digital marketingInternet MarketingPemasaran Online

Mudahnya Branding di Era Digital

Branding merupakan upaya memperkenalkan brand atau produk kepada publik melalui serangkaian proses yang panjang. Pada waktu internet belum seperti sekarang ini branding dilakukan dalam waktu yang sangat panjang. Butuh berpuluh tahun untuk memiki brand yang baik dan dikenal publik. Selain waktu membangun brand secara konvensional juga membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

Di era digital seperti sekarang ini, branding dapat dilakukan dengan lebih mudah. Penetrasi internet yang sangat luas serta akses sosial media yang menjangkau hampir seluruh Indonesia membuat proses branding semakin mudah. Cara membangun brand di era digital adalah sebagai berikut.

Buat website

Era digital sangat identik dengan website karena semua informasi di era digital harus ada di website. Oleh karena itu semua usaha di era digital wajib memiliki website sebagai sarana informasi untuk semua orang yang membutuhkan. Selain itu juga website juga sebagai identitas sebuah usaha agar dapat diakses orang lain yang membutuhkan informasi bisnis yang dibutuhkan.

Website adalah etalase bisnis yang merupakan sarana memamerkan layanan bisnis yang kita siapkan untuk konsumen. Sebagai etalase yang baik maka website harus memuat semua informas yang dibutuhkan publik maupun konsumen. Karena selain sebagai saran mempromosikan bisnis, website juga berfungsi sekaligus sebagai sarana branding bisnis anda. Untuk itu perhatikan dan update website secara berkala agar fungsi branding dapat dicapai dengan baik.

Gunakan sosial media

Sosial media adalah salah satu aplikasi yang sangat bermanfaat dalam membangun brand. Jumlah pengguna aktif sosial media yang besar dapat menjangkau hampir seluruh penduduk indonesia membuat brand lebih cepat dikenal. Penggunaan sosial media dalam membangun brand harus digunakan secara maksimal agar target baranding tercapai.

Sosial media sangat efektif dalam proses branding di era digital. Cara membangun brand melalui sosial media adalah melakukan publikasi di sosial media secara terus menerus,  melakukan interaksi dan membangun kedekatan dengan follower, melakukan kegiatan promosi dalam bentuk give away, kuis, sayembara, atau kegiatan apapun yang melibatkan publik sebagai follower. Dengan semakin besar hubungan interaksi yang terbangun maka semakin cepat pula tujuan branding dapat dicapai.

Publikasi event

Branding dapat dicapai dengan proses yang panjang. Sebagian besar dari proses tersebut adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan bersama-sama dengan orang, perusahaan, atau institusi lain. Publikasikan seluruh kegiatan/event yang dilakukan secara berkala.  Biarkan publik tau apa yang sedang perusahaan anda kerjakan. Dengan demikian akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap brand anda.

Selain mempublikasikan kegiatan, anda juga dapat membagikan konten-konten menarik kepada publik lewat website dan sosial media. Ajak berkomunikasi dengan publik melalui sosial media agar lebih dekat dengan perusahaan anda. Kedejatan dengan perusahaan membuat mereka mempromosikan perusahaan kepada orang lain yang lebih luas.

Community development

Community development adalah bagian penting dalam membangun brand. Dengan adanya upaya membangun komunitas berarti anda menaruh kepudulian terhadap pelanggan. Ajak mereka terlibat dalam kegiatan-kegiatan komunitas yang anda bentuk agar terlibat lebih intim dengan perusahaan. Selain itu minta mereka menjadi bagian dari komunitas yang membangun seluruh anggota untuk sejahtera. Ajakan seperti ini dengan sedirinya membuat dukungan komunitas terhadap brand atau produk anda semakin baik. Publikasikan seluruh event community development pada laman website dan sosial media perusahaan anda agar semua mengenal perusahaan anda lebih baik.

Artikel Yang Tertarik :

Digital branding yang dahulu sebuah proses yang panjang, memakan waktu dan biaya yang besar kini dapat dilakukan dengan mudah. Penetrasi internet yang semakin luas membuat kegiatan branding lebih simpel dan menarik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan anda tentang digital branding.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close