Teknologi

Model dan Spesifikasi Mesin Giling Kedelai | Cara Kerja Mesin

Mesin Giling Kedelai yaitu sebuah alat yang berfungsi untuk menggiling biji kedelai menjadi tepung kedelai sehingga teksturnya menjadi halus dan lembut. Tepung kedelai inilah yang akan digunakan sebagai bahan utama untuk membuat tahu.

Menggiling, memisahkan dan memasak peralatan yaitu sebuah proses penting dalam proses pembuatan tahu dan susu kedelai. Mereka sangat penting untuk agar kualitas tahu dan susu kedelai menjadi berkualitas. Dalam proses penggilingan kedelai, industri tahu dan susu kedelai dengan seberapa banyak tahu dan susu kedelai dapat diproduksi saat dimasukkan ke dalam unit mesin. Pemeliharaan peralatan mesin sudah tentu sangat diperhatikan, sehingga tepung yang dihasilkan jauh lebih bersih dan higienis.

Pada umumnya, pabrik tahu akan  mengeluarkan zat buang yang sangat bau dan kotor dari sisa produksi. Namun dengan pemakaian mesin giling kedelai buat tahu dan susu kedelai, kejadian tersebut untuk mengurusi limbah tersebut tidak perlu dilakukan lagi. Dimana hasilnya juga bersih, serta terbebas dari bahan fermentasi sehingga dapat diolah kembali. Penyematan teknologi mutakhir membuatnya juga mampu menghasilkan produk sampingan yang dapat berguna untuk memproduksi hasil lain yang baik. Berikut ini contoh mesin giling kedelai dengan spek dan ukuran yang berbeda.

Baca juga : Mesin Pembuat Tahu

Model dan Spesifikasi Mesin Giling Kedelai RUMAH MESIN

Model dan Spesifikasi Mesin Giling Kedelai RUMAH MESIN

1. Spesifikasi Mesin Giling Kedelai MGKS 30 :

Kapsitas :  20 Kg – 30 Kg / Jam.
Daya ( Power ) :  5,5 HP ( Motor Bensin ) / 1 HP ( Elektro Motor ).
Energi Yang Digunakan :  Listrik / Bensin.
Tipe Penggerak :  Motor Bensin / Elektro Motor.
Rangka :  Stainless Steel Anti Karat.
Kontak Produk :  Full Stainless Steel Anti Karat.
Dimensi Mesin :  700 mm x 500 mm x 1100 mm.

2. Spesifikasi Mesin Giling Kedelai MGKB 30 :

Kapsitas :  20 Kg – 30 Kg / Jam.
Daya ( Power ) :  5,5 HP ( Motor Bensin ) / 1 HP ( Elektro Motor ).
Energi Yang Digunakan :  Listrik / Bensin .
Tipe Penggerak :  Motor Bensin / Elektro Motor.
Rangka :  Besi Siku.
Kontak Produk :  Full Stainless Steel Anti Karat.
Dimensi Mesin :  700 mm x 500 mm x 1100 mm

Cara Kerja Mesin Giling Kedelai

Cara Kerja Mesin Giling Kedelai

Mesin Giling Kedelai bisa bekerja dengan cara menggiling setiap kedelai yang masuk ke dalam Mesin Gilingan Kedelai. Mesin Penggiling Kedelai akan menggiling setiap biji kedelai yang masuk ke dalam Mesin Penggiling Kedelai menggunakan mata pisau yang tajam.

Baca juga : Mesin Blow Molding

Kegunaan Mesin Giling Kedelai

Kegunaan Mesin Giling Kedelai

Mesin Giling Kedelai banyak digunakan oleh para pengusaha tahu, susu kedelai, dan usaha lain yang menggunakan bahan tepung kedelai ini.

Para pengusaha tahu dan susu kedelai sangat terbantu dengan adanya Mesin Gilingan Kedelai tersebut. Karena dengan menggunakan Mesin Penggiling Kedelai, maka setiap proses produksi tahu dan susu kedelai mereka akan semakin cepat dan mudah.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan Mesin Gilingan Kedelai, maka hasil produksi tahu dan susu kedelai mereka semakin berkualitas dan jauh lebih banyak.

Cara Menggunakan Mesin Giling Kedelai

Cara Menggunakan Mesin Giling Kedelai
  1. Siapkan biji kedelai yang akan digiling.
  2. Hidupkan Mesin Penggiling Kedelai.
  3. Masukkan biji kedelai sesuai takaran ke dalam Mesin Penggiling Kedelai.
  4. Biji Kedelai akan keluar melalui corong pengeluaran dengan bentuk sudah menjadi tepung kedelai.
  5. Lakukan proses sampai biji kedelai habis.

Mekanisme mesin penggilingan biji kedelai menggunakan 2 buah batu gilas yang diletakkan pada posisi horizontal. Mesin ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu hopper, badan gilingan, dan tutup mesin gilingan. Pada badan gilingan dipasang 2 buah batu gilas yang masing-masing dihubungkan dengan poros yang disambung dengan pulley, dan yang satunya lagi dipasangkan pada badan gilingan.

Diameter batu gilas dipakai disesuaikan dengan kapasitas yang diinginkan. Kedua batu gilas mempunyai ketebalan yang sama tetapi pada permukaan masing-masing batu dibuat kasar dengan profil yang berbeda. Batu yang tidak berputar pada permukaannya dibuat lubang namun tidak sampai tembus hanya sedalam beberapa milimeter. Sedangkan untuk batu yang berputar pada permukaannya diberi alur melingkar yang diameter lingkarannya semakin besar ke arah luar. Untuk bagian tutup dari badan gilingan diberi sebuah lubang di bagian bawahnya sebagai tempat keluarnya biji kedelai yang sudah digiling.

Pada badan gilingan terdapat sebuah poros berulir yang dipakai untuk mendorong masuk biji kedelai yang jatuh dari hopper, di dalam celah antara dua batu penggiling. Poros berulir tersebut dihubungkan dengan pulley untuk mentransmisikan daya dari motor penggerak. Sehingga biji kedelai yang dimasukkan akan tergiling dengan rata dan hasilnya menjadi halus dan baik.

Baca juga : Mesin Tusuk Sate

Demikian penjelasan dari mesin giling kedelai, semoga menjadi ilmu dan manfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close