umum

Apa pengertian Pancasila : Simbolik, Filosofi, Sejarah, Ahli

Memahami Pancasila: semua negara di dunia harus memiliki ideologi yang dianutnya, baik sosialis, komunis, liberal, kapitalis, atau ideologi lainnya. Secara luar biasa, Indonesia berhasil membentuk ideologi baru, yang pada saat yang sama menjadi dasar, visi kehidupan dan kepribadian bangsa.

Nenek moyang kita menyebutnya Pancasila, ini diambil dari bahasa Sansekerta, yaitu Panca, yang berarti lima dan Sila, yang berarti dasar atau prinsip. Untuk lebih memahami apa itu Pancasila, berikut adalah penjelasan lengkap tentang arti Pancasila.

Pemahaman umum tentang Pancasila

Pancasila, seperti yang dikatakan sebelumnya, merupakan kesepakatan leluhur, pendiri bangsa Indonesia yang akan digunakan sebagai dasar, perspektif dan kepribadian bangsa. Karena itu, Pancasila juga disebut sebagai sumber dari semua sumber hukum.

Pemahaman simbolik tentang Pancasila

Pancasila, yang merupakan simbol negara Indonesia, melambangkan elang. Setiap organ dan apa yang melekat padanya memiliki filosofi sendiri, dari:

  • Warna Burung Garuda. Burung Garuda berwarna kuning keemasan yang menggambarkan sifat yang agung dan mulia.
  • Organ Tubuh Burung Garuda. Burung Garuda adalah burung yang berjalan dengan paruh, sayap, ekor dan cakar yang menggambarkan kekuatan dan kekuatan perkembangan.
  • Jumlah bulu Pena unik yang melekat pada Burung Garuda dirancang sedemikian rupa sehingga dapat melambangkan hari kemerdekaan Indonesia, pada 17 Agustus 1945, bulu masing-masing sayap adalah 17, 8 bulu ekor dan 45 bulu leher.
  • Adanya Perisai di dada Garuda. garis-garis hitam tebal di tengah perisai melambangkan ekuator yang menggambarkan lokasi Indonesia di ekuator. Kemudian, untuk warna dasar perisai itu adalah merah dan putih yang melambangkan warna bendera Indonesia.

Filsafat Pancasila dalam Perisai

pancasila
pancasila

Di dalam perisai di dada garuda berisi banyak filosofi. Sekarang Anda lengkap tentang apa itu afiliasi, lihat ulasan di bawah ini:

  • Bintang

Bintang yang melambangkan Dewa Satu. Ini berarti bahwa orang Indonesia percaya pada satu Tuhan, Tuhan Yang Mahakuasa. Jadi semua orang Indonesia punya dewa

  • Rantai

Rantai yang melambangkan kemanusiaan yang adil dan beradab. Ini berarti bahwa Negara Indonesia menjamin rakyatnya hak untuk hidup, hak untuk kebebasan, persamaan hak dan hak atas properti tanpa makna.

  • Pohon Beringin

Pohon Beringin melambangkan kesatuan Indonesia Yaitu, walaupun Indonesia terdiri dari banyak agama, ras, etnis, budaya dan adat istiadat yang berbeda. Namun, Indonesia harus tetap bersatu. Mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, dan tidak memprioritaskan individu atau kelompok atas kepentingan bersama seperti Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

  • Kepala banteng

Kepala banteng melambangkan orang yang dipimpin oleh kebijaksanaan kebijaksanaan. Dalam konsultasi perwakilan, di sini kita, sebagai orang Indonesia, kita tidak boleh egois dengan hanya mengutamakan kepentingan pribadi dan tidak memprioritaskan kepentingan negara dan masyarakat.

  • Kapas

Arti kapas sosial bagi semua orang Indonesia berarti bahwa, untuk menjadi warga negara yang baik, kita harus selalu mengembangkan tindakan yang mulia, sehingga mereka dapat mencerminkan sikap dan suasana keluarga dan kerja sama timbal balik. Bersikap adil kepada semua kelompok sambil menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.

Memahami Pancasila menurut beberapa ahli

Beberapa ahli juga menyatakan pendapat mereka ketika menafsirkan Pancasila. Mari kita simak pendapat para ahli dalam penafsiran Pancasila ini:

  • Muhammad Yamin

Menurut Muhammad Yamin, asal kata Pancasila adalah Panca, yang berarti lima dan Sila, yang berarti artikulasi, di atas, aturan perilaku dasar atau penting. Sehingga Pancasila dapat dikatakan sebagai lima pangkalan yang berisi pedoman atau aturan mengenai perilaku penting dan baik.

  • Notonegoro

Berdasarkan penuturan Notonegoro, dapat dikatakan bahwa Pancasila adalah filosofi dasar negara Indonesia, dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa Pancasila adalah dasar dari filosofi dan ideologi negara yang akan menjadi visi bangsa Indonesia pada masa itu. persatuan nasional, dan akan menjadi simbol persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia.

Memahami Pancasila dilihat dari sisi sejarah

Istilah Pancasila yang memang diketahui berasal dari bahasa Sansekerta telah dikenal sejak zaman kerajaan Hindu-Budha, yaitu kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.

Pancasila indonesia
Pancasila Ilustrasi gambar Liputan6.com

Namun, istilah sila-sila masih dalam bentuk aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, belum dirumuskan secara konkret. Berdasarkan buku Sutasome yang ditulis oleh Mpu Tantular, Pancasila berarti “pelaksanaan kesusilaan yang lima” atau “berbatu sendi yang lima”

Memahami Pancasila jika dilihat dari studi ontologis

Studi ontologis berarti ketika kita membahas suatu hal yang konkret dalam kehidupan. Jadi, pada intinya, studi ontologi atau pemahaman ontologi Pancasila adalah manusia.

Pengertian Pancasila : Simbolik, Filosofi, Sejarah, Ahli

Ini karena Pancasila adalah subjek hukum utama Pancasila itu sendiri. Dengan cara yang sama, manusia adalah kompleksitas makhluk hidup, baik sebagai individu maupun dalam kehidupan sosial dan komunitas. Demikian adalah Pengertian Pancasila semoga dapat membantu anda dalam mencari referensi anda baik dalam studi atau bacaan sejarah lainnya.

Baca ini juga : Daftar Surat riwayat hidup cpns

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close