Teknologi

Mesin Obras | Cara Memilih dan Tipe Mesin Obras Terbaik

Usaha pakaian memang tidak pernah ada matinya, selalu ada desain dan corak terbaru yang dihadirkan untuk para peminatnya. Hal ini untuk menciptakan sebuah pakaian dibutuhkan banyak peralatan penunjang, seperti mesin obras dan mesin jahit yang mumpuni.

Proses obras merupakan salah satu bagian penting dalam membuat pakaian. Tersedia dengan jenis mesin obras yang ada di pasaran, mulai dari 2 benang, 3 benang, sampai 4 benang dan sebagainya. Kemajuan zaman membuat hadirnya mesin obras portable yang sungguh membantu soal keringkasan. Kamu bisa menjahit di mana saja dengan mudah tentunya. Berikut ini ulasan mengenai Mesin Obras yang bisa diketahui:

Cara Memilih Mesin Obras Terbaik

Cara Memilih Mesin Obras Terbaik

1. Perhatikan jenis mesin obras

Bagi para pemula yang ingin beli mesin obras, sebaiknya perhatikan dulu kebutuhan yang diperlukan. Jangan memilih mesin yang rumit dalam penggunaannya. Pilihlah yang sederhana dan mudah dimengerti. Karena, pada tahap pertama yang terpenting yaitu proses adaptasi menggunakan mesin obras.

Namun, jika kamu profesional dan telah berpengalaman di bidang menjahit, bisa langsung memilih mesin sesuai kemampuannya. Pastikan mesin tersebut memang benar-benar sesuai kebutuhan dan jangan tergiur dengan fitur-fitur yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

2. Perhatikan kecepatan mesin

Kecepatan mesin tentu berpengaruh dengan hasil dari mesin obras tersebut. Semakin cepat mesin bekerja, maka akan semakin banyak dan cepat pula hasil bahan yang diobras. Jika menggunakan mesin hanya untuk hobi atau usaha rumahan kecil, kecepatan 1000 hingga 1500 spm sudah mencukupi kebutuhan.

Dan untuk kebutuhan industri menengah hingga besar seperti pabrik, pilihlah mesin dengan kecepatan 2000 hingga 5500 spm. Mesin dengan kecepatan tinggi dipastikan memiliki kekuatan dalam mengobras berbagai macam bahan, dari yang tipis sampai bahan yang tebal.

3. Persoalan dana

Sebaiknya perkirakan dana yang akan dikeluarkan mengingat rentang harga mesin obras bervariasi. Mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah. Tentunya mesin dengan harga mahal memiliki fitur canggih dengan kecepatan mesin tinggi yang cocok untuk industri garmen. Jika kamu seorang pemula, tidak ada salahnya untuk membeli mesin berharga murah yang penting tetap berkualitas.

Ragam Tipe Mesin Obras

Mesin Obras Siruba 747K

Mesin Obras Siruba 747K

Mesin obras Siruba 747K diperuntukan bagi para profesional industri garmen, seperti pengusaha clothing line, pengusaha industri kaos, dan para desainer. Fungsi utamanya yaitu untuk mengobras pakaian dengan jahitan benang 4, tetapi dapat difungsikan juga untuk jahitan benang 3 dengan alat tambahan. Kecepatan maksimalnya mencapai 5500 spm dengan ketebalan bahan hingga 13 mm.

Nechi 300

Nechi 300

Pilihan berikut untuk mesin obras merk Nechi 300 yang memiliki ukuran mini. Mesin obras yang menggunakan 2 buah jarum untuk menjahit sehingga memberikan hasil yang halus dan kuat. Sangat cocok untuk industri rumahan dengan desainnya ringkas dan tetap gaya dengan warna putih. Selain itu, harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

Mesin Obras Takatori TK 747

Mesin Obras Takatori TK 747

Mesin obras Takatori TK 747 untuk menopang aktivitas industri pakaian skala kecil sampai kelas menengah. Mesin dikhususkan untuk obras menggunakan 4 benang dan 2 jarum sehingga hasilnya lebih rapi dan dapat menjahit bahan jenis apapun. Memiliki kecepatan maksimum 5500 spm dan sistem pelumasan otomatis yang mudah dalam perawatannya.

