Pemasaran Online

Berikut ini adalah Cara Memulai Usaha Baru di Tahun 2020

Cara memulai usaha baru ada begitu banyak di luar sana yang bisa didapatkan dari buku-buku, seminar, maupun kisah orang-orang yang sudah sukses. Namun, cara yang terbaik untuk melakukannya bisa berbeda-beda bagi setiap individu. Ada juga yang berkata bahwa menjadi pengusaha adalah bakat bawaan, dan itu tidak sepenuhnya benar. Siapapun bisa melakukannya asal disertai niat yang kuat dan usaha yang keras. Oleh karena itu, tidak ada cara lain selain mempraktekkannya sendiri.

Di bawah ini merupakan cara memulai usaha baru yang bisa dicoba, dan temukan mana saja yang cocok dan sesuai dengan Anda:

1. Tetapkan Semua Hal tentang Produk dan Jasa Anda

Hal utama dan paling penting yang harus diperhatikan untuk memulai usaha baru adalah produk atau jasa yang Anda tawarkan. Lakukan brainstorming untuk memetakan seperti apa produk atau jasa Anda selengkap-lengkapnya. Hal ini termasuk bahan-bahan, proses pembuatan, dan kemasan luar (jika berupa barang), serta layanan seperti apa yang Anda bisa berikan (jika berupa jasa).

Baca Juga : Cara Promosi di Instagram yang Efektif

Selain itu, Anda sebaiknya melakukan riset tentang produk atau jasa pesaing. Bagaimana caranya agar brand Anda bisa mencolok di tengah produk-produk yang lain?

2. Cara Memulai Usaha Baru Tentukan Target Utama di Pasaran

Cara memulai usaha baru yang tak kalah penting berikutnya adalah mengetahui konsumen Anda secara spesifik. Mungkin Anda ingin menawarkan produk Anda kepada konsumen berdasarkan rentang usia, jenis kelamin, atau kultur serta budaya tertentu. Pada akhirnya, sebagus apapun produk Anda, jika tidak dapat memberikan yang konsumen tertentu butuhkan, tentu usaha Anda akan kesulitan bertahan di pasaran.

3. Buat Rincian Keuangan secara Lengkap

Dari mana Anda mendapatkan modal? Seberapa besar? Tentu hal tersebut akan mempengaruhi bagaimana produk atau jasa Anda dibuat. Setelah Anda mengetahui berapa modal Anda, cara memulai usaha baru berikutnya adalah membuat rincian pengeluaran yang diperlukan untuk memproduksi atau menjalankan jasa tersebut. Dari sana, Anda bisa menghitung berapa besar pemasukan yang didapatkan. Rincian keuangan adalah hal yang sangat penting untuk akhirnya nanti bisa diketahui seberapa laba yang didapat, atau justru rugi.

4. Tentukan Strategi Promosi

Cara memulai usaha baru selanjutnya adalah memikirkan tentang strategi promosi. Bagaimana caranya agar barang atau jasa Anda bisa ditemukan oleh konsumen? Di mana Anda bisa menjajakannya? Di toko sendiri atau disebar di toko-toko melalui distributor? Anda juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan media sosial untuk memperbesar kemungkinan produk atau jasa Anda ditemukan oleh konsumen. Terutama di era digital ini, media sosial tidak boleh diremehkan sebagai salah satu platform paling efektif untuk melakukan promosi.

Baca Juga : Prinsip-Prinsip yang Terdapat Pada Email Marketing

5. Terapkan Mindset Entrepreneur

Cara Memulai Usaha Baru

Setelah Anda melakukan cara memulai usaha baru di atas, jangan lupa untuk menerapkan cara pikir seorang pengusaha sejati. Yakni diantaranya, berpegang teguh pada niat, bekerja keras sebagai bagian dari passion, ulet, kreatif, berani mengambil risiko, dan bersabar menghadapi kesulitan di tengah perjalanan. Dan untuk menambah skill Anda dalam berwirausaha, akan lebih baik jika Anda melakukan riset yang sungguh-sungguh, mengikuti berbagai seminar, dan berkumpul bersama sesama pengusaha untuk mengembangkan diri.

Berikut tadi adalah cara memulai usaha baru yang bisa Anda terapkan. Meskipun akan ada banyak tantangan, berwiraswasta bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan karena kreativitas Anda diuji. Jika dikelola dengan baik, memiliki usaha sendiri bisa memberikan reward yang besar, selain bisa membantu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang membutuhkan.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close