Teknologi

Teknologi Baru Mesin Pelipat Baju | FoldiMate

Melipat dan menyetrika pakaian bukanlah suatu hal yang sulit. Namun jika terlalu banyak jumlahnya melipat dan menyetrika tentu akan menyita waktu dan tenaga Anda. Sebab pekerjaan rumah yang satu ini cukup melelahkan dan butuh waktu lama.

Biasanya orang sekarang lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry atau jasa menyetrika pakaian untuk mempercepat tugas rumah.

Saat ini, industri laundry sudah mulai melakukan pekerjaannya dengan menggunakan mesin serba otomatis mulai dari mencuci, menyetrika sampai melipat baju. Hal tersebut tentu memudahkan pemilik jasa laundry dalam melakukan pekerjaannya. Pekerjaan mereka akan lebih efisien dan cepat jika menggunakan mesin tersebut.

Baca juga : Mesin Cetak Offset

Teknologi Baru Mesin Pelipat Baju | FoldiMate

Teknologi yang semakin berkembang termasuk juga peralatan rumah tangga yang semakin berevolusi. Salah satunya dengan munculnya mesin yang dapat digunakan untuk melipat baju yang dinamakan FoldiMate atau mesin pelipat baju. Dengan menggunakan mesin pelipat baju ini, maka seseorang terutama pengusaha jasa laundry dapat melipat baju hanya dengan hitungan detik saja. Nah, bagi Anda yang masih asing dengan alat dan mesin pelipat baju ini. Berikut ulasan mengenai mesin pelipat baju yang bisa diketahui.

Baca juga : Mesin Obras

Sejarah Mesin Pelipat Baju

Sejarah Mesin Pelipat Baju

Di tahun 2017 lalu, sebuah website yaitu foldimate.com  mengiklankan produknya yaitu sebuah perangkat unik ke pasaran yang diberi nama FoldiMate yang berfungsi sebagai mesin pelipat baju otomatis. Namun baru resmi keluar di pasaran dan dapat dibeli pada akhir tahun 2019. Mesin ini sangat cocok jika didampingkan dengan mesin cuci dan mesin pengering baju yang sudah ada.

Mesin pelipat baju atau FoldiMate adalah sebuah mesin yang digunakan untuk melipat baju dimana mesin tersebut berasal dari San Fransisco, California, Amerika Serikat memiliki kualitas terbaik. Selain itu, bahwa FoldiMate atau mesin pelipat baju juga bekerja sama dengan perusahaan besar asal Jerman yang yaitu Bos and Siemens Home Appliances Group (BSH). Dimana mesin pelipat baju ini dapat melipat pakaian hanya dalam waktu 10-15 detik untuk membuat baju terlihat rapi dan sempurna serta dapat menghilangkan kusut hanya butuh waktu 20-30 detik saja. Hal itu dikarenakan pada FoldiMate atau mesin pelipat baju dilengkapi dengan mesin steam yang bisa melipat dan menghilangkan kusut secara otomatis.

Baca juga : Mesin Fotocopy

Sejarah Mesin Pelipat Baju

Selain dapat digunakan untuk melipat dan menghilangkan kusut pada pakaian, FoldiMate atau mesin pelipat baju juga berfungsi untuk menghaluskan dan menyemprotkan pewangi serta pelembut pada setiap potongan yang masuk di dalam mesin. Dalam satu kali proses saja, FoldiMate atau mesin pelipat baju dapat melipat sebanyak 10-30 baju tergantung dari ketebalan bajunya. Dalam hal ukuran lipatan, FoldiMate atau mesin pelipat baju akan menghasilkan ukuran lipatan baju yang konsisten yaitu dengan ukuran 23 x 28 cm, namun pengguna juga dapat menyesuaikan ukuran sesuai dengan keinginan. FoldiMate atau mesin pelipat baju dibandrol dengan harga sekitar Rp. 13.500.000 per unitnya. Itupun belum termasuk pajak dan estimasi ongkos kirim karena FoldiMate atau mesin pelipat baju berasal dari luar negeri. Berikut ini seputar mengenai mesin pelipat baju yabg bisa diketahui:

Baca juga : Mesin Jahit

1. Mesin Canggih dari Amerika

Mesin yang bernama FoldiMate, dirancang oleh start-up di San Fransisco, California, Amerika serikat.

Selain itu, FoldiMate bermitra dengan perusahaan besar asal Jerman yaitu Bosch and Siemens Home Appliances Group (BSH).

Dalam hitungan 10-15 detik mesin ini dapat melipat dan menyetrika pakaian sampai rapi dan terlihat lebih sempurna.