Mesin Obras Freya DF 854

Mesin Obras Freya DF 854

Mesin obras Freya DF 854 adalah jenis mesin portable multifungsi yang sangat mudah digunakan, khususnya bagi pemula. Berfungsi untuk mengobras dengan 3 dan 4 benang, serta neci jahitan tepi. Semakin canggih dengan adanya sistem colored threading diagram untuk jahitan dekoratif lainnya. Dengan kecepatan mesin 1300 spm, produk hemat energi dengan kebutuhan daya hanya 90 watt.

Mesin Obras Singer 14HD854

Mesin Obras Singer 14HD854

Mesin obras Singer 14HD854 cocok untuk digunakan di rumah. Mulai dari hobi sampai ke tingkat desainer pakaian untuk kebutuhan butik dan tailor. Memiliki fungsi obras 2, 3, dan 4 benang, serta untuk mengobras tepi atau biasa disebut neci. Dilengkapi juga dengan kemampuan motor yang heavy duty memungkinkan mesin untuk mengobras semua jenis bahan pakaian.

Mesin Obras Typical GN 794

Mesin Obras Typical GN 794

Kebutuhan industri tentunya dibutuhkan mesin obras dengan kemampuan yang mumpuni, salah satu rekomendasinya yaitu mesin obras Typical GN 794. Produk ini dapat digunakan untuk industri pakaian jadi dari skala kecil hingga besar. Serta dapat juga untuk menjahit bahan jenis apapun, baik yang tipis maupun tebal sampai ketebalan 13 mm. Mesin dapat difungsikan untuk mengobras pakaian dengan sistem 3 atau 4 benang menggunakan kecepatan maksimal hingga 5500 spm.

Mesin Obras Butterfly GN1

Mesin Obras Butterfly GN1

Bagi yang memiliki ketertarikan dengan dunia menjahit, patut mencoba untuk memilih mesin obras Butterfly GN1. Mesin yang memiliki fitur jahit 3 benang dengan pengoperasian yang mudah. Tidak hanya untuk mengobras, kamu juga dapat memfungsikannya untuk menjahit bagian tepi atau proses neci. Memiliki kecepatan maksimal sampai 2000 spm membuat kegiatan menjahit semakin maksimal.

Mesin Obras Pegasus DC-1S

Mesin Obras Pegasus DC-1S

Mesin obras yang memiliki berbagai spesifikasi dan kegunaan masing-masing, mesin obras Pegasus DC-1S menghadirkan fungsi obras dengan 3 benang. Untuk kebutuhan listrik dinamonya cukup kecil, hanya 100 watt dengan kecepatan maksimal 2000 spm. Produk berteknologi Cina yang turut menyertakan beberapa aksesori dalam paket penjualannya. Seperti tali dan baut dinamo, tiang benang 3 cones, serta beberapa aksesoris jahitan lainnya.

Mesin Jahit Obras Yamato DC-1H

Mesin Jahit Obras Yamato DC-1H

Mesin jahit obras Yamato DC-1H adalah mesin obras khusus 3 benang yang cocok untuk kebutuhan semi industrial. Memiliki kecepatan sampau 2500 spm, sehingga disarankan untuk digunakan oleh yang sudah cukup mahir. Berbagai bahan yang tidak terlalu tebal, seperti kaos dan kain bisa di obras baik dengan mesin ini. Serta adanya plat berbentuk L yang dapat difungsikan sebagai kedudukan dinamo.

Baca juga : Mesin Cetak Offset

Sekian ulasan dan contoh dari Mesin Obras, semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close