umum

Contoh Essay Argumentatif, Deskriptif, Reflektif

Perkembangan bentuk dan jenis tulisan yang ada di sepanjang sejarah semakin meningkat. Salah satunya adalah essay yang sudah tidak asing lagi dikalangan para penulis.

Singkatnya, essai adalah bagian subjektif dari artikel, yang berarti bahwa itu adalah hasil dari pemikiran penulis. Contoh dari banyak jenis essay, cukup mudah dilakukan karena polanya tidak begitu spesifik. Untuk kemudian lebih jelas, maka di bawah ini adalah contoh essay dan penjelasannya:

Contoh Essay Argumentatif, Deskriptif, Reflektif
Contoh Essay Argumentatif, Deskriptif, Reflektif

Contoh Essay Argumentatif, Deskriptif, Reflektif

Ada begitu banyak jenis uji coba yang ada. Berikut ini contoh essay berdasarkan jenisnya:

Contoh dari essay deskriptif

Contoh dari essay deskriptif
Contoh dari essay deskriptif

Perhatikan contoh essay deskriptif dengan tema menggambarkan diri sendiri. Essay ini umumnya digunakan untuk berpartisipasi atau merekam suatu kegiatan.

Baca juga : Contoh Poster

Perkenalkan nama saya dany putra, saya lahir di tanjung pada 21 November 1930. Banyak teman mengatakan bahwa saya orang yang aneh, tetapi juga lucu dan baik. Saya bukan orang yang cerdas, tetapi saya dapat membantu banyak untuk teman saya.

Baca juga : Teks Eksplanasi

Selama saya kuliah pada jurusan akuntansi universitas, dia sedikit banyak mengajari saya untuk menjadi orang yang super duper teliti, sabar dan tenang ketika berhadapan dengan sesuatu. Saya harus mempunyai sebuah keterampilan analitis yang baik untuk mengetahui di mana letak kesalahannya.

Pernah saya magang di PT [nama agensi]. Pada saat itu saya bergabung dengan Divisi Keuangan dan saya membantu staf Verifikasi Keuangan. Adapun memang tugas yang saya dapat lakukan pada saat itu adalah … (anda bisa menjelaskan disini).

Baca juga : Pengertian Resume

Adapun pengalaman saya dalam organisasi, saya mulai di sekolah menengah. Saat itu saya terpilih menjadi Presiden salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Hobi berorganisasi terus berlanjut di universitas. Selama dua periode saya menghabiskan waktu dengan Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMJ).

Contoh essay reflektif

Contoh essay reflektif
Contoh essay reflektif

Perhatikan contoh essay reflektif Judul: Pendidikan di Indonesia

Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangat buruk. Ini ditunjukkan oleh data UNESCO (2000) dalam klasifikasi Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Index), yang merupakan komposisi klasifikasi kinerja pendidikan, kesehatan dan juga pendapatan per kapita yang ditunjukkan.

Indeks pembangunan manusia Indonesia menurun. Di antara 174 negara di dunia, Indonesia berada pada peringkat 102 pada tahun 1996, 99 pada tahun 1997, 105 pada tahun 1998 dan 109 pada tahun 1999.

Baca juga : Definisi Majas

Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia tentu tidak terlepas dari tujuan pendidikan di Indonesia, karena pendidikan di Indonesia adalah pendidikan yang dilakukan untuk kepentingan rakyat Indonesia. Namun, saat ini, standar dan kompetensi dalam pendidikan formal atau informal seolah-olah mereka hanya kecanduan standar dan kompetensi yang ada.

Oleh karena itu, kami menawarkan solusi sistemik, yang merupakan solusi dengan mengubah sistem sosial yang terkait dengan sistem pendidikan. Seperti diketahui, sistem pendidikan erat kaitannya dengan sistem ekonomi yang diterapkan.

Sistem kapitalisme yang juga sebagai bagian dari sistem ekonomi yang diterapkan memiliki prinsip bahwa salah satunya meminimalkan peran dan tanggung jawab negara dalam urusan publik, termasuk pembiayaan pendidikan.

Contoh essay argumentatif

Contoh essay argumentatif
Contoh essay argumentatif

Perhatikan contoh essay argumentatif dengan Judul obat-obatan yang menghancurkan generasi bangsa

Akhir-akhir ini, narkoba menjadi merajalela di setiap kalangan yang ada, mulai dari kelas bawah hingga kelas atas. Lebih buruk lagi, narkoba juga telah menginfeksi polisi di negara ini. Menurut data dari Badan Narkotika Nasional (BNN), jumlah korban yang disebabkan oleh barang haram telah dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca juga : Contoh Karya Ilmiah

Oleh karena itu, penulis sangat yakin bahwa masa depan bangsa ini akan hancur di tahun-tahun mendatang jika pemerintah tidak mengambil langkah nyata. Ada beberapa alasan mengapa narkoba dapat menghancurkan kehidupan bangsa. Alasan pertama adalah karena narkoba dapat menghancurkan masa depan kaum muda. Kaum muda harus menjadi penerus bangsa akan hancur jika masa depan mereka memasuki lingkaran narkoba.

Baca juga : Contoh Surat Kuasa

Alasan kedua adalah bahwa narkoba dapat membunuh kreativitas anak-anak bangsa. Kaum muda yang harus memiliki kreativitas yang hebat. Mereka akan kehilangan segalanya karena obat-obatan yang secara perlahan mematikan sel-sel otak mereka sehingga lama-kelamaan otak mereka tidak lagi dapat membuat, tetapi hanya ada satu penggunaan narkoba setiap hari.

Demikian adalah contoh essay yang dapat anda jadikan sebagai bahan dari referensi anda semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close