2. Harga Mesin Sekitar Rp 13,5 juta

Jika Anda ingin memiliki mesin pelipat dan setrika pakaian ini, maka Anda bisa mendaftar dan menyiapkan dana sekitar Rp 13,5 juta. Itu pun belum termasuk pajak dan biaya kirim dari luar negeri.

3. Jaminan Kualitas Unggul

FoldiMate sebagai perusahaan yang sudah meluncurkan mesin ini mengklaim pembeli tidak akan kecewa dengan kualitas dan produknya.

4. Penggunaan Mesin yang Mudah

Cara kerja mesin ini cukup mudah, dan terlihat seperti cara kerja mesin fotocopy. Anda hanya perlu meletakkan pakaian pada penjepit di dalam mesin. Dan biarkan pakaian tertarik kedalam.

Di dalam mesin terdapat uap panas yang bisa menghilangkan lecek dan kusut pada pakaian. Bagian bawah mesin terdapat nampan yang berfungsi untuk meletakan pakaian yang sudah rapi.

5. Kekurangan Mesin Pelipat Pakaian

Dengan harga yang cukup mahal, mesin lipat dan setrika pakaian tidak bisa digunakan untuk seluruh jenis pakaian. Hanya pakaian anak ukuran 6 tahun sampai pakaian dewasa ukuran XXL, dan handuk dengan ukuran sedang.

Untuk pakaian yang terlalu kecil dan terlalu tebal atau lebar, Anda harus melipatnya secara manual.

Selain itu, ukurannya yang besar dengan panjang 60 cm, lebar 70 cm dan tinggi 125 cm, mesin ini memerlukan tempat tersendiri untuk meletakkannya.

Tips Melipat Baju Untuk Menghemat Ruang

Tips Melipat Baju Untuk Menghemat Ruang

Salah satu permasalahan yang selalu dihadapi oleh orang yang berhubungan dengan baju di dalam lemari yaitu menarik asal baju yang berada di dalam tumpukan sehingga hal tersebut otomatis akan membuat tumpukan baju menjadi berantakan. Karena itu, seseorang harus dapat melipat baju sesuai dengan kategori dan jenis baju yang ada di dalam lemari. Seseorang dapat menerapkan tips dalam melipat baju agar tumpukan baju di dalam lemari akan terlihat rapi, ringkas, bersih, dan lebih menghemat ruang. Berikut ini beberapa tips dalam melipat baju untuk menghemat ruang di dalam lemari yaitu:

1. Lipatlah Baju Dalam Posisi Horizontal

Cara yang digunakan untuk menghindari baju yang menumpuk satu sama lain akan susah dalam mencari dan mengambil baju. Cara melipat dengan posisi horizontal akan membuat ruang lemari akan terasa lebih luas sehingga dapat melihat keseluruhan dari baju yang dimiliki.

2. Simpan Baju Dengan Cara Menggulungnya

Cara yang berfungsi untuk membuat tumpukan baju lebih ringkas seperti seukuran kaos kaki.

3. Gunakan Metode Konmari

Metode ini diciptakan oleh seorang konsultan kerapian dari Jepang. Penerapan metode ini salah satunya yaitu melipat dan meletakkan baju secara tegak atau berdiri.

4. Gulunglah Pakaian Dalam

Cara ini berguna untuk membuat ruang penyimpanan pakaian dalam terlihat lebih luas. Bisa juga menggunakan media lain seperti kotak sepatu untuk tempat menyimpan pakaian dalam agar terlihat ringkas dan juga hemat tempat.

5. Gulung Kaos Kaki

Untuk kaos kaki, Anda dapat menggulungnya menjadi ukuran yang lebih kecil dengan metode ini banyak digunakan oleh kalangan militer dalam melipat baju. Keuntungan dari penggunaan metode ini akan terhindar dari risiko kehilangan salah satu pasangan kaos kaki.

6. Lipatlah Jeans Sebanyak Empat Kali

Jika Anda biasa melipat jeans sebanyak tiga kali, maka tinggalkan cara tersebut. Anda bisa melipat jeans menjadi 2 lalu lipat kembali sebanyak 2 kali sehingga ukuran lipatan yang didapatkan akan menjadi lebih simple dan juga ringkas.

7. Lipatlah Baju yang Berjenis Sweater Tebal

Menyimpan sweater dilakukan dengan cara digantung akan menyebabkan bahan sweater menjadi cepat longgar. Karena itu, coba untuk melipat sweater terutama sweater yang berbahan tebal. Cara yaitu lipatlah bagian lengan kiri dan kanan ke sisi badan sweater. Lalu, lipatlah menjadi dua sehingga membentuk lipatan kecil.

Baca juga : Mesin Bordir Komputer

Sekian penjelasan mengenai mesin pelipat baju, semoga menjadi manfaat positif bagi pembaca sekalian.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close