Teknologi

Cara Terbaik Memulihkan Flashdisk Yang Tidak Terbaca

Tentunya masalah ini sering terjadi, khusus untuk mahasiswa dan pelajar. Ya, masalah Flash yang tidak terbaca sekaligus tidak terdeteksi pada PC atau komputer rusak alias sering jadi segala sesuatu yang sangat menakutkan. Jadi bagaimana anda perbaiki ini.

Baca juga : WhatsApp Di Beberapa Sistem Operasi

Nah, dalam artikel ini, tidak hanya menyukai cara dalam atasi flash yang tidak terbaca, namun juga beragam penyebab yang dapat dihindari kemudian.

Cara Terbaik Memulihkan Flashdisk Yang Tidak Terbaca

Beberapa Penyebab Tidak Terbaca dan Berkedip Pada Flashdisk

Sebelum pindah, ada baiknya Anda perlu tahu dulu tentang beberapa penyebab flashdisk tidak dapat dibaca atau tidak dapat kemudian terdeteksi lagi. Tentu saja, masalah yang menyebabkan kerusakan yang terjadi pada memori flash anda tentunya memiliki cara sendiri untuk menangani situasi.

Dari masalah fisik, serangan virus dan malware, sampai dengan perangkat lunak terkait anda bisa lihat di bawah ini.

Port USB Atau Konektor Flashdisk Kotor

Cara Terbaik Memulihkan Flashdisk Yang Tidak Terbaca
Port USB Atau Konektor Flashdisk Kotor

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa kondisi fisik, port USB dari PC atau laptop dan konektor flash disk anda. Jika Anda biasanya meletakkan flash disk anda, PC atau laptop yang ada di tempat yang kotor, kenyataannya adalah bahwa debu penyusup port USB.

Baca juga : Cara Mudah Menggunakan WhatsApp Web

Debu meliputi konektor kemungkinan akan mempengaruhi kinerja flash dan membuat sulit untuk mendeteksinya.

Kontroler USB

Port USB Atau Konektor Flashdisk Kotor
Port USB Atau Konektor Flashdisk Kotor

Maka bisa disebabkan oleh driver USB yang bermasalah, misalnya ketika USB tersebut sudah terhubung tapi belum dibaca oleh PC atau laptop. Sebelum Anda dapat memeriksa driver USB melalui Device Manager dan pilih universal serial bus di atasnya.

Virus dan Malware

Virus dan Malware
Virus dan Malware

Terlepas dari masalah fisik, kerusakan flashdisk yang juga tentunya dapat disebabkan karena serangan virus dan malware. Hal ini juga dapat disebabkan oleh penggunaan flash disk yang kemudian sering dihubung-hubungkan ke dalam PC atau laptop secara bergantian dan intensitas yang bisa dibilang sering.

Perangkat Flashdisk Palsu

Perangkat Flashdisk Palsu
Perangkat Flashdisk Palsu

Akhirnya, mungkin ada masalah terbaca dan tidak terdeteksi flash disebabkan karena Anda menggunakan perangkat flash palsu. Dalam hal ini Anda harus lebih jeli dalam memilih flashdisk dengan kualitas yang baik. Saya tidak berpikir harga rendah untuk merek flashdisk terkenal.

Cara Memperbaiki USB drive tidak terbaca

Setelah Anda  tahu tentang beragam penyebab dari flashdisk rusak, sekarang Anda tahu bagaimana memperbaikinya. Nah, di sini itu adalah untuk mengatasi cara termudah membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Metode 1 – Bersihkan dan Konektor Flashdisk Yang Ada USB port

Yang paling mungkin berkedip terbaca karena kotoran atau penyusup debu.

Untuk masalah ini, terdapat beberapa langkah sederhana yang Penulis merekomendasikan Anda lakukan pertama, termasuk:

  • Bersihkan USB dan konektor USB menggunakan sikat pembersih untuk menghilangkan partikel debu yang meliputi.
  • Bersihkan plat kuningan pada flash dengan menggunakan penghapus (ketika konektor USB tipe terbuka).
  • Kemudian mencoba untuk menghubungkan flash disk pada komputer PC / laptop. Di sini tentunya untuk anda dapat menguji apakah flashdisk rusak atau bahkan PC / laptop yang terkena masalah.

Metode 2 – Scan Software Antivirus

Jika masalah flash disk membaca karena virus atau dengan adanya serangan malware, maka hal pertama yang dapat Anda lakukan ialah kemudian melakukan scan dengan perangkat lunak antivirus Anda. Misalnya, Anda dapat menghapus virus di shortcut flashdisk dengan mempergunakan metode sebelumnya.

Metode 3 – Instal Ulang Driver USB

Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki flash disk yang tidak terbaca memeriksa dan re-install driver USB digunakan. Untuk menginstal ulang driver USB pada PC atau laptop, Anda dapat mengambil beberapa langkah sederhana sebagai berikut:

Langkah 1 – Buka Device Configuration Manager

  • Pertama menghubungkan flash pertama yang tidak dapat dibaca oleh PC atau laptop.
  • Kemudian klik logo Windows di sudut kiri bawah layar dan pilih Device Manager.
  • Tunggu sampai jendela Device Manager terbuka.

Langkah 2 – Pilih USB Mass Storage Device Options

  • Pada jendela Device Manager, anda dapat kemudian mencari Serial Bus controller Universal (USB).
  • Buka menu dengan dropdown dan mencari perangkat yang disebut USB mas storage device untuk memberikan sinyal peringatan kuning ketika kesalahan atau error.

Baca juga : WA Web

Langkah 3 – Uninstall Driver USB

  • Pada perangkat USB mass storage saja dan klik pilihan uninstall device. Jika peringatan pop-up, Anda bisa klik uninstall.
  • Setelah kemudian proses tersebut selesai, Anda dapat menarik keluar dan colok kembali flash untuk kemudian dipergunakan kembali. Anda juga dapat me-restart PC atau laptop pertama-tama ya.
Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close