis dengan perpaduan hutan, pasir putih dan pemandangan samudera Hindia yang luar biasa indah.

Akan tetapi hingga saat ini keindahan dari pulau ini masih belum bisa dijamah oleh orang lain. Sebab, ketika para wisatawan mencoba mendekat maka para suku Sentinel akan langsung melakukan perlawanan dan perlakukan yang kurang pantas dan kurang nyaman untuk para wisatawan tersebut.

Citra Kejam Sentinel Pada Wisatawan

Karena terbatasnya akses menuju pulau ini awalnya tidak diketahui jika ternyata pulau ini ada penghuninya. Hingga akhirnya melalui cerita banyak orang bisa diketahui jika ternyata tempat ini memang terdapat sekelompok masyarakat yang tinggal didalamnya.

Kemudian ada sebuah tim ekspedisi yang mencoba untuk mendekati pulau dan orang-orang Sentinel. Bukannya mendapatkan sambutan yang hangat melainkan tim tersebut langsung dihadang oleh suku yang ada di Pulau Sentinel tersebut.

Para kelompok suku sudah bersiap di bibir pantai dengan memanahi orang-orang yang mencoba untuk mendekati Fakta Unik Pulau Sentinel. Perlakukan seperti ini ternyata selalu diterima oleh siapapun yang mencoba mendekat ke pulau yang ada di India ini.

Dampak Tsunami yang Belum Jelas

Pada tahun 2004 pulau ini memang juga tercatat sebagai salah satu pulau yang terkena dampak Tsunami aceh. Dengan pulau yang kecil dan jumlah penduduk yang minim banyak yang memperkirakan jika Sentinel akan punah. Akan tetapi meskipun belum bisa dipastikan hingga masuk ke pulau Pulau Sentinel tetapi sudah terlihat jika suku tersebut lolos dari kepunahan karena Tsunami.

Hal ini juga bisa dilihat dari observasi langsung ke pulau dengan menggunakan helikopter setelah Tsunami. Meskipun mendapatkan tembahan panah oleh seorang penduduk yang kemudian berhasil di foto namun hal ini menjadi satu bukti jika Sentinel tidak punah dan masih mampu bertahan hingga kini.

Sangat Anti Peradaban Baru

Jika ada suku primitif yang masih bisa menerima tamu atau orang luar ke lingkungan mereka maka tidak untuk suku yang ada di Pulau Sentinel ini.

Penyerangan secara brutal baik itu untuk nelayan, kapal yang melintas hingga helikopter menjadi satu bukti jika mereka sangat menolak peradaban. Dengan panah api atau batu yang sangat tajam mereka mengambil sikap tegas untuk sebisa mungkin menolak peradaban baru yang mungkin mereka kira akan merusak dan mengganggu kelangsungan hidup mereka.

Baca Juga : Tips Memilih Jasa Seo Murah Tetapi Tidak Murahan

Perlaukan Sentinel yang jelas tersebut juga sudah bisa menjadi bukti Fakta Unik Pulau Sentinel jika Sentinel tidak ingin ada pengaruh asing yang masuk ke suku mereka. Hasilnya adalah mereka pun juga tak pernah tersentuh dengan peradaban lain ataupun orang lain yang masuk ke dalam suku ataupun ke dalam Pulau Sentinel.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close