3 Cara Masuk Sekolah STAN Agar Lolos

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau STAN tetap menjadi salah satu perguruan tinggi yang paling menyita minat bagi lulusan SMA. cara masuk sekolah STAN yang tidak mudah tidak menjadi halangan bagi para calon siswa untuk terus mengikuti pendaftaran dan tes untuk bisa masuk ke STAN.

Baca juga : Cara Mudah Menulis Artikel seo Friendly

Bagaimana antusias bagi banyak lulusan SMA ini bisa terlihat dari bagaimana banyaknya peserta yang mendaftar dan banyak peserta yang gugur dalam setiap seleksi yang diadakan oleh STAN. Meskipun banyak yang gugur tetapi nyatanya tetap ada banyak sekali peserta didik baru yang mendaftarkan dirinya untuk bisa masuk ke STAN.

Meskipun sulit, bukan berarti tidak ada cara masuk sekolah STAN. Asalkan dilakukan dengan cara yang tepat dari mulai pendaftaran hingga seleksi maka akan membuat hasil dari seleksi ini akan membuahkan hasil. Anda bisa diterima di STAN asalkan melakukan cara dengan baik dan benar.

Persyaratan Penting Masuk STAN

Hal yang sangat penting ketika ingin mendaftar ke STAN adalah mempersiapkan segala macam persyaratan untuk pendaftaran. Berbagai persyaratan ini bisa menjadi modal utama dari cara masuk sekolah STAN supaya bisa langsung diterima. Persyaratan ini sangat penting sebab jika ada satu syarat saja yang terlewat maka akan membuat Anda gugur dari seleksi ini.

cara masuk sekolah STAN

Syarat-syarat yang harus dipenuhi bagi peserta yang pertama adalah peserta harus merupakan lulusan dari tahun yang sama pada tahun pendaftaran. Maksimal bagi peserta yang ingin mendaftar adalah lulusan SMA pada satu tahun sebelumnya.

Rata-rata nilai pada ijazah dan juga raport harus dengan nilai minimal 70,00 dengan skala 100,00. Pada nilai raport berlaku dari saat semester ganjil kelas X hingga genap kelas XII. Standart nilai yang tinggi untuk menyaring dengan baik seluruh peserta adalah peserta dengan nilai akademis yang tinggi.

cara masuk sekolah STAN lainnya adalah peserta juga harus memiliki usia minimal 17 tahun dan maksimal berusia 20 tahun. Usia dihitung pada tanggal pendaftaran masuk ke STAN dan tanggal lahir yang digunakan adalah tanggal yang tertera pada ijazah.

Peserta juga harus memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik. Hal ini dibuktikan dengan surat sehat keterangan dokter dan juga surat narkoba dari dokter ataupun puskesmas.

Jika seluruh persyaratan sudah terkumpul maka selanjutnya adalah dengan melakukan pendaftaran dengan benar. cara masuk sekolah STAN yang berhubungan dengan pendaftaran harus dilakukan dengan cara yang runtut dan jelas sehingga tidak akan menjadi penghalang untuk bisa diterima di STAN.

Alur dan Cara Pendaftaran STAN

Ada beberapa tahap yang harus dilewati dalam pendaftaran ke STAN. Cara pendaftaran ini diantaranya seperti tahap pendaftaran dan isi formulir ke website resmi panitia dan stan. Kemudian selanjutnya membayar pendaftaran dan langsung melakukan verifikasi berkas yang dibutuhkan.

Cara Lolos Tes STAN

cara masuk sekolah STAN yang paling penting adalah melewati seluruh tahapan seleksi atau tes yang dilakukan oleh STAN. Ada beberapa tahapan yang memang harus dilewati oleh para calon peserta seleksi STAN. Mulai dari tahapan tes tertulis, fisik, wawancara hingga tes kemampuan dasar.

Seluruhnya harus dilewati dengan baik jika memang ingin mendapatkan hasil terbaik dan lolos untuk masuk ke STAN. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah lolos tahapan tes tertulis. Pada tahap pertama ini saja sebenarnya sudah sangat menakutkan bagi banyak pendaftar karena pada tahapan ini banyak peserta yang gugur.

Tahapan tes tertulis ini adalah tahapan dimana calon peserta harus menjawab dua jenis pertanyaan. Tes tertulis ini terbagi menjadi dua jenis tes yaitu TPA atau tes potensi akademik dan TBI atau tes Bahasa Inggris. Keduanya berjumlah 180 soal. Tes TPA 120 soal dengan waktu 100 menit dan TBI 60 soal dengan waktu 50 menit.

Memang untuk tes tertulis ini diperlukan pengetahuan yang luas dan juga kesiapan mental supaya bisa mengerjakan soal dengan baik. Cara untuk bisa mendapatkan banyak pelatihan tentang soal-soal dari seleksi masuk STAN ini bisa didapat dengan berlatih dari garansimasukstan.co.id.

Selanjutnya jika sudah lolos dari tes tertulis maka masuk ke tahap berikutnya yaitu tahap tes isik dan kesehatan. Hal ini akan diuji oleh panitia dengan cara peserta harus melakukan lari selama 12 menit. Perlu fisik yang benar-benar kuat dan tangguh jika ingin berhasil melewati satu tahapan ini.

Baca Juga : 6 Hal Penting yang ada pada CV

Tahapan yang ketiga adalah tahapan tes wawancara. Pada tahapan ini peserta hanya akan menggali lebih dalam lagi tentang pola pikir dan juga karakter dari calon peserta. Perlu mental dan penampilan yang baik jika memang ingin lolos dari satu tahapan ini.

Kemudian selanjutnya adalah tahapan terakhir yaitu tahapan tes kemampuan dasar atau TKD. cara masuk sekolah STAN harus lolos dari TKD yang bentuk tesnya lebih pada seleksi seperti pada tes tertulis yang pertama tadi.

You May Also Like

About the Author: Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *