umum

Pengertian Evaluasi: Makna, Tujuan, Fungsi Dan Tahapan Evaluasi

Apa itu evaluasi? Secara umum, pemahaman terhadap evaluasi merupakan proses identifikasi untuk mengukur / mengevaluasi apakah suatu kegiatan atau program dilaksanakan menyesuaikan dengan adanya rencana dan juga tujuan yang memang ingin dicapai.

Terdapat juga yang mengatakan jika pengertian evaluasi adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang kinerja sesuatu (metode, manusia, tim), di mana informasi tersebut akan digunakan untuk menentukan alternatif terbaik untuk mengambil keputusan.

Baca juga : Pengertian Organiasasi

Pengertian Evaluasi

Diperlukan evaluasi dalam berbagai bidang kehidupan manusia untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas, baik dalam jangkauan orang, kelompok, dan lingkungan kerja. Informasi yang diperoleh dari proses evaluasi adalah sebagai berikut:

  1. Adanya tingkat kemajuan terhadap suatu kegiatan.
  2. Tingkat pencapaian suatu kegiatan yang menyesuaikan pada tujuannya.
  3. Hal yang harus dilakukan di masa depan.

Memahami evaluasi menurut para ahli

Pengertian Evaluasi
Pengertian Evaluasi

Untuk lebih memahami apa evaluasi itu, kita bisa merujuk pada pendapat para ahli berikut;

Anne Anastasi

Menurut Anne Anastasi (1978), makna evaluasi adalah proses sistematis untuk menentukan sejauh mana seseorang mencapai tujuan pengajaran. Evaluasi adalah kegiatan untuk mengevaluasi sesuatu dengan cara yang terencana, sistematis dan terarah berdasarkan tujuan yang jelas.

Baca juga : Surat Pengunduran Diri

Suharsimi Arikunto

Menurut Suharsimi Arikunto (2003), makna evaluasi adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program pendidikan.

A.D Rooijakkers

Menurut A.D Rooijakkers, pengertian evaluasi adalah bisnis atau proses untuk menentukan nilai. Secara khusus, evaluasi atau evaluasi juga ditafsirkan sebagai proses penetapan nilai berdasarkan data kuantitatif dari hasil pengukuran untuk membuat keputusan.

Norman E. Gronlund

Menurut Norman E. Gronlund (1976), pengertian evaluasi adalah proses sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pengajaran.

Abdul Basir

Menurut Abdul Basir (1996), makna evaluasi adalah proses pengumpulan data yang deskriptif, informatif, prediktif, dilakukan secara sistematis dan bertahap untuk menentukan kebijakan dalam upaya meningkatkan pendidikan.

William A. Mehrens dan Irlin J. Lehmann

Menurut William A. Mehrens dan Irlin J. Lehmann (1978), pengertian evaluasi adalah proses perencanaan, perolehan dan penyediaan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat keputusan alternatif.

Baca juga : Pengertian Administrasi

Tujuan evaluasi

Tujuan evaluasi
Tujuan evaluasi

Evaluasi bukan tanpa tujuan, tetapi ada hal-hal yang dapat dicapai melalui kegiatan ini. Secara khusus, sedangkan tujuan evaluasi adalah sebagai berikut:

  1. Untuk anda dapat mengetahui seberapa baik tingkat penguasaan kompetensi seseorang telah ditentukan.
  2. Cari tahu apa saja kesulitan yang dialami seseorang dalam kegiatannya untuk dapat membuat diagnosis dan kemungkinan memberikan pendidikan perbaikan.
  3. Menentukan tingkat efisiensi dan efektivitas suatu metode, sarana dan sumber daya lainnya untuk melaksanakan suatu kegiatan.
  4. Karena umpan balik dan informasi penting bagi evaluator untuk meningkatkan kekurangan yang ada, di mana dapat digunakan sebagai referensi untuk keputusan di masa depan.

Fungsi evaluasi

Fungsi evaluasi
Fungsi evaluasi

Kegiatan evaluasi mempunyai beberapa fungsi yang bermanfaat untuk bagian yang melakukan evaluasi dan untuk bagian yang dievaluasi. Fungsi evaluasi adalah sebagai berikut:

Fungsi selektif

Fungsi selektif adalah fungsi yang dapat memilih seseorang yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Misalnya; Menentukan apakah seseorang diterima untuk pekerjaan itu atau tidak, menentukan apakah seseorang akan menjabat atau tidak, dan lainnya.

Fungsi diagnostik

Fungsi diagnostik bertujuan untuk menemukan kekuatan dan kelemahan seseorang di bidang kompetensi tertentu. Misalnya, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan seorang siswa di bidang studi yang diperolehnya di sekolah.

Fungsi penentuan posisi

Fungsi lokasi bertujuan untuk mencari tahu di mana posisi terbaik di bidang tertentu. Misalnya, untuk menemukan posisi terbaik karyawan sesuai bidangnya dalam perusahaan.

Baca juga : Pengertian Diskriminasi

Fungsi pengukuran keberhasilan

Pada hal yang satu ini memang, evaluasi berfungsi untuk dapat mengukur tingkat keberhasilan dari suatu program, termasuk metode yang digunakan, penggunaan fasilitas dan pencapaian tujuan.

Tahapan Evaluasi

Tahapan Evaluasi
Tahapan Evaluasi

Dalam kegiatan evaluasi ada beberapa tahapan penting yang saling mendukung. Mengacu pada definisi evaluasi, sedangkan tahapan evaluasi adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan subjek evaluasi, yaitu aktivitas penentuan subjek yang akan dievaluasi. Misalnya; evaluasi hasil kerja, atau evaluasi rencana kerja.
  2. Merancang kegiatan evaluasi, yaitu kegiatan yang merancang proses evaluasi sehingga hal-hal penting tidak hilang dalam implementasinya.
  3. Pengumpulan data, yaitu kegiatan mengumpulkan dan merekam setiap informasi sesuai dengan perencanaan berdasarkan standar ilmiah.
  4. Pemrosesan dan analisis data, yaitu kegiatan yang memproses informasi dengan mengelompokkan data untuk memudahkan analisis dan menentukan titik referensi waktu sebagai hasil evaluasi.
  5. Menginformasikan hasil evaluasi, yaitu, membuat laporan tentang hasil evaluasi sehingga pihak yang berkepentingan mengetahuinya.

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian evaluasi, tujuan dan fungsi evaluasi pada umumnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close